40 Fakta Menarik Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta


40 Fakta Menarik Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta - Kabupaten GunungKidul merupakan salah satu kabupaten yang masuk dalam provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). memiliki simbol khas daerah Nangka dan Lebah madu, wilayah kabupaten ini memiliki daratan yang tandus serta banyak pegunungan karst. Kabupaten yang sekarang di pimpin oleh Bupati Wanita yang bernama Hj. Badingah, S.Sos. dan Wakilnya Drs. Immawan Wahyudi M.H. Memiliki berbagai fakta menarik yang patut kita ketahui untu menambah pengetahuan kita. Apa saja fakta menariknya?

Berikut ini adalah 40 Fakta Menarik Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta :

  1. Moto Kabupaten Gunungkidul adalah Dhaksinarga Bhumikarta, dan semboyannya Gunung Kidul HANDAYANI "Hijau, Aman, Normatif, Dinamis, Amal, Yakin, Asah Asih Asuh, Nilai Tambah, Indah".
  2. Kabupaten Gunungkidul terletak pada koordinat 110°21' - 110°50' BT dan 7°46' - 8°09' LS.
  3. Hari jadi Kabupaten Gunungkidul pada tanggal 27 Mei 1831.
  4. Kabupaten Gunungkidul memiliki luas kurang lebih sekitar 1.485,36 km2.
  5. Populasi total penduduk Kabupaten Gunungkidul kurang lebih sekitar 748.119 jiwa (2010), dengan kepadatan 503,66 jiwa/km2.
  6. Ibukota Kabupaten Gunungkidul adalah kecamatan Wonosari, yang terletak di sebelah tenggara kota Yogyakarta (Ibukota Daerah Istimewa Yogyakarta), dengan jarak kurang lebih sekitar 39 km.
  7. Wilayah Kabupaten Gunungkidul dibagi menjadi 18 Kecamatan dan 144 desa. Kecamatan tersebut adalah; Gedangsari, Girisubo, Karangmojo, Ngawen, Nglipar, Paliyan, Panggang, Patuk, Playen, Ponjong, Purwosari, Rongkop, Saptosari, Semanu, Semin, Tanjungsari, Tepus, dan Wonosari.
  8. Kabupaten Gunungkidul memiliki luas sekitar satu per tiga dari luas daerah induknya, yaitu sekitar 46,63 % dari luas wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.
  9. Perbatasan Kabupaten Gunungkidul adalah, Dengan Kabupaten Klaten dan Kabupaten Sukoharjo di utara, dengan Kabupaten Wonogiri di sebelah timur, dengan Samudra Hindia di sebelah selatan, dengan Kabupaten Bantul dan Kabupaten Sleman di sebelah barat.
  10. Sebagian besar wilayah di kabupaten ini berupa perbukitan dan pegunungan kapur, yakni bagian dari Pegunungan Sewu.
  11. Curah hujan rata-rata di Kabupaten Gunungkidul pada Tahun 2010 sebesar 1.954,43 mm/tahun dengan jumlah hari hujan rata-rata 103 hari/ tahun.
  12. Wilayah Kabupaten Gunungkidul sebelah utara merupakan wilayah yang memiliki curah hujan paling tinggi dibanding wilayah tengah dan selatan.
  13. Suhu udara rata-rata harian di Kabupaten Gunungkidul sekitar 27,7°C, suhu minimum 23,2°C dan suhu maksimum 32,4°C. Sementara kelembaban nisbi berkisar antara 80 % - 85 %, tidak terlalu dipengaruhi oleh tinggi tempat, tetapi lebih dipengaruhi oleh musim.
  14. Nama Bupati yang pernah menjabat di Kabupaten Gunungkidul, yaitu; Mas Tumenggung Pontjodirjo, Raden Tumenggung Prawirosetiko, Raden Tumenggung Suryokusumo, Raden Tumenggung Tjokrokusumo, Raden Tumenggung Padmonegoro, Raden Tumenggung Danuhadiningrat, Raden Tumenggung Mertodiningrat, K.R.T. Yudodiningrat,.K.R.T. Pringgodiningrat, K.R.T. Djojodiningrat, K.R.T. Mertodiningrat, K.R.T. Dirjodiningrat, K.R.T. Tirtodiningrat, K.R.T. Suryaningrat, K.R.T. Labaningrat, K.R.T. Brataningrat, K.R.T. Wiraningrat
  15. Prawirosuwignyo, K.R.T. Djojodiningrat, B.A.
  16. Ir. Raden Darmakun Darmokusumo, Drs. K.R.T. Sosrodiningrat, Ir. Soebekti Soenarto, K.R.T. Harsodingrat, B.A., Drs. K.R.T. Hardjohadinegoro (Drs. Yoetikno), Suharto, S.H., Prof. Dr. Ir. Sumpeno Putro, M.Sc., Hj. Badingah, S.Sos (Sekarang).
  17. Masyarakat Kabupaten Gunungkidul secara umum menggunakan bahasa lokal jawa dalam berkomunikasi, sementara bahasa nasional Indonesia secara resmi dipakai dalam lingkungan formal.
  18. Di Kabupaten Gunungkidul terdapat 1.878 organisasi kesenian budaya yang terus dilestarikan & terus di pupuk, dengan tokoh pemangku adat berjumlah 144 orang.
  19. Pusaka Tombak Kyai Marga Salurung merupakan pusaka yang dimiliki Kabupaten Gunungkidul, pemberian dari Raja Yogyakarta; Hamengkubuwono X pada Minggu 27 Mei 2001, saat Perayakan Hari Jadi ke-170 Kabupaten Gunungkidul. Selain Kyai Marga Salurung juga ada dua pusaka lainnya, yaitu Tombak Kyai Panjolo Panjul dan Songsong (Payung) Kyai Robyong.
