60 Fakta Kota Kembang Bandung




60 Fakta Kota Kembang Bandung, Bandung merupakan kota metropolitan terbesar di Jawa Barat sekaligus menjadi ibu kota provinsi tersebut. Hari jadi kota ini adalah pada tanggal 25 September 1810. Kota yang di juluki Kota Kembang ini memlilik luas wilayah kurang lebih 167,67 km2.

Di balik keindahan kotanya, Bandung memiliki fakta-fakta menarik yang perlu Anda ketahui. Apa saja fakta-fakta menariknya?
Berikut ini adalah 60 Fakta Kota Kembang Bandung:

1. Nama 'Bandung' berasal dari kata Bendung/Bendungan karena terbendungnya sungai Citarum oleh lava Tangkuban Perahu.

2. Kota yang dikelilingi oleh pegunungan, sehingga bentuk morfologi wilayahnya bagaikan sebuah mangkok raksasa.

3. Kota Bandung pernah menjadi tempat berlangsungnya Konferensi Asia-Afrika 1955, suatu pertemuan yang menyuarakan semangat anti kolonialisme. Bahkan Perdana Menteri India Jawaharlal Nehru dalam pidatonya mengatakan bahwa Bandung adalah ibu kotanya Asia-Afrika.

4. Kota Bandung dialiri dua sungai utama, yaitu Sungai Cikapundung dan Sungai Citarum beserta anak-anak sungainya yang pada umumnya mengalir ke arah selatan dan bertemu di Sungai Citarum.

5. Kota Bandung merupakan kota terpadat di Jawa Barat, di mana penduduknya didominasi oleh etnis Sunda.

6. Kota Bandung memiliki sebuah pelabuhan udara yang bernama Bandar Udara Husein Sastranegara.

7. Masyarakat kota Bandung dan sekitarnya merupakan pengemar fanatik untuk Persib Bandung, yaitu sebuah klub sepak bola yang bermain di kompetisi Liga Super Indonesia,

8. Angklung merupakan salah satu alat musik tradisional masyarakat Sunda di kota ini dan Jawa Barat pada umumnya, alat musik ini terbuat dari bahan bambu.

9. Bandung punya Festival Film Bandung yang lumayan bergengsi dan terus bertahan sampai sekarang meskipun dulu dilarang waktu Orde Baru.

10. Bandung menjadi tuan rumah Festival Film Indonesia pada tahun 2008.

11. Film pertama yang dibuat dan ditayangkan dibioskop di Indonesia adalah film Lutung Kasarung pada 31 Desember 1926 di Kota Bandung. Yang kedua adalah film Eulis Acih pada tahun 1927 juga di kota Bandung.

12. Obat Hepatitis B dan obat rabies hanya dibuat di Pasteur untuk kebutuhan seluruh dunia!

13. Di Bandung terdapat berbagai pabrik merk-merk fashion terkenal, contohnya Quicksilver, Mark N Spencer dan Billabong.

14. Bandung punya lagu nasional, yaitu Halo-halo Bandung. Bandung juga disebut dalam lagu “Kereta Api”.

15. Puluhan ribu kendaraan masuk ke kota Bandung setiap weekend, apalagi waktu liburan.

16. Rakyat Bandung rela menghanguskan kota tercintanya yang indah agar tidak dikuasai penjajah, yang disebut dengan "Bandung Lautan Api".

17. Demonstrasi mahasiswa pertama di Indonesia adalah di kota Bandung.

18. Bandung satu-satunya kota yang mempunyai 4 perguruan tinggi negeri. Yaitu Institut Teknologi Bandung, Universitas Padjadjaran, Universitas Pendidikan Indonesia, dan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Jati.

19. Memiliki banyak perguruan tinggi swasta yang bagus, contoh: Universitas Katolik Parahyangan, Universitas Kristen Maranatha, Universitas Islam Bandung, Universitas Komputer Indonesia, dll.

