Fakta Kota Solo / Surakarta, Jawa Tengah

Fakta Kota Solo / Surakarta, Jawa Tengah - Kota Solo merupakan sebuah kota atau kabupaten yang terletak di jawa tengah. Kota ini berkembang pesat saat di pimpin oleh Walikota yang dulu menjadi Gubernur DKI Jakarta dan sekarang menjadi Presiden RI, Joko Widodo. Sekarang kota ini dipimpin oleh WaliKota Boeddy Soeharto.
Kota Solo yang merupakan keraton, memiliki fakta yang menarik untuk kita ketahui. Bersumber dari Wikipedia, berikut ini Sejuta Fakta telah membuat artikel berjudul Fakta Kota Solo / Surakarta, Jawa Tengah.
Langsung saja simak faktanya di bawah ini:

1. Kota Surakarta atau Solo terletak di antara 110 45` 15" - 110 45` 35" Bujur Timur dan 70` 36" - 70` 56" Lintang Selatan

2. Hari jadi kota Surakarta adalah tanggal 17 Februari 1745.

3. Dengan luas 44 km2, kota Surakarta memiliki jumlah penduduk sebanyak 503.421 jiwa (2010) dengan kepadatan 13.636/km2.

4. Perbatasan Kota Surakarta atau Solo adalah; Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Boyolalidi di sebelah utara,Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Sukoharjodi di sebelah timur dan barat, dan Kabupaten Sukoharjo di sebelah selatan.

5. Sisi timur kota Solo dilewati sungai yang terabadikan dalam salah satu lagu keroncong,yaitu sungai Bengawan Solo.

6. Kota Surakarta berada sekitar 65 km timur laut Yogyakarta dan 100 km tenggara Semarang.

7. Surakarta dikelilingi oleh Gunung Merbabu dan Merapi di bagian barat, dan Gunung Lawu di bagian timur.

8. PDAM Surakarta mampu melayani 55,22% masyarakat Surakarta termasuk kawasan hinterland dengan pemakaian rata-rata 22,42 m3/bulan.

9. Tanah di Solo bersifat pasiran dengan komposisi mineral muda yang tinggi sebagai akibat aktivitas vulkanik Merapi dan Lawu.

10. Rata-rata curah hujan di Solo adalah 2.200 mm.

11. suhu rata-rata di Kota Surakarta adalah 30 derajat Celsius. Suhu udara tertinggi adalah 32,5 derajat Celsius, sedangkan terendahnya adalah 21,0 derajat Celsius.

12. Surakarta dibagi menjadi 5 kecamatan dengan 51 kelurahan, Kelima kecamatan tersebut adalah:Kecamatan Pasar Kliwon (9 kelurahan), Kecamatan Jebres (11 kelurahan), Kecamatan Banjarsari (13 kelurahan), Kecamatan Laweyan/Laweyan (11 kelurahan), Kecamatan Serengan (7 kelurahan).

13. Kota satelit di Surakarta adalah Kartasura, Solo Baru,Palur,Colomadu,Baki, dan Ngemplak.

14. Pandawa Waterboom merupakan waterboom terbesar di Jawa Tengah dan Yogyakarta.

15. Sebelum bergabung dengan Indonesia, Surakarta diperintah oleh Susuhunan Surakarta dan Adipati Mangkunegaran.

16. Pada saat Jokowi masih menjadi walikota Surakarta, Ia mengajukan Surakarta untuk menjadi anggota Organisasi Kota-kota Warisan Dunia. Usulan tersebut diterima pada tahun 2006. Dan Surakarta menjadi tuan rumah konferensi organisasi tersebut pada bulan Oktober 2008.

17. Menurut Majalah Tempo, Joko Widodo dari Solo terpilih menjadi salah satu dari 10 Tokoh 2008.

18. Surakarta memiliki semboyan "Berseri",akronim dari "Bersih, Sehat, Rapi, dan Indah"

19. Slogan pariwisata Kota Surakarta adalah "Solo The Spirit of Java", slogan ini diperoleh dari hasil sayembara yang diadakan oleh Pemerintah Kota Surakarta pada 4 Oktober sampai 14 November 2005 yang dimenangkan oleh Dwi Endang Setyorini (warga Giriroto, Ngemplak, Boyolali).

20. Perancangan logo Kota Surakarta berlangsung sekitar enam bulan di Surakarta.

21. Kota Surakarta juga memiliki beberapa julukan, antara lain Kota Batik, Kota Budaya, Kota Liwet.

22. Kota Surakarta merupakan kota terpadat di Jawa Tengah dan terpadat ke-8 se-Indonesia.

23. Walupun luas wilayahnya ke-13 terkecil, kota ini memiliki populasi terbanyak ke-22 dari 93 kota otonom dan 5 kota administratif di Indonesia.

