Fakta Menarik Bulan Ramadhan di Malaysia

Fakta Menarik Bulan Ramadhan di Malaysia - Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Masih dalam artikel bulan Ramadhan di Dunia. Kali ini Sejuta Fakta akan meberikan sedikit informasi Fakta Menarik Bulan Ramadhan di Negara Jiran Malaysia. Negara yang bertetangga dengan negara kita Indonesia ini memiliki fakta menarik saat bulan Ramadhan. Walaupun berdekatan, namun ternyata keduanya memiliki perbedaan yang cukup menarik untuk kita ketahui. Seperti apa faktanya? Berikut ini adalah Fakta Menarik Bulan Ramadhan di Malaysia.

1. Waktu

Waktu Adzan subuh di Malaysia yaitu sekitar pukul 06.00am waktu Malaysia, waktu buka puasa sekitar pukul 7:30pm waktu Malaysia, dan waktu shalat tarawih adalah sekitar pukul 8:30pm.

2. Bazar Ramadhan

Ternyata bazar Ramadhan bukan hanya terjadi di Indonesia, di Negri Jiran Malaysia ternyata juga banyak sekali bazar Ramadhan. Tentunya hal ini memudahkan mereka yang tidak sempat memasak di rumah. Untuk harga makanan yang disediakan pun  cukup ramah di kantong, bahkan kita bisa menikmati makanan yang rasanya sekelas restoran mahal dengan harga murah meriah.

3. Negara Islam Dengan Jumlah Masjid Sedikit Namun Ketat.

Malaysia adalah Negara Islam akan tetapi jumlah masjid di sini terhitung masih sedikit. Namun meskipun begitu sudah banyak sekali surau. Masjid-masjid di Malaysia terbukti sangat ketat, karena di pantau langsung oleh Jabatan Agama Islam Malaysia.

4. Makanan Populer

Makanan populer dan favorit di Malaysia adalah Bubur Lambuk. Makanan ini seolah-olah seperti halnya makanan wajib yang harus di makan saat buka puasa. Ya, kalau di Indonesia seperti kolak lah ya..

5. Buka Bersama

Hampir setiap masjid di Malaysia selalu mengadakan event buka puasa bersama di sepanjang bulan puasa. Buka puasa bersama ini selalu terbuka untuk umum, baik untuk warga lokal maupun warga muslim dari Negara lain. Dan menu yang pasti ada adalah ''bubur lambuk'', yang seolah menjadi makanan wajib yang disediakan panitia masjid.

6. Pengurangan Jam Kerja

Sama seperti halnya di Indonesia, kantor dan perusahaan di Malaysia pun juga mengurangi jam kerja karyawannya pada saat bulan Puasa Ramadhan. Jika biasanya jam kerja pukul 9:00am hingga pukul 6:00pm (8jam/hari), saat bulan Ramadhan berubah menjadi pukul 09.00am hingga 5:00pm (7jam/hari), atau dikurangi satu jam tiap hari. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan mereka yang berpuasa untuk mempersiapkan santapan berbuka.

Nah, itulah Fakta Menarik Bulan Ramadhan di Malaysia. Semoga bermanfaat, semakin menambah ilmu pengetahuan kita, dan semakin membuat kita rajin beribadah ya.
Terimakasih telah mengunjungi dan membaca artikel blog ini.
Sekian, Wassalam Wr. Wb.

Related Posts:

0 Response to "Fakta Menarik Bulan Ramadhan di Malaysia"

Post a Comment

Hay sobat, jangan lupa tinggalkan komentar ya, karena komentar sobat sangat bermanfaat bagi kelangsungan blog ini.
Berkomentarlah dengan bijak tanpa menyinggung pihak lain, tanpa unsur sata dan pornografi.