20. Bandung adalah tempat dimana Modernitas terpadu dengan tradisi Sunda.

21. Bandung adalah kota dinamis dan kreatif. Terutama di bidang fashion, kuliner, dan kepemudaan.

22. Bandung menggelar Helaar Fest dan Bandung Creative City Forum yang mengumpulkan orang-orang kreatif dari berbagai profesi untuk mengadakan suatu acara.

23. Bandung adalah kota yang dipilih untuk ujicoba pertama berbagai operator telepon selular, contoh: esia, Flexi, 3, dll. Axis juga pertamanya hanya ada di Bandung dan Surabaya. Sehingga masyarakat Bandung sering menjadi pencoba pertama dibandingkan kota-kota lain.

24. Banyak melahirkan musisi dan artis terkenal.

25. Bandung merupakan kota terbesar ke4 di Indonesia, namun nama Bandung bisa dibilang terpopuler ke2 setelah Jakarta.

26. Bandung adalah kota besar (ibukota provinsi) yang paling dekat dengan ibukota Jakarta.

27. Dibangunnya jalan tol Cipularang yang lebih mendekatkan keota Bandung dengan Jakarta, yang bisa ditempuh hanya 2jam. Dan 3 jam menggunakan kereta api.

28. Berbagai acara TV ataupun promosi produk2, pasti mencantumkan Bandung sebagai kota peserta dan tempat promosinya.

29. Bandung mempunyai stasiun TV lokal terbanyak se-Indonesia, terdapat 8 stasiun TV, yaitu: Bandung TV, STV, IMTV, PJTV, Space Toon Bandung, MQ TV, Edukasi TV Bandung, CT TV.

30. Pada tahun 1935, ada peristiwa pertama didunia dimana pesawat buatan Asia (Made in Bandung) menjejakkan roda diEropa.

31. Kota Bandung adalah kota terpadat penduduknya di Indonesia, dengan kepadatan penduduk 15.745 orang per km^2."

32. PT Pindad Bandung, saat ini mampu memproduksi peluru MU 3PB kaliber 12,7 mm yang mampu menembus Tank Baja.

33. Bandung kalau diguyur hujan akan mengalami banjir sementara. Banjir sementara ini dinamakan Banjir Cileuncang. 

34. Pengamen di kota ini memiliki suara yang merdu di bandingkan kota-kota lain di Indonesia.

35. Bandung merupakan surganya orang yang doyan belanja. Bahkan yang gak hobi belanja sekalipun. Ada factory outlet, ada distro, Pasar Baru, barang bekas, barang bajakan, sampai yang barang-barang kelas artis-artis Hollywood.

36. Wanita bandung terkenal akan kecantikannya, di banding kot-kota lain di Indonesia.

37. Tahukah Anda, letusan Gunung Sunda Purba membentuk danau purba yang luas hingga mengering dan sekarang menjadi kota Bandung.

38. Bandung adalah kota 1000 Angkot.

39. Di Bandung ada angkot antap-royom bertema hello kitty.

40. Taman Jomblo di Bandung adalah tempat khusus untuk para jomblo kota bandung yang kesepian, merupakan buah tangan dari Bapak Walikota Bandung Ridwan Kamil yang diresmikan tanggal 04 Januari 2014.

41. Banyak merek pakaian kelas dunia seperti Hugo Boss, Giorgio Armani, Guess diproduksi di Bandung untuk dipasarkan ke seluruh dunia.

42. Pada tahun 1990 kota Bandung menjadi salah satu kota teraman di dunia berdasarkan survei majalah Time.

43. Memiliki hasil panen bumi yang berkualitas dunia.

44. Bandung ternyata memiliki koleksi Bangunan Art Deco era tahun 1920-an terbanyak didunia.

45. Tahukah Anda, bahwa arsitek bangunan trans studio bandung di datangkan langsung dari eropa.

46. Album Band Metal asal Bandung Burgerkill 'Venomous' pernah meraih rating 8 dari 10 dlm review di majalah Metal Hammer (UK).

