8 Makanan Khas Kota Semarang

8 Makanan Khas Kota Semarang - Semarang merupakan salah satu kabupaten kota yang terletak di provinsi Jawa Tengah, yang juga menjadi ibukota provinsi jawa tengah, juga menjadi kota terbesar ke-4 se-indonesia setelah Bandung dan Surabaya. Selain menyuguhkan berbagai tempat wisata alam dan religi yang menarik banya minat wisatawan lokal dan mancanegara, Semarang juga menyuguhkan berbagai wisata kuliner yang menarik lidah untuk mencicipi. Kuliner apakah saja itu? Langsung saja berikut ini adalah 8 Makanan Khas Kota Semarang:

1. Bandeng presto

Bandeng Presto adalah makanan khas Indonesia yang berasal dari Kota Semarang, Jawa Tengah. Ditemukan oleh wanita kelahiran Pati, Jawa Tengah, yang bernama Hanna Budimulya pada tahun 1977. Ikan bandeng (Chanos Chanos) dibumbui bawang putih, kunyit dan garam. Kemudian diletakkan dalam panci yang dapat dikunci dengan rapat dengan alas daun pisang. Air yang berada di dalam panci ini kemudian dipanaskan hingga mendidih. Uap air yang timbul akan memasak makanan yang berada di dalam panci ini. Memasak dengan cara presto, yang memanfaatkan uap air bertekanan tinggi mampu melunakkan duri-duri ikan bandeng. Karena seperti yang sudah kita ketahui, ikan bandeng terkenal memiliki banyak duri halus. Sehingga jika kita makan Bandeng Presto kita tidak perlu memisahkan mana duri mana daging, karena semuanya bisa kita lahab sampai habis. Tapi jangan sampai ke piring-piringnya juga yah.. Hehehe

2. Tahu Gimbal

Tahu Gimbal merupakan makanan khas dari Kota Semarang, terdiri dari tahu goreng, rajangan kol mentah, lontong, taoge, telur, dan gimbal (udang yang digoreng dengan tepung) dan di guyur dengan bumbu kacang encer yang menggunakan petis udang. Gimbal itu sendi yaitu semacam bakwan goreng yang berisi udang. Gimbal digoreng garing dengan perpaduan rasa yang pas antara gurih, manis dan pedas. Di kota Semarang sangat banyak pedagang yang menjual tahu gimbal, apalagi pada saat malam hari, di sepanjang Jalan Pahlawan, sekitar Taman KB, dan depan Masjid Baiturrahman Semarang, banyak pedagang makanan yang menjual Tahu Gimbal tersebut. Untuk harga satu porsi Tahu Gimbal yaitu berkisaran sekitar Rp10.000.

3. Kuah Tahu Pong

Kuah Tahu Pong merupakan kuliner khas dari Kota Semarang. Bahan baku Kuah Tahu Pong adalah Tahu Pong itu sendiri yang disajikan dengan kuah kecap pedas manis dengan cita rasa bawang putih yang menonjol, serta gurih karena memakai petis. Sedankan untu jenis tahu yang di pakai ada dua, yaitu yang benar-benar garing (tahu pong sumedang) dan tahu emplek (tahu Surabaya tahu Cina). Jika Anda di kota Semarang dan ingin mencicipi Kuah Tahu Pong, tidak usah bingung karena di Semarang banyak penjual tahu pong, salah satu yang paling terkenal tempatnya berada di Jl.Gajah Mada Semarang. Datang aja kesana..!

4. Soto Bangkong

Soto Bangkong adalah kuliner khas kota Semarang, Jawa Tengah. Bangkong dalam bahasa Jawa dan Sunda artinya katak alias kodok, Wow..! Eits tapi tunggu dulu..! Soto Bangkong ini bukan soto yang dagingnya dari daging bangkong seperti namanya, namun dagingnya juga berasal dari daging ayam seperti soto pada umumnya. Nama Bangkong itu sendiri diambil dari nama tempat didirikannya rumah makan ini, yaitu di Perempatan Bangkong, Semarang. Soto Bangkong didirikan oleh Bapak H. Soleh Sukarno, pria berdarah Sukoharjo yang lahir di Klaten, Jawa Tengah, pada tahun 1950. Berawal dari berjualan soto keliling, saat ini Soto Bangkong sudah memiliki banyak cabang yang tersebar hampir di seluruh pulau jawa. Dan hebatnya lagi semua cabang Soto Bangkong tersebut semuanya dimiliki dan dioperasikan oleh keluarga H Soleh Sukarno.