  20. Pertanian yang dimiliki Kabupaten Gunungkidul sebagian besar adalah lahan kering tadah hujan (± 90 %) yang tergantung pada daur iklim khususnya curah hujan.
  21. Sumberdaya alam tambang di Kabupaten Gunungkidul termasuk golongan C, berupa; batu kapur, batu apung, kalsit, zeolit, bentonit, tras, kaolin dan pasir kuarsa.
  22. Kabupaten Gunungkidul mempunyai panjang pantai yang cukup luas terletak di sebelah selatan berbatasan dengan Samudera Hindia, membentang sepanjang sekitar 65 Km dari Kecamatan Purwosari sampai Kecamatan Girisubo.
  23. Pada masa lalu, Kabupaten Gunungkidul merupakan dasar laut yang menjadi daratan akibat pengangkatan-pengangkatan tektonik dan vulkanik. Hal itu terbukti dari adanya temuan-temuan fosil hewan laut purba.
  24. Perbukitan Baturagung yang terletak di Kabupaten Gunung, merupakan kawasan perbukitan campuran gampng dan batuan beku sisa aktivitas vulkanik purba yang kemudian terhenti.
  25. Di selatan Baturagung terdapat Cekungan Wonosari, yang berupa dataran ketinggian menengah yang terbentuk karena aliran Sungai Oya. Cekungan Wonosari banyak menyimpan peninggalan dari masa prasejarah, sejak Zaman Batu Tua sampai Zaman Batu Baru, yang unik yang tidak dijumpai di kabupaten lain di Yogyakarta.
  26. Di perbatasan timur laut Kabupaten Gunungkidul dengan Kabupaten Wonogiri terdapat pegunungan kecil yang dikenal sebagai Pegunungan Panggung. 
  27. Zona Utara disebut wilayah Batur Agung dengan ketinggian 200 m - 700 m di atas permukaan laut. Wilayah ini meliputi Kecamatan Patuk, Gedangsari, Nglipar, Ngawen, Semin, dan Kecamatan Ponjong bagian utara.
  28. Zona Tengah disebut wilayah pengembangan Ledok Wonosari, dengan ketinggian 150 m - 200 mdpl. Wilayah ini meliputi Kecamatan Playen, Wonosari, Karangmojo, Ponjong bagian tengah dan Kecamatan Semanu bagian utara.
  29. Zona Selatan disebut wilayah pengembangan Gunung Seribu (Duizon gebergton atau Zuider gebergton), dengan ketinggian 0 m - 300 mdpl. Wilayahnya meliputi Kecamatan Saptosari, Paliyan, Girisubo, Tanjungsari, Tepus, Rongkop, Purwosari, Panggang, Ponjong bagian selatan, dan Kecamatan Semanu bagian selatan.
  30. Ceruk Song Bentar di Gunungkidul pernah menjadi hunian Homo sapiens, terbukti dari temuan delapan individu manusia purba yang terdiri dari: 5 dewasa, 2 anak-anak, dan 1 bayi juga. Selain itu juga ditemukan alat-alat batu seperti batu giling, beliung persegi, dan mata panah.
  31. Song Blendrong, Gunung Kidul, juga pernah menjadi hunian manusia purba. Terbukti dari banyaknya tulang, peralatan batu, tanduk, dan serut kerang yang di temukan dalam kondisi berserakan di lantai ceruk.
  32. Goa Seropan di Kecamatan Semanu, Gunungkidul juga ditemukan bukti keberadaan manusia purba. Di lorong lama gua itu banyak ditemukan cetakan tulang purba di dinding-dinding lorong. Sementara di lorong baru, yang berada pada kedalaman 60 m, dan baru muncul setelah terjadinya banjir di sungai bawah tanah tahun 2008, ditemukan potongan tulang kaki, gigi, dan rusuk mamalia.
  33. Dari temuan-temuan arkeologi, kawasan Gunungkidul diperkirakan telah dihuni oleh manusia (Homo sapiens) sejak 700 ribu tahun lalu. Banyak ditemukan petunjuk keberadaan manusia yang ditemukan di gua-gua & ceruk-ceruk di perbukitan karst Gunungkidul, terutama di Kecamatan Ponjong.
  34. Dari sekitar 460 gua karst di Gunungkidul, hampir setengahnya menjadi hunian manusia purba.
  35. -
  36. -
  37. -
  38. -
  39. -
  40. -

Itulah 40 Fakta Menarik Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, yang bisa saya berikan.
Terimakasih sudah mengunjungi blog dan membaca artikel 40 Fakta Menarik Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, semoga bermanfaat dan menambah ilmu...


Referensi: Wikipedia

Kata Kunci :
Fakta Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta
Fakta Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta
Fakta Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta
Fakta Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta
Fakta Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta

Related Posts:

2 Responses to "40 Fakta Menarik Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta"

Hay sobat, jangan lupa tinggalkan komentar ya, karena komentar sobat sangat bermanfaat bagi kelangsungan blog ini.
Berkomentarlah dengan bijak tanpa menyinggung pihak lain, tanpa unsur sata dan pornografi.