47. Jalan Braga di Bandung diyakini sbg jalan beraspal pertama di Indonesia. Namun sekarang jalan tersebut bukan terbuat dari aspal lagi.

48. Tahukah Anda bahwa minum kopi Aroma dari Bandung, artinya kita meminum kopi dari biji kopi yang dipetik 5 sampai 8 tahun lalu.

49. harlie Chaplin pernah berkunjung ke Borobudur, Batavia, Bandung, Garut, Salatiga, Surabaya dan Bali dalam rangkaian wisatanya ke Indonesia.

50. Menurut survei situs voting TheTopTens.com 2013, Klub Persib Bandung lebih populer ketimbang Barcelona, Manchester United, dan Real Madrid.

51. Ahli Mekatronika dari Institut Teknologi Bandung (ITB), mengatakan Simulator di Timezone lebih baik daripada Simulator SIM milik Korlantas.

52. Tahukah Anda, Pisau buatan Teddy Sutadi Kardin asal Bandung dikenakan oleh pasukan khusus Yordania & Amerika.

53. Tahukah Anda, kalau seragam polisi Inggris dan AS dibuat di Bandung, Jawa Barat, Indonesia.

54. Jembatan Pasupati atau Jalan Layang Pasupati adalah sebuah jembatan yang menghubungkan bagian utara dan timur Kota Bandung melewati lembah Cikapundung. Panjangnya 2,8 km dan lebarnya 30-60 m. Jembatan ini menghubungkan Jalan Terusan Pasteur (Dr. Djundjunan) dan Jalan Surapati, dan dari sinilah nama Pasupati berasal. Dengan adanya jembatan ini diharapkan dapat mengatasi masalah kemacetan di Bandung Utara.

55. Jalan Layang Pasupati juga menjadi salah satu ikon Kota Bandung. Jalan layang ini membuat arus lalu lintas dari wilayah sekitar Jabodetabek ke Bandung menjadi lebih mudah.

56. Observatorium Bosscha dahulu Bosscha Sterrenwacht, merupakan salah satu tempat peneropongan bintang tertua di Indonesia. Dibangun oleh Nederlandsch-Indische Sterrenkundige Vereeniging (NISV) atau Perhimpunan Bintang Hindia Belanda. Observatorium ini pernah menjadi tempat syuting salah satu film anak Indonesia terbaik yaitu Petualangan Sherina.


57. Jalan Braga, salah satu maskot dan obyek wisata kota Bandung yang dahulu dikenal sebagai Parijs van Java.

58. Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat, dibangun untuk mengenang heroiknya para pahlawan-pahlawan asal Jawa Barat yang berjuang mati-matian melawan penjajah. Berbentuk menyerupai sebuah bambu runcing yang menjadi senjata andalan para pejuang dalam merebut kemerdekaan.

59. Skate Board pertama kali muncul di indonesia di kota Bandung pada tahun 1978.

60. Di Bandung ada sebuah organisasi yang bernapa ASEP UNITED.

Demikianlah 60 Fakta Kota Kembang Bandung. Semoga menjadi tambah ya pengetahuan Anda. Jangan lupa baca fakta-fakta lainnya.

Related Posts:

6 Responses to "60 Fakta Kota Kembang Bandung"

  1. cewe manado lebih cantik dari cewe bandung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cantik itu relatif sist,
      Thanks for comment.. Hehehe

      Delete
  2. wah ane baru tau asal usul nama kota Bandung.... ane dari kalimantan gan :v .. thanks for share

    ReplyDelete
  3. walah , baeu tahu kalau Nama 'Bandung' berasal dari kata Bendung/Bendungan karena terbendungnya sungai Citarum oleh lava Tangkuban Perahu.

    ReplyDelete
  4. satu lagi gan
    cewek~cewek di kota bandung geulis~geulis

    ReplyDelete

Hay sobat, jangan lupa tinggalkan komentar ya, karena komentar sobat sangat bermanfaat bagi kelangsungan blog ini.
Berkomentarlah dengan bijak tanpa menyinggung pihak lain, tanpa unsur sata dan pornografi.