Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan

Nanas atau nenas, atau ananas adalah tumbuhan tropis yang berasal dari Brasil, Bolivia, dan Paraguay. Termasuk dalam familia nanas-nanasan (Famili Bromeliaceae). Perawakan (habitus) tumbuhannya rendah,herba (menahun) dengan 30 atau lebih daun yang panjang, berujung tajam, tersusun dalam bentuk roset mengelilingi batang yang tebal.

Nama 'nanas'berasal dari sebutan orang Tupi untuk buah ini: anana, yang bermakna "buah yang sangat baik". Berikut ini adalah Klasifikasi Ilmiah Buah Nanas,
Kerajaan: Plantae, namun tidak termasuk Angiospermae, Monokotil, Commelinids
Ordo: Poales
Famili: Bromeliaceae
Upafamili: Bromelioideae
Genus: Ananas
Spesies: A. comosus

Buah tropis ini mengandung banyak zat, seperti Kalori, mineral (kalsium, fosfor, besi, natrium, kalium, magnesium, tembaga, mangan dan selenium), gula (glukosa, dekstrosa, fruktosa), dan vitamin (A, B1, B2, B6 , B12, C, E, K), dll. Dalam 1 ounce atau 28 gram nanas kering terdapat 85 kalori. Mengandung lemak dan sodium dalam jumlah yang kecil serta tidak memiliki kandungan kolesterol sama sekali. Rata-rata terdapat 15 mg Vitamin C dalam per 100 gram nanas segar. Buah nanas mengandung jumlah gula yang cukup tinggi, yaitu 1,7 g (glukosa) dan 1,9 g (fruktosa) per 100 gram buah nanas segar.

Dari Kandungan-Kandungan buah Nanas di atas, buah nanas memiliki manfaat untuk kesehatan manusia. Dan berikut ini adalah Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan:

1. Melembutkan dan Memperkuat Kuku

Kurangnya asupan vitamin A, bisa membuka peluang terjadinya kuku yang dan rapuh. Namun bisa menjadi lebih buruk, jika mengalami kekurangan vitamin B yang menyebabkan kuku retak dan terbelah. Tidak perlu menggunakan multivitamin untuk mencegah kondisi tersebut, hanya dengan mengkonsumsi nanas. Penerapan eksternal serta konsumsi internal yang benar-benar teratur bisa mengurangi kondisi tersebut, meringankan infeksi dan memperkuat dan melembutkan kuku.

2. Menjaga Kesehatan Mulut

Mengkonsumsi jus nanas rutin setiap hari berguna dalam meningkatkan kesehatanmulut yang baik. Vitamin C yang hadir di dalamnya berkhasiat memperkuat gusi dan menjaga kesehatan gigi agar tetap kuat. Juga membantu dalam membatasi pembentukan plak dan penyakit gusi lainnya.

3. Menyembuhkan Demam dan Batuk

Bromelain juga memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu dalam memerangi infeksi mikroba. Buatlah jus nanas segar guna membantu dalam meredakan sakit tenggorokan, dan mengeluarkan lender penyebab batuk. Minum jus nanas lima kali lebih efektif daripada sirup obat batuk. Selain berkhasiat mengobati batuk, buah nanas juga bisa kamu manfaatkan untuk menyembuhkan demam.

4. Mengurangi Penggumpalan Darah

Bromelain membantu mengurangi pembekuan darah dalam tubuh. Oleh karenanya, buah ini sangat pas dikonsumsi mereka yang beresiko mengalami pembekuan darah.

