Fakta Bulan Ramadhan di Indonesia

Fakta Unik Bulan Ramadhan di Indonesia - Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Salam hangat sobat semua dimanapun berada, selamat datang kembali di blog Sejuta Fakta. Pada artikel kali ini saya akan memberikan informasi tentang bulan yang suci, bulan yang dinantikan seluruh umat islam di seluruh dunia, yaitu bulan Ramadhan, dan artikel ini saya beri judul Fakta Unik Bulan Ramadhan di Indonesia. Ya, dibalik bulan Ramadhan yang suci  memang tersimpan fakta-fakta unik yang mungkin saja belum sobat ketahui. Tak perlu basa basi, langsung saja inilah Fakta Unik Bulan Ramadhan di Indonesia.

1. Mudik

Mudik merupakan kegiatan pulang kampung yang sudah seperti menjadi tradisi masyarakat Indonesia sejak lama saat bulan Ramadhan atau menjelang Idul Fitri tiba. Tradisi mudik ini sebenarnya tidak hanya dilakukan masyarakat Indonesia saat bulan Ramadhan menjelang Idul Fitri tiba, tapi juga pada hari-hari besar lainnya seperti tahun baru atau hari raya agama lain. Namun tradisi mudik saat bulan Ramadhan atau sering disebut lebaran lebih semarak alias lebih banyak orang, hal itu disebabkan karena mayoritas masyarakat Indonesia beragama islam. Mereka yang merantau di kota pulang kampung untuk bertemu sanak saudara dan keluarga di kampung setelah lama bekerja di kota. Namun ternyata bukan hanya mereka yang beragama islam saja yang melakukan tradisi mudik, tapi juga dilakukan mereka yang beragama selain islam, tentu saja alasannya karena libur panjang. Jumlahnya yang banyak, membuat pemerintah sibuk memperbaiki jalan utama jauh-jauh hari sebelum dilalui pemudik dan persiapan alat transportasi masal, tentunya untuk meminimalisir angka kecelakaan. Ngomong soal kecelakaan, angka kecelakaan saat mudik ternyata cukup mengerikan, karena ratusan nyawa melayang setiap mudik tiba. Hal ini tentunya disebabkan karena banyak orang yang mudik dengan mengendarai kendaraan pribadi sendiri baik roda dua atau roda empat, jika kondisi tidak fit dan jarak tempuh jauh akan menjadi berbahaya bagi pengendara sendiri. Apalagi kalau sampai mengantuk, salah-salah bukannya mencium tangan orang tua ehh malah mencium aspal, nah gimana tuh..

2. Awal Ramadan Yang Berbeda-Beda

Awal Ramadhan di Indonesia ditetapkan oleh pemerintah yaitu mentri agama melalui MUI dengan metode penampakan bulan baru/hisab. Namun penetapan yang dilakukan pemerintah tak selalu di ikuti oleh masyarakat Indonesia, ada yang lebih awal satu hari dan ada yang lebih lambat satu hari. Tentunya ini bukan hal yang harus dipermasalahkan karena menyangkut keyakinan diri masing-masing dan juga karena luasnya negara Indonesia yang menyebabkan penampakan bulan di setiap kota berbeda-beda, ditambah lagi kondisi cuaca dan faktor lain pun mempengaruhi penampakan bulan.

3. Kembang Api dan Petasan

Petasan dan kembang api sebenarnya adalah barang yang sudah di larang pemerintah, karena termasuk dalam barang yang masuk kategori dapat membahayakan. Banyak orang yang tidak suka pada petasan ataupun kembang api berstatement beli kembang api dan petasan sama seperti membakar uang. Namun statemen ini rasanya tak mempengaruhi mereka para penjaja kembang api untuk tetap berjualan, hal ini terjadi tentunya karena masih saja ada orang yang membeli kembang api ataupun petasan tersebut. Ya kan? Ga mungkin mereka jual kalo ga ada yang beli. :-D
Para penjaja petasan dan kembang api memanfaatkan bulan Ramadhan atau hari-hari besar lainnya seperti tahun baru untuk meraup keuntungan lebih dengan menjual barang tersebut. Mereka biasa berjualan di lapak yang berjejer rapi memenuhi pinggiran jalan kota.

4. Tanggal Ramadan Berubah Setiap Tahun

Jika kita perhatikan datangnya bulan Ramadhan setiap tahun selalu lebih cepat, yaitu berubah atau bergeser 11 atau 12 hari lebih awal setiap tahun. Hal itu disebabkan karena kalender islam berbeda dengan kalender yang kita gunakan setiap harinya.

