Air Terjun Jurug Kemukus Karangtengah, Wonogiri

Nama Obyek Wisata :
» Air Terjun Jurug Kemukus
Alamat :
» Dusun Ngijo, Desa Purwoharjo, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah
Jenis Wisata :
» Wisata Alam
» Air Terjun
Keindahan :
» Memiliki 3 tingkat, satu berketinggian 30m dan dua 40m
» Perjalanan menantang
» Pemandangan indah
» Masih perawan
Fasilitas :
» -
Tiket :
» -


Alam Kabupaten Wonogiri mnyajikan berbagai keindahan yang sangat luar biasa. Baru-baru ini keindahan alam Kota Gaplek menunjukkan eksistensinya dengan ditemukannya Air Terjun baru yang bernama Jurug Kemukus di Dusun Ngijo, Desa Purwoharjo, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Wonogiri.

Dengan keadaan alam yang masih perawan dan belum banyak terjamah orang, Jurug Kemukus memiliki daya tarik yang sangat luar biasa. Jika kamu ngakunya pecinta alam, maka wajib hukumnya untuk berkunjung ke Air Terjun Jurug Kemukus ini.

Keindahan Air Terjun Jurug Kemukus

Air Terjun Jurug Kemukus memiliki tiga tingkat. Tingkat paling atas, memiliki tinggi sekitar 30 meter yang diapit oleh tebing bebatuan yang tinggi dan terjal, sehingga angin disertai uap air berembus kencang menembus celah tebing. Tingkat kedua dan ketiga, masing-masing air terjun memiliki tinggi sekitar 40 meter. Air terjun kedua dan ketiga ini juga diapit oleh tebing sungai.

Asal Usul Nama Jurug Kemukus

Asal usul nama Jurug Kemukus berasal kata "Jurug" yang berarti "Air Terjun", dan kata "Kemukus" yang juga memiliki arti sama dengan "Kukus" diambil dari air terjun pada tingkat paling atas selalu diselimuti kabut uap air yang menyerupai asap putih (kukus). Karena itulah air terjun ini diberi nama Jurug Kemukus, dalam bahasa Indonesia Air Terjun Kabut Uap Air.


Akomodasi/Perjalanan Menuju Air Terjun Jurug Kemukus

Akses menuju tempat wisata baru tersebut dapat ditempuh dari Kota Wonogiri menuju Kecamatan Baturetno. Dari sini lalu menuju arah timur menuju Kecamatan Karangtengah sekitar 18 kilometer. Sesampai di Kecamatan Karangtengah, perjalanan dilanjutkan sekitar tujuh kilometer ke arah timur sampai ke Dusun Ngampel. Dari Dusun Ngampel, pengunjung turun dari mobil dan mulai berjalan kaki.

Adapun pengunjung bersepeda motor yang terbiasa di medan pegunungan bisa masuk lebih jauh sampai ke rumah terjauh. Dari tempat itu, pengunjung berjalan kaki menelusuri jalan setapak. Jarak jalan setapak menuju kaki air terjun berkisar satu kilometer.

Perlu perjuangan ekstra untuk mencapai ke lokasi air terjun, untuk mencapai lokasi air terjun tingkat pertama pengunjung harus mendaki tebing terjal berketinggian 40 meter menggunakan tambang. Namun walaupun begitu, sesampainya di atas, perjuangan Anda akan dibayar tuntas dengan kindahan Air Terjun ini. Keadaanya masih perawan, disini Anda dapat melihat air terjun tingkat pertama, sekaligus bisa melihat air terjun tingkat kedua dan ketiga dari atas tebing.

Related Posts:

0 Response to "Air Terjun Jurug Kemukus Karangtengah, Wonogiri"

Post a Comment

Hay sobat, jangan lupa tinggalkan komentar ya, karena komentar sobat sangat bermanfaat bagi kelangsungan blog ini.
Berkomentarlah dengan bijak tanpa menyinggung pihak lain, tanpa unsur sata dan pornografi.