Fakta Menarik Mengenai Kopi

Fakta Menarik Mengenai Kopi - Kopi merupakan minuman yang memiliki banyak sekali penggemar di dunia. Minuman ini biasa diminum pada waktu pagi hari dan malam hari untuk waktu begadang. Namun tahukah Anda bahwa kopi memiliki sejuta fakta menarik yang perlu Anda ketahui, seperti bahwa kopi ditemukan pertama kali di daerah pegunungan afrika oleh kambing.. Wah kambing?
Berikut ini adalah Fakta Menarik Mengenai Kopi,

1. Kopi merupakan sumber kafein alami, yang mempunyai manfaat dan memberikan banyak nutrisi dan antioksidan. Teh dan coklat pun begitu.

2. Penelitian telah menunjukkan bahwa baik biji kakao utuh dan kopi memiliki kemampuan luar biasa untuk melindung otak. Bukti menunjukkan, masyarakat Amerika Latin yang sering minum kopi giling dari biji kopi utuh memiliki risiko kecil terkena Alzheimer dan penyakit Parkinson.

3. Kopi meningkatkan metabolisme hingga 20 persen, menurut penelitian. Bahkan bisa memicu mekanisme peremajaan jaringan otot.

4. Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi setara dengan dua cangkir kopi satu jam sebelum olahraga juga dapat membantu mengurangi risiko nyeri otot hingga 48 persen. Sebelum olahraga, kopi akan merangsang produksi energi dan pembakaran lemak.

5. Kafein melakukan pengambilan glutamat yang merupakan penghambatan di otak Anda, sehingga membuat Anda waspada dan siap beraktivitas.

6. Studi tahun 2004 yang dimuat dalam jurnal Diabetes Care. Disebutkan bahwa kafein tidak berbahaya untuk diabetesi karena menghalangi pemecahan glukosa. 

7. Studi tahun 2006 terhadap 28.812 wanita menemukan wanita yang minum 6 cangkir kopi dekafein memiliki risiko diabetes 22 persen lebih rendah dibanding yang bukan peminum kopi.

8. Dalam sebuah penelitian terungkap bahwa kopi akan meningkatkan kadar hormon seks pengikat globulin dalam darah (sex hormone binding globulin/SHBG).

9. Penelitian teranyar yang dilakukan tim dari Universitas California, Los Angeles dan membandingkan riwayat medis dan kebiasaan minum kopi 359 wanita penderita diabetes dan 359 wanita sehat selama 10 tahun.

10. Wanita yang minum empat cangkir kopi setiap hari memiliki level SHBG lebih tinggi dan risikonya untuk menjadi diabetesi turun hingga 56 persen dibanding yang tidak minum kopi.

"Fakta Menarik Mengenai Kopi"

11. Minum kopi yang diberi es mampu menetralisir efek dari kopi.

12. Kafein yang terisolasi tidak memberi manfaat kesehatan dari biji kopi dan dapat menjadi racun.

13. Pengeringan dan pemanggangan biji kopi berdampak negatif pada kesehatan. Anda dapat mendeteksi kualitas kopi dengan mencium aromanya. Kopi yang tidak memiliki aroma baik mungkin sudah basi dan tidak berguna jika dikonsumsi.

14. Minum kopi hitam, harus tanpa gula. Penambah gula tidak akan memberikan manfaat justru akan menyebabkan resistensi insulin.

15. Kopi merupakan zat pembentuk asam dalam tubuh Anda. Pengasaman yang berlebihan dalam tubuh bisa menyebabkan masalaha pada otot dan tulang, dan meningkatkan risiko terhadap penyakit degeneratif. Jadi, jika Anda minum kopi, pastikan asupan buah dan sayuran mentah yang tinggi untuk melawan keasaman kopi.

16. Minum kopi setelah berolahraga adalah tindakan yang salah.

17. Sebagian besar kopi yang dihasilkan telah terkontaminasi dengan pestisida. Untuk keamanan, Anda bisa membeli kopi organik yang bebas pestisida.

18. Kopi adalah zat kuat dan dapat mempengaruhi kelenjar adrenal. Jika Anda mengalami penurunan fungsi adrenal, sebaiknya hati-hati untuk minum kopi.

19. Kafein mempunyai pengaruh yang lebih banyak terhadap otak daripada minum Bir.

20. Kafein pada kopi berfungsi melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan metabolisme pada tubuh untuk membakar lemak.

"Fakta Menarik Mengenai Kopi"

21. Minum kopi dapat memberi manfaat bagi kesehatan, namun harus dalam batas-batas tertentu.

22. Ilmuwan di La Trobe University Melbourne Australia mengindikasikan, meminum kopi lima gelas atau lebih setiap hari dapat memicu halusinasi. Dalam suatu eksperimen, sejumlah relawan yang menenggak kafein kadar tinggi mengalami halusinasi pendengaran. Mereka mengaku seakan-akan mendengar lantunan musik, padahal lagu tersebut tidak diputar.

23. "Kombinasi kafein dengan stres dapat memengaruhi kecenderungan seseorang mengalami gejala mirip psikosis. (Professor Simon Crowe, La Trobe University).

24. Kafein mampu meningkatkan produksi asam di lambung, sehingga menimbulkan gangguan pencernaan.

25. Menghentikan konsumsi kafein secara tiba-tiba dapat menyebabkan sakit kepala yang bertahan hingga sembilan hari.

26. Bagi mereka yang kecanduan minum kopi dan ingin berhenti, dokter menyarankan mengurangi konsumsi secara bertahap selama empat minggu.

