34 Fakta Anjing




34 Fakta Anjing. Anjing merupakan hewan yang memiliki rasa cinta dan persahabatan layaknya manusia. Anjing juga sangat bermanfaat bagi pemiliknya, terutama untuk orang yang memiliki cacat mata seperti buta sebagai penunjuk jalan sang pemilik. Karena anjing dapat memiliki daya ingat yang luar biasa.

Tak perlu berbasa - basi lagi ya, langsung saja berikut ini adalah 34 Fakta Anjing:

1. Anjing adalah mamalia yang telah mengalami domestikasi dari serigala sejak 15.000 tahun yang lalu, bahkan mungkin sudah sejak 100.000 tahun yang lalu berdasarkan bukti genetik berupa penemuan fosil dan tes DNA.

(Baca Juga : Fakta Unik dan Menarik Tentang Gajah)

2. Anjing pertama kali didomestikasi di Asia Timur, kemungkinan di Tiongkok

3. Anjing memiliki ratusan ras dengan berbagai macam variasi, mulai dari anjing tinggi badan beberapa puluh cm seperti Chihuahua hingga Irish Wolfhound yang tingginya lebih dari satu meter.

4. Ilmu pengetahuan yang mempelajari segala hal mengenai anjing dinamakan kinologi (dari bahasa Yunani kuno κυνός, baca kynόs, "anjing" dan λόγος, baca lógos, "ucapan, akal"

5. Chow Chow, Sharpei, Akita, Shiba dan Basenji merupakan ras anjing yang tertua.

Baca Juga : Amazing!!! 100+ Fakta Kucing

6. Anjing adalah hewan sosoial seperti halnya manusia.

7. Anjing memiliki rasa cinta dan persahabatan seperti halnya manusia.

8. Anjing pernah diklasifikasikan sebagai speseies yang berbeda dari serigala, Canis familiaris, oleh Linnaeus pada tahun 1758.

9. Pada tahun 1993, Lembaga Smithsonian dan Asosiasi Ahli Mamalia Amerika menetapkan anjing sebagai subspesies serigala abu-abu Canis lupus.

10. Di Indonesia, anjing hutan yang asli Pulau Sumatera dan Jawa disebut ajak.

11. Anjing ras Border Collie terkenal dapat mematuhi dan menjalankan berbagai macam perintah.

12. Anjing dulunya disangka dikromatis, sehingga bisa disebut buta warna menurut standar manusia. Namun penelitian terbaru menyatakan bahwa anjing bisa melihat beberapa warna, walaupun tidak seperti yang bisa dilihat manusia.

13. Anjing bisa melihat berbagai nuansa warna kuning, ungu atau violet, ulta violet.

14. Beberapa anjing ras, memiliki bidang pandangan sampai 270°. Sebagai perbandingan, manusia hanya mempunyai bidang pandangan 180°. Bidang pandangan anjing ras dengan kepala lebar dan kedua mata di depan sebenarnya hampir sama dengan manusia, hanya sekitar 180°.

15. Anjing bisa mendengar suara frekuensi rendah 16Hz hingga 70 KHz. Sedangkan manusia hanya mendengar frekuensi 20Hz-20 KHz.

16. Lebih dari 18 otot pada daun telinga memungkinkan anjing memiringkan, memutar, menidurkan, atau menegakkan daun telinga

17. Anjing bisa mendengar suara yang sumbernya empat kali lebih jauh yang dapat didengar manusia.

18. Anjing memiliki hampir 220 juta sel penciuman yang sensitif terhadap bau.

19. Menurut hasil penelitian, anjing dapat membedakan dua jenis bau: partikel bau di udara yang menyebar dari orang atau benda, dan partikel bau di tanah yang masih bisa dideteksi setelah beberapa lama.

20. Anjing sering keranjingan makan rumput yang dapat menetralisir asam lambung dan membuat anjing muntah.

21. Cokelat (kecuali cokelat putih), bawang bombay (bawang merah), buah anggur, kismis, beberapa jenis permen karet, dan pemanis buatan tertentu, adalah makanan yang bisa membuat anjing keracunan.

22. Buah anggur dan kismis baru diketahui berbahaya bagi anjing sejak tahun 2000 dan pemilik anjing belum semuanya tahu tentang hal ini.

23. Tulang yang sudah direbus sama sekali tidak boleh diberikan kepada anjing, apalagi tulang ayam.

24. Penyakit menular yang mudah menyerang anjing di antaranya penyakit rabies (anjing gila), parvovirus, dan distemper.

25. Anjing bisa menderita hampir semua penyakit yang bisa diderita manusia, mulai dari hipotiroidisme, kanker, sakit gigi, hingga penyakit jantung.

26. Hewan parasit yang sering menyerang bagian tubuh anjing bagian luar adalah berbagai jenis kutu, tungau dan caplak.

27. Hewan parasit yang hidup di dalam perut anjing adalah cacing gelang, cacing cambuk, cacing kait, dan cacing tambang.

28. Sebagian anjing ras rentan terhadap penyakit bawaan, seperti kelainan formasi persendian pangkal paha (penyakit HD), kelainan sendi lutut (patellar luxation), kelainan celah langit-langit mulut, kebutaan, atau ketulian.

29. Dogue de Bordeaux adalah trah anjing dengan masa hidup terpendek, yaitu sekitar 5,2 tahun.

30. Anjing trah Miniature Bull Terriers, Bloodhound, dan Irish Wolfhound, memiliki usia yang tidak terlalu panjang, usia rata-ratanya antara 6 hingga 7 tahun.

31. Toy Poodles, Japanese Spitz, Border Terrier, dan Tibetan Spaniel, adalah trah anjing yang memiliki usia lebih panjang, rata-rata 14 hingga 15 tahun.

32. Anjing bernama si "Bluey" yang mati pada tahun 1939. Pemiliknya mengklaim Bluey berusia 29,5 tahun pada saat kematiannya, namun rekor Bluey tidak dapat diverifikasi.

33. Pada 5 Desember 2011, Guinness Book of World Records mencatat Pusuke, seekor Shiba Inu yang hidup di Jepang, sebagai anjing tertua di dunia, mati pada usia 26 tahun 9 bulan.

34. Fosil anjing tertua adalah dua tulang kranium dari Rusia dan rahang bawah dari Jerman asal 13.000 sampai 17.000 tahun yang lalu.

Yup, itulah 34 Fakta Anjing. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Sekian, Terima kasih.....

(Baca Juga : Fakta Unik dan Menarik Tentang Buaya)


Related Posts:

0 Response to "34 Fakta Anjing"

Post a Comment

Hay sobat, jangan lupa tinggalkan komentar ya, karena komentar sobat sangat bermanfaat bagi kelangsungan blog ini.
Berkomentarlah dengan bijak tanpa menyinggung pihak lain, tanpa unsur sata dan pornografi.