Terhindar Dari Penyakit Jantung Dengan 14 Hal Sepele


Terhindar Dari Penyakit Jantung Dengan 14 Hal Sepele
- Jantung adalah organ tubuh manusia yang berupa otot, berbentuk kerucut, berongga dan dengan basisnya di atas dan puncaknya di bawah. Berat jantung kira-kira 300 gram. Itulah pengenalan sedikit tentang jantung.
Tapi tahukah sobat, penyakit jantung merupakan penyebab kematian nomor satu pada orang dewasa di Amerika. Bahkan jumlah penderita penyakit ini terus bertambah, terutama serangan jantung. Serangan jantung sendiri adalah terhentinya aliran darah, meskipun hanya sesaat, yang menuju kejantung, dan mengakibatkan sebagian sel jantungmenjadi mati. Penyebab terbanyak serangan jantung diakibatkan penyumbatan pembuluh darah.
Untuk itu sebaiknya kita menjaga kesehatan mulai dari sekarang, terutama untuk kesehatan jantung. Bagaimana caranya? Caranya tidak usah yang mahal dan sulit, faktanya dengan hal-hal sepele ini kita sudah dapat membuat jantung sehat dan terhindar dari resiko penyakit jantung.
Tidak usah banyak basa basi lagi, sangsung saja baca artikel Terhindar Dari Penyakit Jantung Dengan 14 Hal Sepele berikut ini:

1. PERHATIKAN POLA TIDUR ANDA

Pola tidur yang baik juga menjadi faktor penting untuk mengurangi resiko penyakit jantung, seperti yang sudah di katakan dokter-dokter bahwa tidur yang tepat pada waktunya dan lamanya 8 jam sehari akan membuat tubuh sehat. Bagaimana jika tidur lebih dari 8 jam? Sebaiknya rubah menjadi 8 jam, karena faktanya orang yang tidurnya lebih dari 8 jam atau bahkan malah hingga 9 sampai 11 jam sehari, memiliki risiko 38 persen lebih tinggi menderita penyakit jantung. [Nurses Health Study].
Jika Anda ingin memiliki jantung yang sehat dan resiko terkena penyakit jantung terkurangi, tidurlah juga saat siang hari (Power Nap). Selain itu, tidur yang sebentar namun sering juga dapat mengurangi terkena serangan jantung yang berujung kematian hingga 37%. Satu lagi yang perlu Anda ketahui dalam tidur ini, menurut Henry Ford Hospital di Detroit, mendengkur dengan dapat membuat orang mati muda, hal ini karena orang yang mendengkur keras beresiko tinggi terkena serangan jantung dan stroke.

2. MEMELIHARA KUCING

Kucing merupakan hewan yang dapat membuat orang yang memeliharanya lebih sehat. Memelihara kucing dapat membuat hati kita senang, contoh saja saat kita jenuh atau ada masalah, kemudian melihat si peliharaan datang dengan tingkah dan kelakuannya yang lucu, maka tanpa sadar kita akan tertawa dan lupa seketika terhadap permasalahan yang kita alami. Dan saat Anda tertawa itulah resiko terkena penyakit jantung Anda terkurangi.
Selain itu, mendengar dengkuran kucing ternyata juga mempunyai efek mengurangi risiko penyakit jantung dan menstabilkan tekanan darah.

3. DONOR DARAH

Selain dapat membantu orang lain, donor darah ternyata juga dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung pada diri kita. Karena tanpa kita sadari saat donor darah akan mengurangi kadar besi yang tinggi pada tubuh, yang imbasnya bagus untuk kesehatan jantung. Apalagi untuk orang yang berusia 46-61 tahun, rutin mendonorkan darah setiap 6 bulan akan membuat jantung sehat dan terhindar dari serangan jantung.

4. BERLIBUR

Terlalu sibuk bekerja? Sebaiknya luangkan waktu Anda untuk berlibur dan menenangkan pikirian sejenak. Karena meluangkan waktu untuk liburan dapat menurunkan risiko penyakit jantung sampai 29 persen.

