16 Fakta Pernikahan Putra Presiden Jokowi, Gibran dan Selvi

16 Fakta Pernikahan Putra Presiden Jokowi, Gibran dan Selvi - Pada tanggal 11 Juni 2014 kemarin, jutaan pasang mata dari Sabang sampai Merauke mengarahkan pandangannya ke Kota Solo, Jawa Tengah. Yaitu pernikahan antara putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka dengan Putri Solo 2009, Selvi Ananda.
Berbeda dengan pernikahan-pernikahan putra dan putri presiden Indonesia lainnya, pernikahan putra bungsu Presiden Jokowi ini sangat sederhana dan jauh dari kesan mewah. Bila di bandingkan dengan pernikahan putra bungsu Presiden RI sebelumnya SBY, Ibas dan Alia pada tahun 2011. Pernikahan digelar mewah dan ekslusif di Bilangan Istana Cipanas.

Penyatuan dua insan berbeda ini memiliki beberapa fakta unik dan menarik yang mungki perlu kita ketahui. Apa sajakah itu? Berikut ini adalah 16 Fakta Pernikahan Putra Presiden Jokowi, Gibran dan Selvi,

1. Digelar pada 11 Juni 2015 di Gedung Graha Saba Buana, Solo, gedung milik Jokowi.

2. Selvi Ananda, yang kini sudah menjadi istri Gibran Rakabuming Raka merupakan mantan Putri Solo 2009.

3. Ada sekitar 3600 personil gabungan TNI dan Polri dikerahkan untuk mengamankan pernikahan yang kental bernuansa tradisional gaya Surakarta.

4. Cinta memang di atas segalanya, semua berjalan apa adanya, dan tidak ada yang ditutup-tutupi. Hal itu terbukti dari pilihan keluarga presiden Jokowi untuk bermantu dan berbesan dengan orang dari kalangan biasa.

5. Undangan total berjumlah 7000 undangan. Terdiri dari 4000 undangan untuk masyarakat dan dari kalangan relawan Jokowi, dan 3000 undangan untuk pejabat dan para tamu keluarga.

"16 Fakta Pernikahan Putra Presiden Jokowi, Gibran dan Selvi"

6. Pernikahan terdiri dari 5 sesi.
Sesi 1, 2, dan 3 diadakan antara jam 11.00 – 13.00 wib. Sedangkan Sesi 4 dan 5 diadakan antara jam 18.30 – 19.30 wib

7. Konsep Acara (event organizer)
Keseluruhan konsep acara pernikahan dibuat oleh Gibran sendiri. Seperti yang sudah kita ketahui, Gibran mempunyai usaha Event Organizer, memiliki gedung acara pesta, dan catering bernama Chili Pari di Solo.
Beberapa karyawan Gibran merupakan pensiunan PNS semasa pemerintahan Presiden Jokowi selagi menjabat sebagai walikota Solo.

8. Acara melibatkan 4 orang Mc, masing-masing 2 Mc di sesi siang dan 2 Mc di sesi malam. Semua merupakan karyawan Gibran sendiri.

9. Semua tamu tidak boleh bawa sumbangan apapun. Seperti yang tertulis di undangan, para tamu tidak diperbolehkan membawa sumbangan berupa apapaun.

10. Tidak ada agenda jabat tangan, diganti dengan foto bersama di Photo booth. Hal ini mengingat jumlah undangan yang sangat banyak, sehingga tidak memungkinkan jika seluruh tamu berjabat tangan dengan pengantin dan keluarganya. Jabat tangan diperboleh hanya untuk kalangan tertentu, seperti golongan tukang becak, pedagang pasar dan wong cilik di kota Solo.

"16 Fakta Pernikahan Putra Presiden Jokowi, Gibran dan Selvi"

11. Menu Makanan, semua menu adalah masakan khas jawa khususnya dari Kota Solo. Menu yang disajikan antara lain adalah nasi liwet, thengkleng, serabi Solo, dan yang paling unik dan paling spesial adalah martabak 16 rasa yang dibuat oleh pihak catering miliknya sendiri, Chili Pari.

12. Sarana Transportasi untuk keperluan mengantar para tamu undangan pesta pernikahan adalah becak yang berjumlah ratusan.

13. Rombongan mempelai pria berjalan kaki dari rumah menuju gedung pernikahan yang memang tidak begitu jauh.

14. Rombongan mempelai wanita menggunakan kereta kuda kesayangan milik bapak Jokowi, untuk menuju gedung pernikahan.

15. Mahar pernikahan Gibran-Selvy adalah seperangkat alat sholat, jauh dari bayangan kemewahan. Sebagai pembanding, mahar pernikahan salah seorang putra mantan presiden negeri ini adalah 40 ekor sapi.

"16 Fakta Pernikahan Putra Presiden Jokowi, Gibran dan Selvi"

16. Gedung Graha Saba Buwana yang digunakan sebagai tempat digelarnya resepsi pernikahan Gibran-Selvi merupakan Gedung bisnis Gibran sendiri. Cateringnya pun juga, yaitu Catering Chili Pari.

Itulah beberapa 16 Fakta Pernikahan Putra Presiden Jokowi, Gibran dan Selvi.
Terimakasih

Related Posts:

1 Response to "16 Fakta Pernikahan Putra Presiden Jokowi, Gibran dan Selvi"

Hay sobat, jangan lupa tinggalkan komentar ya, karena komentar sobat sangat bermanfaat bagi kelangsungan blog ini.
Berkomentarlah dengan bijak tanpa menyinggung pihak lain, tanpa unsur sata dan pornografi.