5. Menangkal Radikal Bebas
Kerusakan akibat radikal bebas dalam sel dapat memicu berbagai penyakit termasuk kanker, asma, arthritis, penyakit jantung dan berbagai gangguan inflamasi lainnya. Buah nanas kaya akan antioksidan yang bekerja untuk membentengi dan melindungi tubuh dari radikal bebas. Kendati tubuh dapat mengatasi radikal bebas dengan sendirinya, tapi jika tubuh kekurangan antioksidan, perkembangan radikal bebas akan menjadi tidak terkendali dan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

7. Pencegahan Degenerasi Makula

Degenerasi makula adalah suatu kondisi orang dewasa yang mengalami kehilangan penglihatan. Gangguan ini menyebabkan kesulitan untuk membaca dan mengenali sesuatu dengan benar. Zat beta karoten yang terdapat padamanfaat wortel, juga ada dalam nanas yang memberdayakanpenglihatan dan harus dikonsumsi secara teratur untuk kesehatan mata.

8. Melembabkan Kulit

Seperti mentimun, nanas juga mampu mengatasi kekurangan cairan pada tubuh dan kulit, seperti kulit yang kering terlihat kusam dan tidak menarik. Manfaat nanas akan memberikan efek hidrasi pada kulit. Caranya dengan mencampur 3 sendok makan nanas segar yang sudah dihaluskan dengan kuning telur dan sedikit susu. Oleskan pada daerah kulit yang kering dan biarkan selama beberapa menit, lalu cuci bersih dengan air hangat.

9. MencegahSel Kanker

Manfaat ini bisa jadi didapat dari vitamin C yang memang diketahui sebagai anti oksidan sehingga dapat menangkal radikal bebas penyebab kanker. Kandungan beta karoten pada nanas juga diduga sebagai perlindungan terhadap kanker prostat dan kanker usus besar.

10. Meningkatkan Imunitas

Vitamin C dalam nanas dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena efek antioksidan yang kuat. Selain itu, nanas mengandung  zat asamamino yang kaya, zat ini membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga ketersediaan energi pada tubuh agar tidak kelelahan.

11. Mencegah Sembelit

Serat dan kandungan air pada nanas diduga bermanfaat untuk mencegah sembelit dan menjaga keteraturan kerja saluran cerna.

12. Menyembuhkan dan Mencegah Penyakit Gondok

Buah nanas juga sangat bermanfaat untuk menyembuhkan dan juga mencegah terjadinya penyakit gondok, hal ini karena buah nanas banyak mengandung yodium.

13. Bermanfaat Bagi Penderita Diabetes

Serat pada nanas dihubungkan dengan kadar gula darah yang rendah pada diabetes tipe1. Sedangkan pada diabetes tipe 2, nanas diduga tidak hanya memperbaiki kadar gula darah, tapi juga kadar insulin dan lemak darah.

14. Mencegah Hipertensi

Seseorang yang cenderung memiliki tekanan darah tinggi, tentunya akan berusaha untuk membuat tekanan darah kembali stabil. Pilihan makanan yang tepat menjadi salah satunya, yaitu dengan mempertimbangkan diet nanas untuk hipertensi. Jumlah kandungan kalium yang tinggi seperti yang dijumpai padamanfaat pisang. namun mengandung kandungan sodium yang rendah, akan membantu menjaga tingkat tekanan darah yang normal.

15 Meredakan Mual

Mengkonsumsi semangkuk buah nanas segar atau jus nanas mampu mencegah mual di pagi hari atau morning sickness. Resepini sangat mujarab untuk ibu hamil yang kerap mengalami mual.

16. Menurunkan Berat Badan

Nanas memiliki kadar air yang sangat tinggi dan rendah lemak. Buah ini cocok untuk mereka yang sedang menjalani diet menurunkan berat badan karena meningkatkan rasa kenyang dan memberikan energi tanpa memberikan terlalu banyak kalori.

17. Menguatkan Tulang

Zat mangan yang dimiliki  buah nanas hadir dalam jumlah yang melimpah, zat mangan ini dapat membantu memperkuat tulang dan jaringan ikat. Secangkir jus nanas akan memberikan sekitar 73% dari mangan yang diperlukan untuk hari. Sebuah studi menunjukkan hasil bahwa mangan bersama dengan mineral lainnya, dapat membantu dalam mencegah osteoporosis pada wanita asca menopause.