5. BERSEPEDA

Bersepeda masuk katagori olahraga, olahraga sendiri sangat bagus untuk kesehatan. Jika tujuan utama olahraga Anda adalah untuk mengurangi resiko terkena penyakit jantung, sebaiknya olahraganya tidak usah yang berat-berat, cukup dengan berkeringat dengan bersepeda. Karena faktanya bersepeda yang sedikitnya menempuh jarak 32 kilometer per minggu, dapat memotong risiko penyakit jantung hingga 50 persen.

6. BERJEMUR DI PAGI DAN SORE HARI

Sangat sepele sekali, hanya dengan berjemur di pagi sebelum jam 10 pagi dan sore hari setelah jam 3 sore sudah bisa mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Hal ini disebabkan karena pada jam-jam itu sinar matahari dapat memenuhi kebutuhan vitamin D tubuh harian, sehingga dapat mencegah penyakit jantung.

7. BUAT DIRI ANDA SELALU TERSENYUM DAN TERTAWA

Senyum dan Tertawa juga dapat mengurangi resiko terserang penyakit jantung. Berdasarkan penelitian, seseorang yang sering tertawa memiliki risiko penyakit jantung 40 persen lebih rendah dibandingkan dengan orang yang murung. Hal ini disebabkan karena tertawa dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah dan membuat darah mengalir lancar, sehingga membuat jantung bekerja dengan baik. Tetapi ingat, kebanyakan senyum atau tertawa juga tidak baik. Kenapa? Soalnya nanti kalau di kira orang gila. Hahaha

8. PERHATIKAN MAKANAN ANDA

Makan adalah kebutuhan pokok, makanan dapat membawa berbagai manfaat yang baik, jika kita makan makanan yang baik baik pula. Tapi juga tidak baik untuk tubuh dan akan membawa penyakit, karena kita makan makanan yang tidak baik. Disitulah letak permasalahan utama dan yang berpengaruh besar terhadap kesehatan tubuh. Makanan yang sepele namun dampak negatif yang serius terhadap tubuh terutama penyakit jantung adalah memakan makanan yang instan. Mengapa sih mereka melakukan ini, padahal mereka tahu apa dampaknya memakan makanan ini. Entah, karena sibuk bekerja atau karena malas, orang Indonesia sekarang ini lebih suka memakan makanan yang serba praktis atau instan. Sebenarnya memakan makanan yang instan boleh dan sah-sah saja, namun harus tetap pada porsinya dan sebaiknya memakan makanan yang instan itu maksimal 1 kali dalam 2 minggu, atau jika tidak betah 1 kali seminggu. Tapi lebih jarang lagi lebih bagus, apalagi kalau menghindari.
Sobat, perlu Anda ketahui bahwa mengonsumsi makanan cepat saji lebih dari 4 kali seminggu berisiko terserang penyakit jantung hingga 80 persen, nah lho.
Cobalah mulai sekarang untuk memakan makanan yang tidak instan dan lebih sehat, tidak usah yang mewah-mewah dan mahal. Makan nasi, ikan, sayur, daging, dll. Berbicara soal daging, daging yang baik untuk mengurangi resiko terkena penyakit jantung adalah daging ayam. Karena daging ayam mengandung vitamin B6, yang bertanggungjawab untuk menurunkan tingkat Homosistein, yaitu asam amino yang menyebabkan penyakit jantung.
Selain itu makanlah cokelat, coklat mengandung Flavonoids, yaitu sebuah zat yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan juga dapat menurunkan tekanan darah.

9. MANDI

Cara mandi Anda juga dapat berpengaruh pada kesehatan jantung Anda. Pada saat anda mandi, pada siraman pertama sebaiknya jangan lakukan dengan mengguyur kepala duluan secara langsung, apalagi saat waktu mandi Anda malam hari dan menggunakan air dingin. Sebaiknya Anda hindari hal sepele ini, karena akan membuat Anda beresiko terkena penyakit jantung dan juga stroke.
Itu tadi yang sebaiknya Anda hindari saat mandi, kemudian yang berikut ini hal sepele yang ternyata bagus untuk mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Adalah bernyanyi saat mandi, apakah benar? Ya, mandi sambil bernyanyi sangat bagus karena tak terasa dapat membuat stress Anda hilang dan membuat hati bahagia, dan meningkatkan imun tubuh. Apalagi kalau mandinya dibawah shower, pasti seger banget.

