Fakta Unik Dan Dampak Positif Negatif Keringat

Fakta Unik Dan Dampak Positif Negatif Keringat - Halo sobat pembaca setia blog Sejuta Fakta, bagaimana kabarmu hari ini?
Hari ini blog Sejuta Fakta akan mengupas tuntas sebuah artikel yang berkaitan dengan kesehatan manusia, yakni keringat. Mulai dari dampak positif dan negatif keringat hingga fakta unik tentang keringat yang belum kamu ketahui.
Seperti apa? Langsung saja..

Apa Itu Keringat?
Keringat adalah cairan atau air yang dikeluarkan oleh kelenjar keringat pada kulit kita. Keluarnya keringat memiliki fungsi mendinginkan suhu tubuh yang meningkat akibat cuaca panas dan aktivitas berlebih. Selain akan keluar saat suhu tubuh meningkat, kelenjar keringat pada kulit kita juga akan mengeluarkan keringat secara berlebih saat gugup, mual, dan takut. Namun saat tubuh dalam kondisi tidak fit atau demam, keringat yang dihasilkan tubuh juga akan menurun.

Kandungan Utama Keringat
Kandungan utama dalam keringat itu sendiri yakni natrium klorida (bahan utama garam dapur), juga 2-metilfenol (o-kresol) dan 4-metilfenol (p-kresol). Sehingga tidak aneh kalau keringat itu terasa asin.

Macam Kelenjar Keringat
Kelenjar keringat dibagi menjadi dua, yaitu:

1. Kelenjar Keringat Ekrin.
Terdapat diseluruh permukaan tubuh, tetapi lebih banyak terdapat pada telapak tangan, telapak kaki, dan wajah.
Memiliki fungsi mengatur suhu tubuh dan keringat yang dihasilkan adalah air yang mengandung berbagai macam garam.

2. Kelenjar Keringat Apokrin
Adalah kelenjar keringat yang menghasilkan keringat yang mengandung lemak. Terletak di ketiak dan sekitar alat kelamin. Aktivitas kelenjar ini menghasilkan bau karena aktivitas bakteri yang memecah komponen organik dari keringat yang dihasilkannya.

Dampak Positif Keringat

1. Menyembuhkan Penyakit
Berkeringat merupakan cara tubuh dalam memberitahu sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit. Sehingga ketika sedang sakit, kulit mengeluarkan keringat itu tidak aneh. Karena sebenarnya keluarnya keringat pada saat sakit itu adalah cara tubuh dalam berusaha menyembuhkan dirinya sendiri.

2. Dapat Mencegah Asma
Sebuah penelitian dari Universitas Michigan mengatakan bahwa berkeringat dapat membantu menurunkan resiko terjadinya asma. Nah, jika kalian memiliki penyakit asma maka lakukan aktivitas yang akan membuat tubuh Anda berkeringat lebih banyak. Semakin banyak Anda berkeringat itu semakin baik, karena semakin Anda berkeringat, semakin rendah resiko Anda mengalami asma.

3. Meningkatkan Mood dan Menurunkan Stress
Memiliki masalah dalam kehidupan, bad mood, penat, dan stress karena pekerjaan?
Berolahragalah!
Dengan berolahraga akan mampu mengatasi keluhan-keluhanmu diatas. Berolahraga akan mengeluarkan keringat yang memiliki efek positif. Karena pada saat berkeringat tubuh Anda juga akan melepaskan Endorfin dan bahan kimia lainnya, yang secara alamiah meningkatkan mood dan menurunkan stres. Selain itu dengan berolahraga Anda akan melupakan masalahmu, setidaknya untuk sementara,  dan juga membuat hidupmu lebih sehat.

4. Melawan Infeksi
Berkeringat dapat menangkis methicillin-resistant Staphylococcus aureus, atau lebih dikenal sebagai MRSA, sebuah bakteri jahat yang bertanggung jawab untuk beberapa infeksi yang sulit diobati. "Keringat telah terbukti memainkan peran penting dalam memerangi bakteriberbahaya dan jamur pada kulit," kata Adam Friedman, M.D., FAAD, dokter di Pusat Dermatology. Itu karena keringat mengandung nitrit, di mana setelah mencapai permukaan kulit akan mengkonversi menjadi oksida nitrat, gas kuat dengan sifat spektrum anti-bakteri dan anti-jamur. "Keringat juga mengandung antibiotik atau peptida antimikroba alami yang disebut DermIcidin, yang dapat membunuh MRSA dan bakteri buruk lainnya yang ada di permukaan kulit," kata Friedman.

