15 Makanan Ekstrim di Indonesia

Makanan merupakan kebutuhan pokok manusia. Di setiap daerah di Indonesia memiliki makanan/kuliner khas daerah masing. Dari sekian banyak kuliner ternyata ada banyak kuliner yang masuk dalam kategori uliner ekstrim. Mengapa dikatakan masuk dalam kategori ekstrim? Sebab kulinernya jarang ini jarang dikonsumsi masyarakat umum karena terlihat ngeri bahkan tak lazim dan membuat merinding saat mendengarnya.
Dan berikut ini adalah Kuliner Ekstrim di Indonesia,

1. Ulat Sagu Khas Papua

Papua, memiliki sejuta keunikan yang semakin memberi warna dan keaneragaman NKRI, mulai dari suku, adat-istiadat, alam hingga kulinernya. Salah satu kuliner yang khas dengan Papua adalah makanan berbahan pokok Ulat Sagu yang merupakan makanan khas suku Kamoro. Bisa ditemukan di dalam pohon sagu yang sudah mati atau di dalam pohon kelapa mati, orang-orang Papua sangat menyukai makanan dan mereka biasa makan mentah-mentah. Ulat sagu dipercaya sebagai jamu dan obat kuat karena mengandung vitamin yang tinggi.

2. Jus Dari Cacing Tanah

Apakah Anda pernah menderita sakit tifus?
Jika sudah, apakah Anda pernah mengkonsumsi cacing tanah yang dipercaya sebagai obat tifus?
Cacing tanah memang memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit tifus dan berguna untuk obat penambah nafsu makan. mungkin kalian yang sudah pernah sakit tifus mungkin sudah mengkonsumsi cacing tanah walaupun kalian tak mengetahuinya. Ada berbagai cara untuk mengkonsumsi cacing tanah ini, salah satunya dengan cara dikeringkan dibuat serbuk dan kemudian di jus.

3. Lawar Bali

Bali, selain memiliki wisata budaya dan Pantai yang bagus ternyata wisata kulinernya pun tak kalah menarik untuk dicoba. Salah satunya adalah Lawar yang terkenal ekstrim. Lawar merupakan makanan berbahan utama daging babi, darah babi yang masih segar, parutan kelapa, dan bumbu-bumbunya. Pada mulanya Lawar digunakan untuk sajian pada upacara sakral bali, baik upacara adat maupun upacara keagamaan, karena kemajuan zaman Lawar sudah banyak dijual  sebagai hidangan di warung-warung, rumah makan, hingga hotel berbintang di Bali.

4. Swikee Katak

Swikee Katak. Mungkin makanan ini patut Anda coba saat bosan dengan kuliner berbahan baku daging ayam, sapi, dan ikan yang hanya itu-itu saja. Katak yang dikonsumsi adalah katak hijau dan katak batu, memiliki daging putih mirip seperti daging ayam. Daging katak memiliki protein hewani yang tinggi, dan dipercaya dapat menyembuhkan beberapa penyakit seperti kanker dan mani encer. Berminat?

5. Ulat Bulu Khas Purworejo

Pernah gatal-gatal karena terkena ulat bulu? Ngga enak banget kan rasanya. Pernah terbayangkan jika ulat bulu tersebut kita makan, hiiii bisa gatal-gatal tuh mulut.
Tepatnya di kota Purworejo, Jawa Tengah. Ulat bulu ini sudah sudah biasa dkonsumsi warga, mereka percaya ulat bulu ini dapat menyembuhkan sakit gigi. Eits.. Tunggu dulu.. tenang, tenang.. Ulat bulu yang dikonsumsi bukan sembarang ulat bulu kok, melainkan ulat bulu dari famili Lyman Tridae dan ulat pohon turi yang memiliki protein tinggi, tidak beracun, dan tentunya aman untuk dikonsumsi.
Cara penyajiannya dapat langsung digoreng atau di sate. Menurut mereka yang sudah mencicipinya, rasa dari ulat ini enak dan gurih.

6. Olahan Kelelawar dari Manado

Kelelawar adalah satu-satunya mamalia yang bisa terbang. Simbol dari pahlawan super Batman ini memiliki cara tidur yang unik, yaitu dengan menggantung di ranting atau kayu dengan kaki diatas dan kepala dibawah.
Pernah terbayangkan jika kelelawar itu kita konsumsi? Atau jangan-jangan malah Anda sudah pernah mencicipi?
Hemm, bagi yang belum kalian bisa datang ke Manado, Sulawesi Utara untuk mencicipinya. Di sana ada satu makanan khas yang berasal dari daging kalong/kelelawar, makanan tersebut adalah Paniki. Apa itu Paniki? Yaitu sebuah hidangan berkuah santan dengan bahan utama daging kalong/kelelawar. Memiliki rasa yang pedas yang berfungsi menyamarkan aroma kelelawar yang  amis.
Selain Paniki diatas, di Kota Manado juga ada kuliner berbahan utama kelelawar lainnya, yaitu Kelelawar Goreng Bumbu yang berbahan dari kelelawar buah atau codhot. Menurut penuturan para pecinta kuliner ekstrim ini rasa dagingnya nikmat dan renyah. Sebelum digoreng sebaiknya kelelawar direbus menggunakan bumbu jahe dan laos dahulu untuk menghilangkan bau busuknya. Walaupun kuliner ini ekstrim namun kuliner ini memiliki banyak peminat dari berbagai kalangan, hal itu disebabkan karena khasiat daging kelelawar yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti gatal-gatal, alergi, asma, hingga menjaga stamina bagi pria dan wanita.

