7 Fakta Bahwa Berdoa Membuat Tubuh Lebih Sehat

Berdoa adalah sebuah ibadah sekaligus  cara komunikasi kita kepada Sang Pencipta, tujuannya tentu saja agar semua doa yang kita inginkan dikabulkan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Tapi tahukah Anda, ternyata berdoa tidak hanya sebatas komunikasi kita kepada Sang Khalik, tetapi juga membuat tubuh kita lebih sehat dan segar. Tidak percaya?
Berikut ini adalah 7 Fakta Bahwa Berdoa Membuat Tubuh Lebih Sehat

1. Membebaskan diri dari stres.
Berdoa memengaruhi kondisi pikiran, membantu Kamu rileks dan dengan demikian mengurangi efek stres terhadap berbagai organ tubuh. Berdoa tak hanya bermanfaat untuk mengurangi stres mental, tapi juga membantu memerangi stres fisik dan bahkan meredakan reaksi emosional Kamu terhadap stres tersebut.

2. Mengurangi peluang menderita depresi dan kegelisahan.
Menurut sebuah penelitian di Inggris, yang diterbitkan di British Journal of Health Psychology, berdoa bisa mengurangi risiko terserang depresi dan kegelisahan. Penelitian tersebut juga menemukan bahwa Kamu cenderung merasa positif dan tidak tertekan jika berdoa di tempat ibadah.

3. Membantu mengatasi serangan emosional.
Berdoa sangat bermanfaat dalam memberikan kekuatan untuk mengatasi stres yang Kamu alami dari hari ke hari. Berdoa memungkinkan Kamu untuk merenung sendirian, sehingga Kamu bisa berpikir dan fokus terhadap diri sendiri serta mengurangi tekanan mental.

4. Menjauhkan dari penyakit yang berhubungan dengan stres.
Penyakit kronis seperti jantung, diabetes, darah tinggi, maag dan migrain diyakini terjadi karena terlalu banyakstres. Menurut ahli terapi alternatif seperti Ayurveda, stres merupakan alasan utama terjadinya penumpukan racun di dalam tubuh, yang tidak hanya mengarah kepada penyakit kronis seperti diabetes, tapi juga penyakit kanker.

5. Membuat diri menjadi lebih bahagia.
Sebuah penelitian yang dilakukan Dr. Andrew Newberg dari Department of Psychiatry di University of Pennsylvania, menemukan fakta bahwa berdoa bisa meningkatkan kadar dopamine atau “hormon gembira” di otak Kamu. Membuat Kamu lebih bahagia dan lebih damai.

6. Membuat Kamu menjadi orang yang lebih baik.
Penelitian serupa juga menemukan bahwa praktik religius bisa membantu mengurangi tingkat ego seseorang dengan cara memengaruhi bagian otak yang berhubungan dengan emosi itu. Oleh karena itu, berdoa membuat Kamu lebih rendah hati, mengurangi keserakahan Kamu terhadap materi dan membantu membentuk Kamu menjadi orang yang lebih baik.

7. Baik untuk kesehatan jantung.
Berdoa terbukti memiliki banyak manfaat bagi fungsi jantung. Berdoa dikenal mampu mempercepat pemulihan jantung setelah terjadinya serangan jantung dan operasi. Selain itu, berdoa juga membantu mengaturdetak jantung Kamu, membuatnya lebih kuat dan mengurasi tekanan.

Sumber: yahoo

Related Posts:

0 Response to "7 Fakta Bahwa Berdoa Membuat Tubuh Lebih Sehat"

Post a Comment

Hay sobat, jangan lupa tinggalkan komentar ya, karena komentar sobat sangat bermanfaat bagi kelangsungan blog ini.
Berkomentarlah dengan bijak tanpa menyinggung pihak lain, tanpa unsur sata dan pornografi.