24. Kecamatan terpadat di Surakarta adalah Pasar Kliwon, yang luasnya hanya sepersepuluh luas keseluruhan Surakarta, sedangkan kecamatan dengan kepadatan terendahnya adalah Laweyan.

25. Di Surakarta terdapat dua universitas besar, yaitu Universitas Sebelas Maret (UNS) dan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS),keduanya memiliki lebih dari 20.000 mahasiswa aktif dan termasuk katagori 50 universitas terbaik di Indonesia.

26. Di Surakarta terdapat Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta dan Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta.

27. Di Kota Surakarta terdapat 52 universitas swasta, yaitu Unisri, Universitas Tunas Pembangunan, Universitas Setia Budi, STIKES Muhammadiyah, Universitas Islam Batik, dll.

28. Pasar Klewer serta beberapa pasar batik tradisional lain menjadi salah satu pusat perdagangan batik di Indonesia.

29. Selain Pasar Klewer, Surakarta juga memiliki banyak pasar tradisional, di antaranya Pasar Gedhe (Pasar Besar), Pasar Legi, dan Pasar Kembang.

30. Di sini juga terdapat pasar barang antik yang menjadi tujuan wisata, yaitu Pasar Triwindu/Windu Jenar (setiap Sabtu malam diubah menjadi Pasar Ngarsopuro), Pasar Keris, dan Cinderamata di Alun-Alun Utara Keraton Surakarta.

31. Pada hari minggu pagi, jalanan Slamet Riyadi khusus ditutup bagi kendaraan bermotor, untuk digunakan sebagai ajang Solo Car Free Day.

32. Ada banyak Mall modern di Surakarta, antara lain Solo Square, Solo Grand Mall (SGM), Solo Paragon, Solo Center Point (SCP), Singosaren Plaza, Pusat Grosir Solo (PGS), Beteng Trade Center (BTC), Hartono Mall Solo Baru, Pusat Perbelanjaan Luwes (Ratu Luwes, Sami Luwes, Luwes Sangkrah, Luwes Gading, Luwes Nusukan, Luwes Mojosongo, Luwes Palur), dan Palur Plaza.

33. Masjid Laweyan merupakan masjid tertua di Surakarta.

34. Selain dihuni oleh Suku Jawa, di Kota ini juga banyak penduduk yang beretnis Tionghoa, dan Arab.

35. Surakarta memiliki beberapa taman yang indah dan asri, diantaranya adalah lain Taman Balekambang, Taman Tirtonadi, Taman Sekartaji, dan Taman Sriwedari.

36. Selain fungsi aslinya sebagai taman, Taman Sriwedari juga merangkap sebagai tempat hiburan, tempat pagelaran musik dan wayang orang di Gedung Wayang Orang Sriwedari.

37. Kebun Binatang Jurug (Taman Satwataru Jurug) merupakan salah satu kebun binatang terbesar dan tertua di Indonesia.

38. Pada tahun 1923, Surakarta membentuk klub sepak bola bernama Persis Solo. Klub ini merupakan salah satu klub yang pertama di Indonesia.

39. Persis pernah menjuarai kompetisi Perserikatan sebanyak 7 kali dan saat ini bermain di Divisi Utama Liga Indonesia.

40. Selain Persis Solo, tercatat ada beberapa klub sepak bola lain pernah hadir di Surakarta, antara lain Arseto Solo, Pelita Solo, Persijatim Solo FC, dan terakhir adalah kontestan Liga Primer Indonesia, Solo FC yang baru terbentuk pada tahun 2010.

41. Stadion Manahan yang berkapasitas 25.000 penonton di Kota Solo merupakan sebuah stadion tipe Stadion Madya Olimpiade kategori B+ yang menjadi salah satu stadion terbaik diJawa Tengah.

42. Stadion Manahan sering digunakan sebagai tempat penyelenggaraan event-event nasional dan internasional, dan pada tahun 2011 stadion ini menjadi penyelenggara ASEAN Paragames.

43. Sebelum menjadi Stadion Manahan, awalnya tempat ini merupakan tanah lapang yang sempat beberapa kali beralih fungsi, mulai dari tempat olahraga memanah hingga sebagai tempat balapan kuda.

44. Pada tahun 2009, Surakarta memiliki satu-satunya klub basket profesional di Jawa Tengah, yaitu Bhinneka Solo.

45. Di Surakarta ada Rumah Sakit bernama unik, yaitu Rumah Sakit Kandang Sapi. Namun Rumah Sakit ini lebih dikenal dengan nama Rumah Sakit Dr. Oen Surakarta.

46. Stasiun Solo Balapan merupakan salah satu stasiun besar tertua di Indonesia yang dibangun pada tahun 1873. Stasiun ini menghubungkan Yogyakarta (barat),Semarang (utara), dan Surabaya (timur).