27. Ketika diuji coba terhadap laba-laba, kafein menyebabkan tidak sempurnanya jaring yang dibuatnya (NASA 1995).

28. Lebah juga menyukai kafein, untuk membantu kerja otaknya.

29. Studi terbaru menunjukkan bahwa kafein dapat membantu meningkatkan memori jangka panjang lebah.

30. Otak dapat menjadi tidak sehat jika sudah kecanduan kafein. Dalam reaksinya, kafein memblokir semua reseptornya, membuat otak lebih banyak mengikat target daripada adenosin saja dalam mengikat target. Ini berarti bahwa dari waktu ke waktu, kimia otak Anda berubah sehingga Anda akan perlu minum lebih banyak dan lebih kopi hanya untuk memiliki efek yang sama.

"Fakta Menarik Mengenai Kopi"

31. Kafein adalah stimulan pada sistem saraf pusat, dan seperti obat lain, penggunaan rutin kafein dapat menyebabkan ketergantungan fisik (kecanduan).

32. Di dalam kopi terdapat banyak antioksidan yang melindungi tubuh dari bahan kimia perusak  yang disebut "radikal bebas." Molekul-molekul ini menyebabkan penuaan dan berkaitan dengan penyakit seperti kanker dan penyakit jantung.

33. Penelitian NIH menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko penurunan Alzheimer, Parkinson, diabetes tipe 2 dan penyakit lainnya.

34. Menenggak kopi 80-100 cangkir sehari sama saja bunuh diri, hal itu disebabkan karena kafein yang terkandung dalam kopi yang kamu minum tersebut.

35. Studi membuktikan bahwa kita bisa mendapatkan antioksidan dari kopi, cukup satu atau dua cangkir kopi sehari, sudah bermanfaat.

36. Kafein bisa meningkatkan gairah seks perempuan. Ini baru terbukti pada tikus percobaan. Menurut ilmuwan, pada manusia kopi dapat meningkatkan pengalaman seksual namun hanya pada mereka yang tidak maniak kopi.

37. Kafein dalam kopi bisa mengurangi rasa sakit. Dosis sedang kopi, setara dengan dua cangkir kopi, mampu meredakan rasa sakit di otot setelah olah raga, demikian menurut sebuah studi kecil. Ini hanya berlaku untuk mereka yang bukan pecandu kopi.

38. Kafein bisa bikin kita begadang dan melek semalaman, terutama jika kita menenggak kopi yang memiliki kafein tinggi.

39. Banyak peminum kopi yang juga merupakan perokok berat, peminum (miras) berat dan pemakan daging, yang mana semua itu termasuk yang merugikan kesehatan Anda.

40. Kafein secara alami membentuk kristal kecil, sekitar 0,0016 inci.

"Fakta Menarik Mengenai Kopi"

41. Setelah Anda meminum kopi, hanya dibutuhkan sekitar 10 menit untuk kemudian bereaksi di tubuh Anda. Setelah sekitar 10 menit, konsentrasi kafein dalam darah Anda mencapai setengah konsentrasi maksimum, yang cukup berpengaruh. Kafein mencapai tingkat maksimum, membuat Anda paling waspada, setelah 45 menit. Tergantung pada seberapa cepat atau lambat tubuh Anda mampu memecah obat, Anda bisa merasakan efek kafein selama 3 sampai 5 jam.

42. Bentuk kafein mirip dengan molekul penting yang disebut "adenosin" yang mengatur fungsi otak. Kafein "meniru" adenosine dan mengikat target yang sama di otak.

43. Kopi yang dekafein masih mengandung kafein.
Walaupun istilahnya dekafein, alias bebas kafein, tetap saja kopi tersebut mengandung kafein. Kalau kita minum 10 cangkir kopi dekafein, sama saja dengan minum satu-dua cangkir kopi kafein.

44. Untuk mengurangi kadar kafein pada kopi dekafein, digunakan bahan kimia bernama "methylene chloride".

45. Kafein bukanlah bagian yang berasa pahit dari kopi, sebab kafein bukanlah komponen yang rasanya pahit.

46. Kopi yang bagus tergantung pada pembakaran dan peracikannya. Selama pembakaran, minyak yang tersimpan dalam biji kopi akan keluar. Makin banyak minyak ini keluar, makin kuat rasa kopinya. Munculnya kandungan kafein tergantung pada lamanya air berada di bagian dasar. Pembakaran yang makin lama juga menghasilkan kafein makin banyak.

47. Kopi pertama kali ditemukan oleh kambing, di pegunungan Afrika.

Itulah beberapa Fakta Menarik Mengenai Kopi dari Sejuta Fakta, di balik itu semua di ciptakannya kopi tentu saja agar bermanfaat bagi tubuh kita. Dan itu memang benar kopi sangat bermanfaat bagi. Tentu saja apapun yang berlebihan itu tidak baik untuk tubuh kita, seperti kopi di atas tadi. Makanya sebaiknya minumlah kopi sepantasnya saja, agar tubuh mendapat manfaatnya.
Terimakasih telah membaca artikel "Fakta Menarik Mengenai Kopi" dari Sejuta Fakta ini, sampai jumpa di artikel fakta berikutnya.

Related Posts:

0 Response to "Fakta Menarik Mengenai Kopi"

Post a Comment

Hay sobat, jangan lupa tinggalkan komentar ya, karena komentar sobat sangat bermanfaat bagi kelangsungan blog ini.
Berkomentarlah dengan bijak tanpa menyinggung pihak lain, tanpa unsur sata dan pornografi.