7. Sate Buaya

Buaya. Siapa yang tidak mengetahui hewan yang bisa hidup di dua alam (darat dan air) ini, memiliki bentuk panjang, tidak memiliki lidah, dan memiliki gigi yang tajam. Lazimnya buaya dimanfaatkan kulitnya untuk dibuat aneka kerajinan, seperti tas, dompet, dll. Namun Di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur daging buaya biasa di jadikan sate. Hiiii.. Kaya apa tuh rasanya?
Jangan salah sob.. Sate buaya ini sangat digemari mereka yang suka kuliner ekstrim, terutama kaum pria. Menurut kabar, mengkonsumsi sate buaya dipercaya dapat menambah vitalitas pria dan juga dapat mengobati berbagai macam penyakit, contohnya asma dan penyakit kulit.
Bagaimana, Anda tertarik mencobanya?

8. Sate Biawak Jawa

Biawak adalah binatang melata yang memiliki kemiripan bentuk fisik seperti komodo, namun lebih kecil dan lebih pendek. Biawak biasa hidup di hutan, sungai atau rawa-rawa.
Daging biawak dapat digunakan sebagai obat tradisonal jawa yang berkhasiat menyembuhkan penyakit gatal-gatal pada kulit, caranya dengan dikonsumsi atau di sate. Selain itu daging biawak mengandung minyak, biasanya minyak Biawak ini dijual dipasaran dalam bentuk botolan. Kata teman-teman saya rasa daging biawak sangat nikmat, bahkan lebih nikmat dari sate ayam. Harga daging biawak dipasaran ternyata sangat mahal, biasanya dijual dalam bentuk utuh biawak.
Proses pengolahan, saat menguliti biawak sebaiknya jangan kena air karena itu akan membuat amis dan bisa membuat muntah.
Bagaimana, tertarik mencoba?

9. Sate Ular Kobra

Ular Kobra merupakan jenis ular yang berbahaya, karena memiliki bisa yang cukup tinggi dan mematikan apabila mengigit tubuh kita, jika tidak segera ditangani dengan cepat dan tepat akan menyebabkan kematian. Namun tak selamanya keganasan ular ini membuat orang takut padanya, contohnya ya seperti gambar diatas, dijadikan sate.
Walaupun terlihat ngeri tapi jangan salah, ternyata eh ternyata manfaat mengkonsumsi ular kobra ini sangat banyak, diantaranya adalah untuk menetralkan toksin, melancarkan aliran darah, menyembuhkan diabetes, asam urat, dan rematik.
Nah bagaimana tuh, tertarik?
Kalau saya sih... Ogah!!
Soalnya liat aja takut apalagi memakannya.. :-D

10. Tikus Panggang Minahasa

Minahasa memiliki kuliner yang sangat ekstrim atau tak lazim. Nama makanan itu adalah tikus panggang. Menurut masyarakat Minahasa dan orang-orang yang sudah mencicipi makanan ekstrim ini rasanya sangat lezat seperti ayam bakar. Tikus ini diolah dengan cara di panggang dan diolesi mentega sehingga disebutlah dengan nama tikus panggang mentega.Tikus-tikus yang di konsumsi ini bukanlah tikus got ataupun tikus  yang sering berkeliaran di sekitar rumah, melainkan tikus hutan yang belum terkontaminasi sampah manusia.

11. Rica-rica Landak

Landak adalah hewan yang memiliki duri tajam di sekujur tubuhnya. Hal ini membuat orang takut untuk mendekati hewan ini apalagi untuk menangkapnya.
Namun siapa sangka Landak memilki rasa yang nikmat dan mujarab dalam mengobati berbagai penyakit seperti penyakit kulit dan asma.
Biasanya daging landak ini akan lebih nikmat jika dirica-rica, katanya.. Hehehe soalnya saya juga belum pernah makan rica-rica landak sob..

12. Tokek Goreng

Memiliki penyakit kulit?
Cobalah makan Tokek Goreng. Menurut penuturan orang-orang banyak tokek sangat berkhasiat mengobati penyakit kulit. Selain penyakit kulit, Tokek Goreng juga bisa menyembuhkan berbagai penyakit lainnya. Karena itulah tokek banyak dicari orang untuk di konsumsi sebagai obat, walaupun harganya mahal sekalipun.
Tapi hingga kini belum ada penelitian secara farmakologi yang mampu menunjukkan khasiat dari pengobatan menggunakan tokek tersebut. Keberadaan tokek sangat mudah ditemui hidup di rumah-rumah dan ada juga yang  ditangkarkan.

Related Posts:

0 Response to "15 Makanan Ekstrim di Indonesia"

Post a Comment

Hay sobat, jangan lupa tinggalkan komentar ya, karena komentar sobat sangat bermanfaat bagi kelangsungan blog ini.
Berkomentarlah dengan bijak tanpa menyinggung pihak lain, tanpa unsur sata dan pornografi.