18. Mencegah Asma

Kandungan beta karoten pada buah nanas bermanfaat baik untuk tubuh. Di tengah proses pencernaan, beta karotendiubah menjadi vitamin A. Beta karoten diduga dapat meredakan risiko perkembangan penyakit asma.

19. Memperbaiki Kualitas Sperma

Buah nanas neningkatkan kualitas sperma. Konsumsilah nanas secara teratur guna mendapatkan kesuburan sperma.

20. Meringankan Rasa Sakit Saat Menstruasi

Bromelain membantu dalam relaksasi otot-otot dan meredakan sakit kram saat menstruasi dan gejala menstruasi lainnya.

21. Menjaga Keelastisan Kulit
Nanas memberikan dukungan terhadap sintesis kolagen dalam tubuh. Semakin tinggi sintesis kolagen akan membuat kulit menjadi lebih elastis. Selain itu, nutrisi lain yang ada di dalamnya seperti asam amino dan vitamin C akan mempengaruhi sel-sel dan jaringan yang rusak agar diperbaiki dengan cepat. Gunakan jus nanas yang baru  pada wajah kemudian cuci menggunakan air hangat setelah 10 menit.

22. Bermanfaat utuk penderita penyakit jantung

Penderita penyakit jantung dapat mengambil manfaat dari kandungan serat, kalium, dan vitaminC pada nanas. Kalium diduga berhubungan dengan penurunan risiko kematian akibat penyakit jantung iskemik. Kalium pada nanas juga diduga dapat menurunkan risiko terserang stroke, terbentuknya batu ginjal, melindungi kehilangan massa otot, dan membantu memelihara kekuatan tulang.

23. Meningkatkan Kekebalan

Kaya vitamin C, nanas membantu dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan efek antioksidan yang kuat, buah ini melindungi tubuh dari bakteri penyebab penyakit dan virus.

24. Memperbaiki Kulit Kaki

Buah nanas dapat menjadi scrub alami untuk kaki yang membantu dalam peluruhan kaki bersisik, kulit kapalan pada kaki dan mengembalikan kulit kaki menjadi halus dan lembut. Nanas juga dapat menangkan peradangan dan pembengkakan pada kulit kaki yang dipicu kulit kaki yang pecah-pecah.

25. Diduga Sebagai Antiradang Atau Antiinflamasi

Enzim bromelain yang terdapat pada inti buah dan bagian manis dari nanas diduga berguna meredakan pembengkakan, dan menurunkan demam. Zat bromelain sendiri kerap digunakan sebagai obat ketika terjadi cedera karena diduga dapat  mengurangi rasa sakit.

26. Mengatasi Ketombe

Selain manfaat di atas, buah nanas juga efektif untuk menjagakesehatan rambut. Untuk mengatasi ketombe, campur perasan air nanas dan jeruk nipis, lalu pijatkan pada kulit kepala secara perlahan. Terapkan secara rutin, niscaya ketombe akan hilang.

Nah itulah Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan, sangat banyak sekali ya ternyata. Hmm, terimakasih atas pemberian Tuhan yang satu ini deh...

Kata Kunci: manfaat dan bahaya buah nanas, manfaat buah nanas untuk ibu hamil, manfaat buah semangka, manfaat buah nanas muda, manfaat nanas bagi ibu hamil, manfaat buah nanas untuk diet, manfaat nanas untuk kecantikan, manfaat nanas madu, buah nanas untuk menggugurkan kandungan, buah pepaya, buah nanas, penyebab keguguran, sejarah buah nanas, manfaat nanas bagi ibu hamil, manfaat dan bahaya buah nanas, manfaat buah nanas untuk diet, manfaat buah nanas muda

Related Posts:

2 Responses to "Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan"

Hay sobat, jangan lupa tinggalkan komentar ya, karena komentar sobat sangat bermanfaat bagi kelangsungan blog ini.
Berkomentarlah dengan bijak tanpa menyinggung pihak lain, tanpa unsur sata dan pornografi.