10 Wisata Pantai di Kabupaten Wonogiri

Wonogiri adalah salah satu Kabupaten di provinsi Jawa Tengah, berkunjung ke Kota yang dijuluki Kota Gaplek ini tak lengkap jika tidak mampir di tempa-tempat wisatanya. Bukan hanya Waduk  Gajah Mungkur dan Museum Karst saja, Kabupaten Wonogiri juga memiliki tempat wisata alam pantai yang banyak lho. Apa saja, berikut ini adalah 10 Wisata Pantai di Kabupaten Wonogiri :

1. Pantai Nampu

Pantai Nampu merupakan obyek wisata pantai andalan yang dimiliki kabupaten Wonogiri. Terletak di Desa Dringo, Kelurahan Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, yaitu berjarak sekitar 70 km dari kabupaten kota Wonogiri. Pertama. Jika Anda dari Surakarta dan ingin berkunjung ke Pantai Nampu Anda dapat melalui jalur ini, dari Surakarta ambil jalur Kota Wonogiri - Kecamatan Paranggupito - Perempatan Giri Belah - Kecamatan Paranggupito. Namun jika Anda dari Yogyakarta dapat melewati jalur ini, Jogjakarta - Wonosari - Kecamatan Manyaran - Pertigaan Cengkal Wuryantoro belok kiri - Perempatan Pracimantoro belok kiri - Perempatan Giri Belah - Kecamatan Paranggupito.Keempat. Dari Gunung Kidul, Yogyakarta - Perempatan Pracimantoro belok kanan - Perempatan Giri Belah - Paranggupito.  Untuk tiket masuknya Rp 2.000, parkir kendaraan Rp 2.000.

2. Pantai Sembukan

Pantai Sembukan di Kabupaten Wonogiri juga disebut gerbangnya Nyi Roro Kidul. Disini ada legenda tentang percintaan Nyi Roro Kidul. Alamat atau lokasi Pantai Sembukan berada di Desa Sembukan, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Provinsi JawaTengah. Fasilitasnya juga komplit, seperti tempat ibadah, toilet, dan tempat parkir. Disini juga terdapat gardu pandang yang bisa Anda naiki untuk melihat pemandangan indah Pantai Sembukan dan luasnya pantai selatan.

Pantai ini berjarak sekitar 40 km atau 2 jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor dari kabupaten kota Wonogiri dan berjarak kurang lebih 3,5 km dari kantor Kecamatan Paranggupito. Dari Yogyakarta - Wonosari - Manyaran - Pertigaan Cengkal Wuryantoro belok kanan - Perempatan Pracimantoro belok kiri - Perempatan Giri Belah - Kecamatan Paranggupito. Dari Surakarta - Kabupaten Wonogiri - Kecamatan Paranggupito.

3. Pantai Pringjono

Pantai Pringjono merupakan tempat wisata alam yang terletak di Desa Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri. Pantai ini masih kalah populer dengan Pantai Nampu yang juga berada di Kabupaten Wonogiri. Hal ini disebabkan karena Pantai Pringjono letaknya masih tersembunyi, statusnya yang masih baru, belum banyak blogger yang mempublikasikan dan membuat artikel postingan untuk pantai ini. Di pantai ini juga belum ada fasilitas apapun, bahkan untuk menuju kesini Anda harus berjalan kaki dulu dari tempat parkir kendaraan. Namun disitulah letak keindahan dan kemolekannya, karena disini semuanya akan terlihat masih alami dan seperti berada di pantai milik peribadi.

Rute perjalanan dari Yogyakarta menuju Pantai Pringjono:
Dari Yogyakarta - Wonosari -Bukit Bintang - Pantai Ngobaran. Nah, sesampainya di Pantai Ngobaran ataupun Pantai Nguyahan, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki.
Rute perjalanan dari Kota Wonogiri menuju Pantai Pringjono :
Pusat kota Wonogiri - Perempatan Kecamatan Pracimantoro - Giribelah belok kanan - Paranggupito - Pantai Nampu. Setelah sampai di Pantai Nampu tanya warga untuk mencapai pantai ini, Letak pantai ini kurang lebih 5 menit dari Pantai Nampu.

4. Pantai Karang Payung

Terletaak di Desa Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, pantai ini memiliki lokasi di sisi barat Pantai Waru.Dari Wonogiri kota, pengunjung harus menempuh sekitar 40 menit dengan sepeda motor menuju pantai Nampu. Lalu dilanjutkan berjalan kaki sekitar 15 menit ke lokasi. Nama Karang Payung diambil dari adanya sebuah gua dangkal berukuran sekitar sepuluh meter. Dari dalam gua, ketika melihat ke arah selatan akan tampak hamparan batuan karang dengan latar belakang lautan lepas. Tidak hanya batuan karang, tumpukan batu besar juga berada di sisi sebelah timur. Satu titik juga terdiri dari pasir putih yang tidak luas, hanya sekitar lima langkah saja.

Terdapat dua sisi pantai di sini, kedua pantai itu hanya terpisahkan deburan ombak. Begitu ombak surut, segera saja berlari menuju sisi barat. Tidak perlu takut terhempas ombak, karena jarak yang harus diseberangi hanya sekitar empat meter. Di sisi utara semuanya berupa tebing curam dengan ketinggian antara sepuluh hingga lebih dari 30 meter.  Kabar baik untuk para traveller, karena dalam waktu dekat pihak desa bakal menggarap pantai ini sebagai tempat wisata.