5. Ngabuburit

Kebiasaan masyarakat Indonesia pada bulan Ramadhan adalah Ngabuburit, yaitu suatu kegiatan menunggu datangnya waktu buka puasa dengan pergi dan berkumpul ditempat yang mengasyikan, seperti pasar, taman, tempat wisata, dll, tentunya agar lupa waktu sehingga datangnya waktu berbuka puasa lebih cepat. Ngabuburit biasa mereka lakukan terutama para kaum muda, namun banyak juga mereka yang sudah berkeluarga bahkan yang sudah tua pun juga ada. Biasanya mereka mengajak pasangan, pacar, teman, atau keluarga.

6. Perubahan waktu kerja

Di negara-negara yang memiliki mayoritas umat Islam lebih besar seperti negara kita Indonesia, bulan Ramadan memiliki dampak besar dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Saat bulan Ramadhan tiba biasanya perusahaan, kantor, ataupun sekolah akan mengurangi jam operasionalnya. Hal ini bermaksud untuk menghormati mereka yang sedang melakukan ibadah berpuasa.

7. Kuliner Khas Bulan Ramadhan

"Saat berbuka puasa makanlah yang manis-manis." Sudah biasa mendengar kata-kata itu bukan?
Memang saat berbuka puasa, sebaiknya memakan makanan yang memiliki rasa manis untuk menjaga lambung kita.
Tapi saya kira makan apapun kalau sambil ngeliat saya rasanya menjadi manis seperti saya. Hehehe.. Kembali ke poin.
Makanan manis yang populer dan cocok dikonsumsi saat berbuka puasa adalah kurma. Buah yang hanya bisa hidup di daerah Arab dan sekitarnya ini katanya sering dikonsumsi Nabi Muhammad SAW karena memiliki rasa yang manis, menyehatkan, dan juga mengenyangkan. Namun di Indonesia sendiri kepopuleran kurma kalah dengan kuliner khas Indonesia yang juga memiliki rasa manis, yaitu kolak. Kolak sendiri merupakan makanan yang berbahan dasar pisang, memiliki rasa yang sangat manis, sangat cocok dikonsumsi setelah seharian berpuasa. Hidangan ini sangat populer dikalangan masyarakat Indonesia dari Sabang sampai Merauke, tua-muda, pria-wanita, sangat menyukai kuliner ini. Mereka beranggapan bahwa  berbuka puasa kurang lengkap tanpa mengkonsumsi makanan yang satu ini.

8. Harga Bahan Pokok Mahal

Saat bulan Ramadhan tiba, kita yang menjalankan ibadah puasa membutuhkan asupan gizi yang cukup baik saat sahur maupun saat buka puasa agar tubuh tetap fit dan kuat untuk melakukan aktivitas kerja walaupun sedang berpuasa. Untuk mencukupi gizi tersebut tentunya kita harus merogoh kocek lebih dalam, karena pada waktu bulan Ramadhan biasanya harga bahan-bahan pokok seperti beras,bumbu, daging, dll, meroket tinggi. Sebenarnya hal bukanlah hal yang mengagetkan lagi bagi masyarakat Indonesia, karena memang setiap tahun memang seperti itu. Penyebabnya adalah semakin meningkatnya permintaan pasar yang tinggi dan kurangnya pasokan bahan pokok. Kenaikan setiap jenis bahan pokok pun bervariasi, mulai dari 10% hingga 50%, bahkan ada juga yang mencapai 100%.

9. Masjid Menjadi Ramai

Sudah bukan rahasia lagi dan bahkan hal ini seperti sudah menjadi kebiasaan umat muslim di Indonesia. Jika pada hari-hari biasa masjid sepi, tapi saat bulan Ramadhan masjid menjadi ramai dikunjungi umat islam untuk beribadah. Pada minggu pertama bulan Ramadhan masjid ramai, kemudian semakin menurun dari hari-kehari hingga pertengahan bulan Ramadhan. Kemudian naik lagi saat mendekati Idul Fitri. Ya seperti itulah kenyataannya, ibadah menjadi seperti musiman. :-D

10. Buka Bersama

Buka Bersama atau sering disingkat BukBer, merupakan kegiatan makan bersama setelah adzan maghrib berkumandang saat bulan Ramadhan. BukBer biasanya diadakan oleh pengurus masjid atau mereka yang memiliki rezeki cukup dengan mengundang masyarakat sekitar, teman, atau anak-anak yatim piatu. Hal tentunya merupakan hal yang positif, karena mampu mempererat tali persaudaraan dan sebagai rasa wujud syukur.