10. HINDARI ROKOK

Banyak orang berkata, merokok sama dengan membakar uang. Hal ini memang benar, apa coba manfaatnya? Sudah bakar uang tak dapat manfaat tapi malah dapat tubuh tak sehat. Rokok sangat tidak baik untuk kesehatan, tak hanya dalam pernafasan tapi juga kesehatan jantung. Merokok pun juga dapat membuat orang-orang disekitar menjadi terkena imbas negatifnya. Fakta perokok pasif dapat terkena risiko penyakit jantung sebesar 25-30 persen, tentu saja ya karena ikut menghirup asap si perokok itu. So jika kalian merokok, cobalah untuk belajar tidak merokok yang tidak hanya merugikan Anda sendiri tapi juga orang lain. Bagi kalian yang tidak suka merokok, hindari orang yang sedang merokok atau bisa juga gunakan masker.

11. JANGAN TERLALU LAMA DUDUK

Memang, menurut penelitian jam maksimal seseorang untuk duduk adalah 4 jam. Mereka yg duduk lebih lama akan rawan terkena penyakit jantung, penyakit kanker, dan diabetes. Jadi sebaiknya jangan terlalu lama duduk agar tidak terkena penyakit jantung.

12. SEGERA KENCING SAAT MERASA INGIN KENCING

Jangan menahan kencing, jika sudah terasa ingin kencing ya segeralah untuk kencing. Perlu Anda ketahui kalau kebiasaan menahan kencing dapat memicu kanker kandung kemih, stroke, dan juga penyakit jantung. Ini hal sepele, tapi cobalah untuk tidak menahan kencing Anda.

13. HIDUPLAH TANPA DENDAM

Ada masalah dalam kehidupan Anda? Sebaiknya selesaikan baik-baik tanpa ada rasa benci bahkan hingga dendam. Faktanya orang yang menyimpan rasa dendam berisiko terkena penyakit jantung hingga 47%. Apalagi kalau dendam yang dipendam bertahun-tahun.

14. TAAT PADA AGAMA

Ini merupakan cara paling jitu dan obat penyakit jantung paling mujarab. Kenapa bisa? Bisa, karena dalam agama bukan hanya mengajarkan step by step bagaimana kita sukses menuju akhirat nanti. Dalam urusan duniawi agama juga mengajarkan bagaimana agar kita bisa hidup dengan baik, seperti bagaimana kita untuk hidup sehat, untuk belajar kesabaran, disiplin dll. Disitulah letak poinnya, jika seseorang yang taat pada agama pasti akan mengamalkannya dalam kehidupan nyata. Ya sepeti berusaha hidup sehat, menjaga diri, melatih kesabaran, dll, itu tadi. Ya imbasnya banyak hal positif yang akan didapatkan, contohnya ya jantung jadi lebih sehat karena kita menjaga kesehatan dan kesabaran.
Saya tidak mau panjang lebar soal ini, karena saya bukan seorang penceramah yang ahli agama dan blog ini pun juga bukan blog tentang agama. Saya percaya sobat yang membaca ini pasti sudah gede dan bisa berfikir dengan logika, dan tahu apa yang saya maksud.

Demikianlah sedikit informasi bagaimana mengurangi resiko penyakit jantung dalam artikel Terhindar Dari Penyakit Jantung Dengan 14 Hal Sepele ini.
Semoga bermanfaat, jaga jantungmu sob!!!

Related Posts:

0 Response to "Terhindar Dari Penyakit Jantung Dengan 14 Hal Sepele"

Post a Comment

Hay sobat, jangan lupa tinggalkan komentar ya, karena komentar sobat sangat bermanfaat bagi kelangsungan blog ini.
Berkomentarlah dengan bijak tanpa menyinggung pihak lain, tanpa unsur sata dan pornografi.