47. Stasiun Balapan Solo terletak berdekatan dengan terminal bus Tirtonadi, suatu hal yang jarang dijumpai di Indonesia.

48. Selain Stasiun Balapan Solo, di Surakarta juga terdapat stasiun lain, diantaranya; "Stasiun Solo Jebres" dipakai sebagai stasiun perhentian untuk kereta-kereta api kelas ekonomi atau kereta api relasi Semarang-Madiun, "Stasiun Solo-Kota (Sangkrah)" merupakan stasiun perhentian untuk jalur KA Purwosari-Wonogiri, dan "Stasiun Purwosaridi" tepi barat kota merupakan stasiun cabang menuju Wonogiri (selatan).

49. Kota Solo merupakan satu-satunya kota di Indonesia yang memiliki rel kereta api yang paralel dengan jalan raya, tepatnya di sepanjang jalan protokol Slamet Riyadi. Di jalur ini terdapat rel Railbus Batara Kresnadan juga difungsikan sebagai jalur kereta api wisata Sepur Kluthuk Jaladara.

50. Bandar Udara Internasional Adi Sumarmo di Surakarta, dulu bernama "Panasan".

51. Di Kota Solo terdapat Benteng Vastenburg, yang merupakan peninggalan Belanda.

52. Festival dan Perayaan di Kota Surakarta diantaranya adalah; Kirab Pusaka Malam 1 Suro, Sekaten, Grebeg Mulud, Grebeg Sudiro, Solo Batik Carnival, Solo Grebeg Pasar, Tinggalandalem Jumenenga, Batik Fashion, Grebeg Besar, dan Syawalan.

53. Makanan khas Surakarta adalah; sate kambing,nasi liwet, nasi timlo, nasi gudeg dan gudeg cakar, pecel desa, cabuk rambak, bestik solo, selat Solo, bakso solo, serabi solo, intip,tengkleng, roti mandarin, sosis solo, kambing guling, sate buntel; satekere, dll.

54. Minuman khas Surakarta adalah; Wedang Asle (minuman hangat dengan nasi ketan), Wedang Dawet Gempol Pleret (gempol terbuat dari sejenis tepung beras, sedangkan pleret terbuat dari ketan dan gula merah), Jamu Beras Kencur (jamu kesehatan yang berbedadari jamu yang lain karena rasanya yang manis), dll.

55. Tori, adalah nama seekor Orangutan di Kebun Bintang Jurug,Solo, yang memiliki kebiasaan merokok sejak 10 tahun lalu.
https://pbs.twimg.com/media/B0XSq8NCcAAIV71.jpg:small

56. Pada tahun 1996, klub sepakbola Arseto Solo resmi menjual penyerang Indriyanto Setyo Nugroho ke Pelita Jaya dengan rekor transfer 100 rupiah.

57. Inilah pertunjukan atraksi pada pembukaan Pekan Olahraga Nasional pertama di Solo pada tahun 1948.
https://pbs.twimg.com/media/B5m_rUvCEAAcuYi.jpg:small

58. Lagu Bengawan Solo pernah hit di komunitas Cina di Asia Tenggara pada 1957, saat itu lagu ini dinyanyikan oleh penyanyi Malaysia, Poon Sow Keng.

59. Lagu Bengawan Solo yang merupakan ciptaan Alm.Gesang sudah diremake dan diterjemahkan ke dalam 13 bahasadi dunia.

60. Ditahun 1894, Sunan Pakubuwono X dari Solo adalah orang indonesia pertama yang memiliki mobil dengan merk Benz, tipe Karl Benz.

61. Pada tahun 1947, lagu Bengawan Solo menjadi Best-Selling Recording di Jepang setelah dinyanyikan oleh Toshi Matsuda dalam bahasa Jepang.

62. Seragam militer NATO diproduksi oleh sebuah perusahaan bernama PT Sritex yang berada di Solo, Jawa Tengah.
https://pbs.twimg.com/media/CMhsXWNUEAAuFhH.jpg:small

Sumber artikel: Wikipedia.org & @wowfakta
Gambar: @NegriID & @LihatFoto

Kata Kunci:
Fakta Kota Solo / Surakarta, Jawa Tengah
Fakta Kota Solo / Surakarta, Jawa Tengah
Fakta Kota Solo / Surakarta, Jawa Tengah
Fakta Kota Solo / Surakarta, Jawa Tengah
Fakta Kota Solo / Surakarta, Jawa Tengah

Related Posts:

1 Response to "Fakta Kota Solo / Surakarta, Jawa Tengah"

Hay sobat, jangan lupa tinggalkan komentar ya, karena komentar sobat sangat bermanfaat bagi kelangsungan blog ini.
Berkomentarlah dengan bijak tanpa menyinggung pihak lain, tanpa unsur sata dan pornografi.