Fakta Bulan Ramadhan di Arab Saudi

Fakta Bulan Ramadhan di Arab Saudi - Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Kembali lagi di blog Sejuta Fakta. Pada artikel kali ini, blog Sejuta Fakta masih membahas tentang bulan Ramadhan. Jika pada artikel sebelumnya blog ini memposting artikel yang berjudul Fakta Bulan Ramadhan di Indonesia, maka pada kesempatan ini Sejuta Fakta memposting artikel yang berjudul Fakta Bulan Ramadhan di Arab Saudi. Negara yang berada di kawasan timur tengah ini merupakan negara islam terbesar di dunia, dan merupakan negara yang memiliki riwayat terbentuknya agama islam. Banyak sekali tempat di negara Arab Saudi yang tercantum dalam Al-Quran, contohnya Kabah di kota Mekkah yang menjadi kiblat umat islam di seluruh dunia. Tak heran jika Negara Arab Saudi memiliki turis yang sangat banyak. Negara ini menjadi negara tujuan umat islam dalam menyempurnakan ibadahnya yaitu Haji dan Umroh.
Pernah membayangkan seperti apa negara ini saat bulan Ramadhan tiba. Wah seperti apa ya?
Untuk menjawab semua itu, Sejuta Fakta sudah mempersiapkan untuk Anda semu. Langsung berikut ini adalah Fakta Bulan Ramadhan di Indonesia,

Pengurangan Jam Kerja

Seperti halnya di Indonesia, perusahaan/kantor di Arab Saudi juga mengurangi jam kerjanya sekitar 3 jam dan itu wajib dilakukan oleh setiap perusahaan atau kantor. Karyawan yang dipotong jam kerjanya pun bukan hanya karyawan muslim tapi juga karyawan non-Muslim. Pihak berwenang di negara Islam ini mengerti bahwa produktivitas pekerja atau karyawan akan menurun selama Ramadhan, jadi tidak ada gunanya menahan karyawan di kantor secara mubazir padahal mereka bisa pulang ke rumah untuk beristirahat, beribadah, atau mempersiapkan hidangan buka puasa.

Acara TV Saat Bulan Ramadhan

Berbeda dengan stasiun tv di Indonesia yang berlomba-lomba menayangkan program bertema islam saat bulan Ramadhan, di Arab Saudi program bertema islam biasa di tayangkan setiap hari. Ya, karena memang negara ini adalah negara Islam. Program yang ditayangkan saat bulan Ramadhan dengan program saat hari-hari biasa pun tidak memiliki perbedaan yang jauh dan hampir mirip seperti program tv Indonesia saat bulan Ramadhan, seperti drama/sinetron, mengaji, musik islami, dan sebagainya.

Bulan Ramadhan di Masjidil Haram

Tidak hanya di Indonesia saja yang memiliki kenaikan jamaah saat bukan Ramadhan, Masjidil Haram atau Kabah akan juga meningkat jumlah jamaahnya saat bulan Ramadhan tiba. Sebagai pusatnya islam pada saat bulan Ramadhan, Di Masjidil Haram biasa  menyiapkan menu buka bersama. Lebih dari 12.000 meter taplak meja yang dibentangkan setiap hari di areal Masjidil Haram. Dana yang dikeluarkan setiap hari mencapai sekitar setengah juta riyal Arab Saudi atau sekitar 134.000 USD atau setara dengan Rp 1,2 miliar.

Kurma Makanan Paling Populer

Jika di Indonesia makanan populer saat bulan Ramadhan adalah kolak, di negara ini makanan populernya adalah Kurma. Memiliki rasa manis menjadi makanan favorit masyarakat Arab. Jumlah kurma yang dikonsumsi saat buka puasa di Masjidil Haram saja, diperkirakan berjumlah lebih dari 5 juta buah.

Shalat Tarawih

Shalat tarawih di Arab Saudi terutama di Masjidil Haram yaitu satu malam satu juz, sehingga kalau mengikuti shalat tarawih selama satu bulan penuh selama bulan Ramadhan itu artinya Anda sudah khatam Al-Qur'an. Wow.. Hebat bukan. Setelah sholat Tarawih di Masjidil Haram biasanya ada shalat Qiyamul Lail berjemaah.

Harga Hotel Melambung Tinggi

Berbeda dengan hotel-hotel di Indonesia yang mengadakan promo saat bulan puasa, di negara Arab Saudi harga hotel justru semakin mahal. Hal itu disebabkan saat bulan Ramadhan banyaknya turis asing yang datang, baik untuk beribadah dan berpuasa di sini atau sekedar menikmati indahnya pemandangan Arab Saudi saat bulan Ramadhan.

Nah, itulah beberapa Fakta Bulan Ramadhan di Arab Saudi. Semoga bermanfaat dan menambah semangat kita untuk semakin taat beribadah. Jangan lupa juga untuk membuka artikel ini lagi pada lain waktu, karena artikel ini akan selalu di update.
Sekian, Wassalam Wr. Wb.

Sumber: Google Searah

Artikel terkait:
» http://sejutafakta.blogspot.com/2015/05/fakta-bulan-ramadhan-di-indonesia.html

Kata Kunci:
Fakta Bulan Ramadhan di Arab Saudi
Fakta Bulan Ramadhan di Arab Saudi
Fakta Bulan Ramadhan di Arab Saudi
Fakta Bulan Ramadhan di Arab Saudi
Fakta Bulan Ramadhan di Arab Saudi

Related Posts:

1 Response to "Fakta Bulan Ramadhan di Arab Saudi"

Hay sobat, jangan lupa tinggalkan komentar ya, karena komentar sobat sangat bermanfaat bagi kelangsungan blog ini.
Berkomentarlah dengan bijak tanpa menyinggung pihak lain, tanpa unsur sata dan pornografi.