12 Fakta Menarik Kota Garut




12 Fakta Menarik Kota Garut, Garut merupakan salah satu kabupaten kota yang berada di provinsi jawa barat. Kota ini memiliki luas wilayah kurang lebih 3.065 km2 dan dihuni lebih dari 2.737.526 jiwa.

Berikut ini adalah 12 Fakta Kota Menarik Garut:


1.Penentuan hari jadi kota Garut menjadi perdebatan, Namun sesuai PERDA Kabupaten Garut No. 30 Tahun 2011 tentang Hari Jadi Garut, dinyatakan bahwa Hari Jadi Garut dipandang lebih tepat pada tanggal 16 Februari 1813 saat R.A.A Adiwijaya sebagai Bupati  memerintahkan melakukan “ngabaladah” yaitu, kegiatan mencari tempat baru untuk ibukota Kabupaten Limbangan dan muncul lah istilah "Garut"

2. Kota Garut Jawa Barat dijuluki 'Switzerland of Java' karena terkenal dengan keindahan pegunungannya.

3. Domba Garut adalah spesies domba lokal terbaik di Indonesia.

4. Artis Komedian Charlie Chaplin pernah mengunjungi kota Garut, 2 kali yaitu pada tahun 1927 dan 1935.

5. Charlie Chaplin pernah berkunjung ke Borobudur, Batavia, Bandung, Garut, Salatiga, Surabaya dan Bali dalam rangkaian wisatanya ke Indonesia.

6. Garut termasuk daerah yang kurang maju dan tertinggal dibandingkan kabupaten/kota lain di Jawa Barat.

7. Timothy Doner (16 tahun) yang mampu menguasai 23 bahasa asing sekaligus, termasuk bahasa Garut.

8. Ada piramida di kota Garut, Jawa Barat. Berdasarkan penelitian intensif dan uji karbon, dipastikan bahwa umur bangunan yang terpendam dalam gunung wilayah Garut lebih tua dari Piramida Giza yang berada di Mesir.

9. Dalam Encyclopedie van Nederlands-Indie (Ensiklopedia Hindia-Belanda) terbitan tahun 1917, "....Garut adalah salah satu tempat terindah di Jawa dengan iklim nyaman (tinggi 700m) dengan lingkungan yang sangat indah, tempat pesiar yang sangat disukai orang Batavia yang banyak datang di musim kemarau….”

10. Garut adalah 1 dari 4 tempat di Indonesia dimana anda bisa menikmati indahnya bunga Edelweis.

11. Garut memiliki 10 pantai indah dan menarik, yaitu Pantai Manalusu, Pantai Cijeruk Indah, Pantai Santolo, Pantai Karang Paranje, Pantai Sayang Heulang, Pantai Karang Papak, Pantai Cicalobak, Puncak Guha, Pantai Gunung Geder, dan Pantai Rancabuaya.

12. Makanan khas Garut adalah Dodol, kerupuk kulit, dorokdok, sambal cibiuk, Jeruk Garut, Wajit, Burayot, Emplod, Getrek dan yang kudapan blasteran chocodote/chocodol.

Dan itulah 12 Fakta Menarik Kota Garut. Karena kurangnya pengetahuan mengenai kota Garut, mohon maaf jika fakta-fakta kota ini hanya 12 saja. Untuk fakta-fakta lainnya mengenai kota Garut masih akan kita gali dan cari tahu lagi.

Sekian, semoga bermanfaat... Terima Kasih.......

Related Posts:

2 Responses to "12 Fakta Menarik Kota Garut"

Hay sobat, jangan lupa tinggalkan komentar ya, karena komentar sobat sangat bermanfaat bagi kelangsungan blog ini.
Berkomentarlah dengan bijak tanpa menyinggung pihak lain, tanpa unsur sata dan pornografi.