5. Memperlancar Sirkulasi Darah.
Jantung adalah organ paling penting yang mensuplay darah kesemua anggota tubuh. Sehingga kesehatan jantung adalah hal penting yang harus diperhatikan dan dijaga. Pasalnya kematian akibat penyakit jantung semakin hari semakin bertambah saja jumlahnya. Nah apa kamu mau mati karena penyakit jantung? Tentu saja tidak kan, makanya atur pola hidup untuk lebih sehat. Pola hidup sehat berkaitan banyak, termasuk berolahraga. Olahraga sendiri adalah sebuah aktivitas menggerakan tubuh yang akan membuat otot panas dan mengeluarkan keringat. Nah, pada saat aktivitas itulah jantung akan melakukan pemompaan darah dengan cepat dan bekerja lebih keras untuk meningkatkan sirkulasi darah. Mekanisme ini bermanfaat bagi kesehatan jangka panjang jantung Anda, karena jantung Anda akan lebih terlatih dan kuat.

6. Mempercantik Kulit
Berkeringat dapat membersihkan pori-pori kulit, sehingga membuat kulit terlihat cerah dan halus. Berkeringat juga mengandung sejumlah kecil antibiotik yang dapat melawan bakteri yang ditemukan secara alami pada kulit. Banyak berkeringat juga dapat memperlambat tanda-tanda penuaan dini dan mengurangi efek kerusakan kulit.

7. Membuang Racun Dari Dalam Tubuh.
Manusia memiliki 2 juta hingga 5 juta kelenjar keringat yang dapat memainkan peran penting dalam menghilangkan banyak zat beracun yang ada di tubuh, seperti kadmium, aluminium, dan mangan. Ini adalah alasan utama mengapa berkeringat dianggap sebagai detoxicant (penetralisir zat beracun).

8. Mengatur Suhu Tubuh
Seperti yang sudah dibahas diawal tadi, keringat membuat berfungsi mengatur suhu tubuh manusia. Saat tubuh mengalami peningkatan suhu, baik akibat panas matahari atau akibat aktivitas, kelenjar keringat akan bereaksi dengan mengeluarkan keringat untuk mendinginkan tubuh kembali.

9. Membakar Lemak/Kalori
Bukan rahasia lagi kalau keluarnya keringat dari tubuh itu dapat membantu membakar lemak/kalori. Hasilnya orang yang rutin berkeringat akan memiliki timbunan lemak/kalori sedikit. Sehingga akan membuat tubuh lebih sehat dan ideal.

Dampak Negatif Keringat

1. Membuat Kulit dan Baju Terlihat Basah dan Lembab
Pada saat berolahraga atau melakukan aktivitas berkerja yang menguras tenaga, tentu akan membuat tubuh berkeringat lebih banyak. Sehingga kulit kita akan basah dan baju yang kita pakai pun juga ikut basah dan lembab. Hal ini tentu saja akan membuat kepercayaan diri kita berkurang, apalagi kalau ada lawan jenis yang melihat kita. Apesnya lagi gebetan.

2. Meninggalkan Bercak Keputihan atau Kekuningan Pada Pakaian
Ya, tentu saja. Setelah pakaian kering, pakaian yang kita gunakan akan meninggalkan bercak putih atau kuning. Hal ini disebabkan karena keringat mengandung garam. Nah, buat kamu yang punya banyak keringat dan tidak ingin kejadian seperti ini, sebaiknya gunakan pakaian berwarna cerah. Karena bercak tersebut akan tersamarkan. Jangan pakai baju hitam loh ya..

3. Menyebabkan Gatal
Keringat yang berlebihan juga dapat menyebabkan gatal-gatal dan kemerahan pada kulit.

4. Memicu Tumbuhnya Mikroorganisme Berbahaya.
Keringat dapat menciptakan lingkungan yang tepat untuk tumbuhnya beberapa mikroorganisme berbahaya seperti jamur. Buat kamu yang kulitnya tidak ingin dihuni mikroorganisme berbahaya, tetap jaga kebersihan kulit ya.

