Mahasiswa Untag Surabaya Ciptakan Energi Listrik Dari Anak Tangga

Radityo Jalu Atmojo dan Saiful Efendi adalah dua Mahasiswa Teknik Elektro Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya yang berhasil menciptakan energi listrik murah dan unik, yakni dari anak tangga yang dikombinasikan dengan pegas, supaya ketika dipijak oleh penggunanya, dapat menghasilkan energi alternatif pembangkit listrik.

Radityo Jalu Atmojo menjelaskan, prinsip kerja dari inovasi yang diciptakan ini didapatkan dari setiap pijakan anak tangga menggunakan gaya pegas yang bergerak naik turun, yang dihubungkan di roda gila untuk mengontrol perputaran gear atau rodagigi yang sudah dirakit.

"Pijakan anak tangga yang menggunakan gaya pegas naik turun tersebut difungsikan sebagai penggerak utama roda gigi, yang merupakan sumber tenaga penggerak generator DC maupun sebagai alternator penghasil listrik," ujar Radityo saat ditemui di laboratorium elektro Kampus Untag, Kamis (11/2/2016), seperti yang diberitakan beritajatim[.]com.

Ia mengatakan dalam mekanisme dan perancangannya alat tersebut tetap menggunakan ukuran standar dari anak tangga, supaya ketika digunakan oleh peraga alat tersebut aman. "Untuk anak tangga ini kami menggunakan ukuran standar dan kemiringan standar, yaitu menggunakan sudut 40 derajat dan kemiringan 45 derajat, sehingga tetap memperhatikan faktor keselamatan pengguna tangga," terangnya.

Sementara itu, Saiful Efendi rekan satu timnya menerangkan penggunaan minyak sebagai sumber bahan bakar utama dalam pembangkitan energi listrik dinilai masih tinggi, sehingga untuk memanipulasi kebutuhan energi listrik yang semakin meningkat, maka diperlukan energi alternatif sebagai pembangkit listrik.

"Fenomena ini, membuat saya berangkat mencari ide tentang bagaimana menciptakan sebuah alat yang dapat menghasilkan energi listrik sendiri dan tentunya ramah lingkungan," urai Saiful.

Selain itu, ide yang didapatkan untuk membuat inovasi cemerlang tersebut ketika melihat anak tangga yang berada digedung parkir baru Untag begitu banyaknya tapi belum ada satupun yang dapat menghasilkan sesuatu alternatif guna mengurangi pemakaian listrik yang dibutuhkan untuk menerangai area setempat.

"Di Kampus kami memang banyak gedung baru, namun pembangunannya masih belum membawa motivasi dan manfaat Kehidupan manusia yang bermanfaat lebih, seperti saat ini tarif listrik yang kian naik dan energi yang ada dibumi ini cenderung boros, untuk menyiasati itu kami berupaya merancang alat ini," pungkas Saiful.


Judul : Mahasiswa Untag Surabaya Ciptakan Energi Listrik Dari Anak Tangga

Sumber : beritajatim[.]com

Related Posts:

0 Response to "Mahasiswa Untag Surabaya Ciptakan Energi Listrik Dari Anak Tangga"

Post a Comment

Hay sobat, jangan lupa tinggalkan komentar ya, karena komentar sobat sangat bermanfaat bagi kelangsungan blog ini.
Berkomentarlah dengan bijak tanpa menyinggung pihak lain, tanpa unsur sata dan pornografi.