5. Pantai Puyangan

Pantai Puyangan merupakan tempat wisata alam indah yang tersembunyi di Kabupaten Wonogiri, keberadaannya jarang diketahui karena pantai ini bukan merupakan kawasan wisata. Pantai Puyangan merupakan kawasan pantai yang berada di Desa Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, JawaTengah. Pantai Puyangan masih satu lokasi dengan Kawasan Wisata Pantai Nampu, posisinya tepat berada di sebelah barat kawasan Pantai Pringjono. Pantai Puyangan diapit oleh dua buah tebing dengan garis pantai yang cukup luas memanjang sekitar 100-200 meter. Kondisi kawasan Pantai Puyangan sangatbersih, tidak tampak sampah betebaran atau bersembunyi dibalik pasir pantai. Selain itu pasir pantainya sangat lembut dan nyaman untuk digunakan bermain pasir. Pohon pandan laut khas pantai selatan tumbuh lebat dan memanjang dari kedua ujung pantai. Deburan ombak cukup besar khas pantai selatan yang menghadap ke samudera.

Belum ada informasi dan papan petunjuk arah menuju ke kawasan pantai ini. Pengunjung harus bertanya terlebih dahulu kepada penduduk sekitar atau petugas parkir Pantai Nampu mengenai lokasi Pantai Puyangan ini. Akses jalan menuju Pantai Puyangan hanya dapat dilakukan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak dari kawasan Pantai Nampu. Kendaraan Anda bisa diparkir di kawasan Pantai Nampu

6. Pantai Waru

Objek wisata Pantai Waru terletaak di Desa Gunturharjo, Kecamatan Pranggupito,Kabupaten Wonogiri, Propinsi Jawa Tengah. Pantai waru memiliki pasir pantai yang berwarna putih bersih, sehingga kamu dapat bermain pasir sepiasnya. Selain itu Anda bisa mancing ikan laut. Disini terdapat muara Sungai Waru yang memiliki air jernih dan bersih dari sampah. Disini juga terdapat fasilitas yang cukup lengkap, seperti tempat ibadah, toilet, dan tempat parkir. Tiket masuk ke pantai Waru yakni Rp 2.000, sampai Rp 3.000,- per orang.

7. Pantai Banyutowo.

Pantai Banyutowo adalah pantai istimewa di Kabupaten Wonogiri, karena pantai ini memiliki air tawar yang tidak asin yang bersumber dari air bawah tanah yang bermuara di Pantai. Seperti kita ketahui bahwa di wilayah Wonogiri terdapat hamparan karst yang sagat luas. karst ini sangat memungkinkan pembentukan air bawah tanah di bawah permukaan. Selain air tawarnya,daya tarik wista pantai Banyutowo ini adalah pemandangannya yang indah. Dalamsatu kawasan sebenarnya tidak hanya terdapat Patai Banyutowo saja, namun juga ada pantai lainnya seperti Pantai Mbut Manis, Watu Miring, Pringjawa, dan Pantai Kijingan. Berikut adalah beberapa informasi tentangTempat Wisata Pantai Banyutowodi Wonogiri Jawa Tengah.Lokasi Tempat Wisata Pantai BanyutowoTempat Wisata Pantai Banyutowo terletak di Desa Gudangharjo Kecamatan Paranggupito Kabupaten Wonogiri Jawa Tengah. Untuk perjalanan darat biasanya diperlukan 4 jam dari pusat Kota Wonogiri.Fasilitas Tempat Wisata Pantai BanyutowoTempat Wisata Pantai Banyutowo bisa dibilang belum banyak dilakukanpembangunan oleh Pemerintah daerah sehingga fasilitas yang dibangun juga masih minim. Perlu usaha dari dinas terkait agar tempat wisata pantai di Wonogiri inibanyak dikunjungi masyarakat. Namun disisi lainnya pantai yang masih tergolong sepi ini menjadikan keistimewaan tersendiri karena belum banyak pengunjung jadi bisa lebih tenang.

8. Pantai Klothok

Tak jauh dari Pantai Sembukan terdapat Pantai Klothok, pantai Klothok ini memiliki garis pantai dan lebar bibir pantai sangat pendek. Di pinggir pantai terdapat dinding tebing yang keren dan cocok untuk selfie.

9. Pantai Kalimirah

Pantai Kalimirah merupakan salah satu tempat wisata alam Kabupaten Wonogiri yang terletak di Dusun Dawung, Desa Gudangharjo, Kecamatan Paranggupito. Rumor mengatakan bahwa di pantai inilah pelabuhan domestik di pantai selatan akan didirikan.

10. Pantai Nglojok

Pantai Nganjlok terletak di Desa Paranggupito, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri. Pantai Nganjlok ini lebih dikenal sebagai tempat pemancingan laut dari pada wisata pantainya.

Nah itulah 10 Wisata Pantai di Kabupaten Wonogiri. Datang ya guys ke Kota Gaplek yang menjadi tempat kelahiranku dan tempat hidupku. Mampir kerumahku juga boleh.. Hehe
Sekian, terimakasih.

Related Posts:

3 Responses to "10 Wisata Pantai di Kabupaten Wonogiri"

  1. wah di 1 daerah aja ada 10 pantainya gan,seindonesia ada berapa pantai ya :D

    BalasHapus
  2. Mantep ni gan. rekomendasi liburan untuk tahun baru hehe, ijin share

    BalasHapus
  3. Wah... ada tambahan lokasi tempat wisata lagi nih...
    BTW tambahkan gambar makin jos...
    Salam,

    BalasHapus

Hay sobat, jangan lupa tinggalkan komentar ya, karena komentar sobat sangat bermanfaat bagi kelangsungan blog ini.
Berkomentarlah dengan bijak tanpa menyinggung pihak lain, tanpa unsur sata dan pornografi.