5. Bisa Membunuhmu
Siapa sangaka keringat juga membunuh manusia. Seperti yang dialami oleh tetangga saya, seorang wanita berusia sekitar 45 tahun. Ia terjatuh dan tak tersadarkan diri setelah mandi dengan air dingin dalam kondisi tubuh masih berkeringat banyak. Kemudian membuatnya koma beberapa hari disebuah rumah sakit di Wonogiri, kemudian sehat dan koma lagi, dan akhirnya meninggal dunia. Nah, ini sebuah peringatan bagi Anda, jangan mandi menggunakan air dingin saat tubuh masih berkeringat. Namun bila ingin mandi setelah berkeringat banyak, tunggulah sejenak sebelum mandi dan gunakanlah air hangat ketika mandi.

Fakta Unik Keringat

Keringat yang kita hasilkan setiap aktivitas itu juga memiliki beberapa fakta unik loh, apa saja itu?
Berikut ini adalah fakta unik keringat;

Fakta Unik Keringat ke-1
Bagian tubuh yang paling aktif berkeringat adalah bagian kaki, sedangkan bagian tubuh yang paling minim dari keringat adalah punggung. Sebab jumlah kelenjar keringat di bawah kaki paling banyak dibandingkan area tubuh lainnya.

Fakta Unik Keringat ke-2
Setiap orang memiliki kadar keasinan keringat yang berbeda. Ciri orang yang memiliki kadar keringat asin yakni akan terasa pedih jika keringat mengenai mata. Selain itu, terdapatnya garis putih pada pakaian yang dikenakan. Biasanya tanda tersebut terlihat setelah baju yang terkena keringat sudah kering.

Fakta Unik Keringat ke-3
Keringat stress memiliki bau yang paling mengganggu. Keringat ini diproduksi oleh kelenjar pocrine, yang terletak di area tubuh yang banyak ditumbuhi rambut, seperti ketiak dan pangkal paha. Komposisi keringat stres sendiri terdiri dari protein dan asam lemak yang menimbulkan aroma tajam. Sebaliknya, keringat biasa hanya terdiri dari air, garam, dan potasium yang memiliki sifat mudah menguap setelah mendinginkan tubuh.

Fakta Unik Keringat ke-4
Keringat orang yang memakan makanan vegetarian memiliki aroma lebih wangi dibandingkan keringat orang yang memakan makanan lain. Terbukti dari sebuah studi yang dilakukan oleh Jan Havlicek dan Pavlina Lenochova dari Charles University tahun 2006, mengungkap bahwa wanita vegetarian memiliki aroma keringatyang lebih wangi dan tidak mengganggu dibandingkan mereka yang rutin mengonsumsi daging.

Fakta Unik Keringat ke-5
Keringat seorang pria juga dapat berfungsi sebagai feromon, yakni sebuah zat kimia yang memiliki fungsi merangsang gairah s3ksual wanita.

Fakta Unik Keringat ke-6
Wanita memiliki kelenjar Keringat lebih banyak daripada pria, namun kelenjar keringat pada pria lebih efektif bekerja dibandingkan kelenjar keringat wanita. Dalam jurnal penelitian Experimental Psycology,telah dilakukan sebuah penelitian tentang keringat terhadap 37 orang pria dan wanita. Sebagian para sukarelawan tersebut diminta untuk melakukan aktifitas bersepeda selama satu jam untuk mengukur seberapa banyak keringat yang dikeluarkannya serta apa efeknya bagi tubuh. Kesimpulan akhir dari penelitian ini sangat mengejutkan sekali, dimana ternyata volume keringat pria jauh lebihbanyak dibandingkan volume keringat wanita.

Fakta Unik Keringat ke-7
Makanan Pedas Tubuh Berkeringat. Ketika Anda menyantap makanan pedas yang kaya akan capsaicin, sistem metabolisme tubuh dan suhu tubuh secara alami juga akan meningkat. Oleh karena itu, produksi keringat akan diaktifkan untuk mendinginkan tubuh.

Oke saya kira segitu dulu, yang lain dilanjutkan lain waktu. Soalnya udah capek ngetik dan mikirnya. Hehehe..
Terimakasih, semoga bermanfaat..

Gambar: awetmudatips,com

Related Posts:

0 Response to "Fakta Unik Dan Dampak Positif Negatif Keringat"

Post a Comment

Hay sobat, jangan lupa tinggalkan komentar ya, karena komentar sobat sangat bermanfaat bagi kelangsungan blog ini.
Berkomentarlah dengan bijak tanpa menyinggung pihak lain, tanpa unsur sata dan pornografi.