11. Banyak Musisi atau Band Launching Lagu-Lagu Religi

Musik atau lagu adalah sebuah sarana untuk mengungkapan perasaan, ekspresi, dan emosi melalui seni. Jika biasanya musisi atau band-band di Indonesia sibuk dengan launching lagu-lagu tema cinta, sahabat, dan kehidupan, pada saat bulan Ramadhan mereka ikut menyemarakkannya sekaligus mencari keuntungan dengan launching lagu-lagu bertema religi.

12. Stasiun Televisi Berlomba-Lomba Menayangkan Program Religi

Pada bulan Ramadhan banyak stasiun televisi yang berlomba-lomba menayangkan program religi, baik itu yang sinetron bertema islam, ceramah/pengajian menjelang sahur ataupun menjelang berbuka, dan juga variety show. Penampilan pembawa acara dalam setiap program pun ada yang berbeda, contohnya pembawa acara wanita dalam berita yang biasanya menggunakan jas, rok pendek, dan rambut rapi, pada saat bulan Ramadhan pembawa acara wanita menggunakan busana islam lengkap dengan jilbabnya.

13. Membangunkan Orang Sahur

Kegiatan membangunkan orang untuk sahur seperti ini telah berlangsung sejak lama dan seperti sudah menjadi tradisi unik setiap bulan Ramadhan. Biasanya para warga berkumpul kemudian berkeliling dengan membawa alat musik atau barang seperti kenthongan, galon, penggorengan, dan lain sebagainya dengan dibunyikan sambil berteriak dengan kata-kata yang paling umum diucapkan, yaitu "Sahur... Sahur, Sahur... Sahur..."
Kegiatan ini biasanya sudah terjadwal di setiap desa, atau hanya suka rela.

14. Badan Jalan di Sebagian Kota di Tutup Saat Menjelang Buka Puasa

Sebagian kota di Indonesia memberlakukan aturan untuk mempersilahkan warganya berjualan takjil di badan jalan protokol. Jadi delama aktivitas ini pengendara dilarang melewati jalan ini, karena hanya pada waktu ini khusus para pejalan kaki saja yang boleh melewati. Badan jalan akan kembali di buka untuk pengendara setelah jam berbuka puasa selesai.

15. Penukaran Uang Baru Meningkat

Pada bulan Ramadhan orang-orang yang mempunyai uang-uang kumuh dan jelek akan melakukan penukaran uang dengan uang yang baru. Untuk mendapatkan uang baru Anda harus keluar uang lebih, misalnya tukar seratus ribu uang baru, bersiaplah untuk mengganti dengan Rp 110.000 (lebih 10ribu). Fenomena ini hanya terjadi selamabulan ramadhan dimana orang-orang menawarkan jasa tukar uang baru. Pada bulan ini permintaan uang baru meningkat pesat. Tujuannya untuk memberi angpao sanak famili maupun para tamu.

16. Banyak Mall Atau Supermarket Gencar Mengadakan Promo/Diskon

Oke, itulah Fakta Unik Bulan Ramadhan di Indonesia.Semoga artikel Fakta Unik Bulan Ramadhan di Indonesia ini bermanfaat dan semakin menambahkan keimanan dan juga ketekunan kita dalam beribadah.
Sampai jumpa di artikel berikutnya.
Wassalam Wr. Wb.

Sumber: Google Search

Kata Kunci:
Fakta Unik Bulan Ramadhan di Indonesia
Fakta Unik Bulan Ramadhan di Indonesia
Fakta Unik Bulan Ramadhan di Indonesia
Fakta Unik Bulan Ramadhan di Indonesia
Fakta Unik Bulan Ramadhan di Indonesia

Related Posts:

1 Response to "Fakta Bulan Ramadhan di Indonesia"

  1. Ramadhan yang selalu dirindukan. Terima kasih atas informasinya, kak.

    surat al kafirun lengkap

    ReplyDelete

Hay sobat, jangan lupa tinggalkan komentar ya, karena komentar sobat sangat bermanfaat bagi kelangsungan blog ini.
Berkomentarlah dengan bijak tanpa menyinggung pihak lain, tanpa unsur sata dan pornografi.