5. Pecel Koyor

Pecel Kloyor adalah makanan khas Kota Semarang. Merupakan pecel sayuran yang disiram bumbu kacang dan ditambahkan olahan koyor atau urat daging sapi sebagai pelengkap. Selain rasanya yang legit dan gurih, campuran koyor-nya juga dapat menambah gairah makan.

6. Tahu petis

Tahu Petis adalah tahu goreng yang dimakan dengan petis (saus berwarna hitam kental yang biasanya terbuat dari udang) yang dioleskan/disisipkan di tengah-tengah tahu. Tahu Petis mirip seperti tahu pong, tapi rasanya tidak asin. Makanan khas kota Semarang ini berasal dari tahu putih yang digoreng sampai kecokelatan tanpa dibumbui atau dibumbui dengan larutan garam dan bawang putih saja. Sedangkan petisnya berasa manis agak sedikit asin. Agar menggugah selera tahu petis biasanya dimakan dengan cabai rawit.

7. Mie kopyok

Mie Kopyok adalah hidangan khas dari Kota Semarang. Berbahan dasar mie yang diberi irisan tetelan daging, tahu, dan kerupuk gendar. Mie kopyok atau Mie Lontong juga sering disebut dengan nama Mie Theg-Theg, karena penjualnya suka memukul piring dan berbunyi "Teng-teng-teng" sebagai tanda untuk memasarkan dagangannya. Biasanya penjualan Mie Kopyok menggunakan gerobak keliling untuk berjualan. Cara membuat Mie Kopyok. Pertama sejumput mie basah dan kecambah dicelupkan pada air panas mendidih. Tahu dan lontong diiris dan diletakkan di atas piring. Lalu mi dan kecambah yang sudah dicelup tadi ditiriskan dan ditaruh di atas irisan tahu pong dan lontong. Lalu diberi kuah plus bumbu bawang putih yang telah diuleg dan dilarutkan dalam air. Terakhir diberi remasan kerupuk gendar, daun sledri, bawang goreng, dan kecap diatasnya. Selesai..

8. Nasi Pindang

Nasi Pindang adalah masakan yang berupa nasi dan daging disajikan dengan kuah pindang dan daun melinjo atau daun so. Dulu Nasi Pindang biasanya disajikan tiap ada yang mempunyai hajatan / pesta, namun seiring berkembangnya zaman, Nasi Pindang sudah di jual dimana-mana dari Restoran hingga warung kaki lima pinggir jalan. Nasi Pindang awalnya berasal dari Kudus. khas Kudus. Nasi Pindang di Kudus aslinya menggunakan daging kerbau karena di Kudus ada larangan memakan daging sapi. Namun sekarang biasanya Nasi Pindang disajikan dengan daging sapi atau ayam.

Itulah 8 Makanan Khas Kota Semarang. Semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca semuanya. Oh iya, kalau berkunjung ke Kota Semarang jangan lupa icip-icip kuliner khas Kota Semarang di atas tadi ya. Hehehe.. Terimakasih :-)

Kata Kunci:
8 Makanan Khas Kota Semarang, 8 Makanan Khas Kota Semarang, 8 Makanan Khas Kota Semarang, 8 Makanan Khas Kota Semarang, 8 Makanan Khas Kota Semarang, 8 Makanan Khas Kota Semarang, 8 Makanan Khas Kota Semarang, 8 Makanan Khas Kota Semarang, 8 Makanan Khas Kota Semarang, 8 Makanan Khas Kota Semarang.

Related Posts:

0 Response to "8 Makanan Khas Kota Semarang"

Post a Comment

Hay sobat, jangan lupa tinggalkan komentar ya, karena komentar sobat sangat bermanfaat bagi kelangsungan blog ini.
Berkomentarlah dengan bijak tanpa menyinggung pihak lain, tanpa unsur sata dan pornografi.