Kupas Tuntas Manfaat Buah Nangka, Wajib Baca!!!


Manfaat Buah Nangka - Buah Nagka merupakan nama buah dari pohon nangka yang berasal dari India. Termasuk buah yang masuk dalam suku Moraceae dan bernama ilmiah Artocarpus heterophyllus. Pada umumnya pohon nangka memiliki tinggi sekitar 20 meter dan memiliki getah putih di semua bagian tubuhnya. Pohon nangka berdaun tunggal dan berumah satu (monoecious).

Pohon nangka memiliki buah majemuk (syncarp) yang berbentuk gelendong memanjang, seringkali tidak merata, panjangnya hingga 100 cm, berat 3-30 kg, diameter 10 cm – 60 cm, 25-75 cm. Pada sisi luar membentuk duri pendek lunak. Apabila masak, daging buah nangka akan berwarna kuning keemasan, berbau harum manis, berdaging, kadang-kadang berisi cairan (nektar) yang manis. Didalam daging buah terdapat biji berbentuk bulat lonjong sampai jorong agak gepeng dan memiliki panjang 2–4 cm.


Pemanfaatan Buah Nangka Untuk Kuliner

Dari segi kuliner, buah nangka sangat digemari masyarakat Indonesia. Tentunya hal tersebut dijadikan para penjual makanan untuk membuat kreasi aneka makanan yang berasal dari buah nangka.
Berikut ini adalah pemanfaatan buah nangka:

1. Pemanfaatan Daging Buah Nangka
Daging buah nangka yang matang paling nikmat dimakan dalam keadaan segar, biasanya dicampur dalam es atau dijadikan jus. Selain itu, buah nangka juga dimanfaatkan menjadi aneka jenis makanan daerah, seperti dodol nangka, kolak nangka, selai nangka, nangka-goreng-tepung, keripik nangka, dan lain-lain. Tidak hanya itu saja, buah nangka juga digunakan sebagai pengharum es krim dan minuman, juga dijadikan madu-nangka, konsentrat atau tepung.

2. Pemanfaatan Biji Buah Nangka
Biji nangka disebut juga dengan nama "beton". Mengandung karbohidrat dan mengenyangkan bila dimakan. Biasanya biji nangka ini direbus atau digoreng sebelum dimakan. Tetapi bisa juga dijadikan kolak nangka. Selain itu juga bisa dijadikan tepung.

3. Pemanfaatan Buah Nangka Muda
Buah nangka muda sangat digemari sebagai bahan sayuran, berikut ini kuliner khas daerah yang menggunakan buah nangka muda:
» Gulai cubadak, yaitu gulai berbahan nangka muda (Minangkabau, Sumatra)
» Sayur asam (Jawa Barat)
» Sayur lodeh, sayur megana, oseng-oseng gori, dan jangan gori (Jawa Tengah).
» Gudeg (Jogjakarta)
» Bongkol bunga jantan, disebut babal atau tong tolang yang kerap dijadikan bahan rujak (Jakarta)



Manfaat Buah Nangka Untuk Kesehatan

Selain 3 manfaat diatas, buah Nangka juga memiliki manfaat dari segi kesehatan. Apa sajakah itu?
Berikut ini adalah manfaat buah nangka dari segi kesehatan:

Baca Juga: Fakta Manfaat Buah Lemon

1. Membuat Awet Muda dan Mencegah Kanker
Buah nangka mengandung fitonutrien seperti lignan, isoflavon dan saponin yang mempunyai sifat anti-kanker dan anti-penuaan. Fitonutrien juga dapat membantu menhilangkan radikal bebas penyebab kanker dari dalam tubuh. Selain itu phyto-nutrisi dan vitamin C juga bisa memperlambat degenerasi sel untuk mencegah tubuh dari penyakit degeneratif.

2. Melancarkan Darah dan Mencegah Anemia
Buah nangka mengandung zat besi, yang mampu melancarkan sirkulasi darah dan mencegah anemia.

3. Menyembuhkan Penyakit Asma
Akar adalah obat yang baik bagi orang yang menderita asma. Merebus akar dan ekstrak nangka ternyata dapat membantu untuk mengontrol asma.

4. Membantu Melancarkan Pencernaan
Buah nangka memiliki sifat anti-ulkus yang dapat membantu melancarkan pencernaan. Kandungan serat yang tinggi dalam buah nangka pun dapat mencegah sembelit dan membantu pergerakan usus halus. Serat juga memberikan perlindungan terhadap membran mukosa usus besar dengan cara mengusir bahan kimia karsinogenik dari usus besar.

5. Memperkuat Tulang
Buah nangka kaya akan magnesium, nutrisi yang sangat penting dalam penyerapan kalsium. Hal ini dapat membantu memperkuat tulang dan mencegah gangguan tulang lainnya seperti ostepororsis.

6. Menjaga Kesehatan Mata
Buah nangka mengandung vitamin A, nutrisi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Sehingga jika Anda rutin mengonsumsi nangka, Insyaallah Anda akan terhindar dari penyakit mata, seperti degnerasi makula dan rabun senja.

7. Menambah Sistem Imun
Nangka mengandung vitamin C yang bisa menambah antivirus dan antibakteri pada tubuh. Vitamin C juga dapat meningkatkan system kekebalan tubuh dan fungsi organ lainnya. Sistem kekebalan tubuh yang sehat akan melindungi dari berbagai penyakit dan infeksi.

8. Menjaga Kesehatan Tiroid
Buah nangka mengandung zat tembaga, yang berperan penting dalam metabolisme tiroid, terutama untuk produksi hormon dan penyerapan.

9. Menurunkan Tekanan Darah dan Mencegah Penyakit Jantung
Buah nangka bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, sehingga dapat mengurangi resiko serangan jantung dan stroke. Hal ini disebabkan buah nangka mengandung zat kalium.

10. Dapat Meningkatkan Energi
Fruktosa dan sukrosa adalah gula sederhana yang terkandung dalam buah nangka. Gula sederhana ini dapat yang memberikan dorongan energi ketika sangat dibutuhkan oleh tubuh.

11. Melangsingkan Tubuh
Buah nangka juga dapat dijadikan makanan saat Anda sedang menjalani program diet. Karena buah ini tidak mengandung lemak jenuh yang dapat membuat Anda gemuk.


12. Menyehatkan kulit
Polusi, sinar UV, asap, debu, dan hal-hal lain yang sifatnya datang dari luar tubuh dapat mempercepat proses penuaan kulit. Mengkonsumsi nangka yang kaya akan antioksidan akan memperlambat radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini.

13. Lain-lain
Selain beberapa manfaat diatas, buah nangka juga dapat menyembuhkan borok, mencegah sembelit, memperlancar gerakan usus, dan kolesterol.

Nah, itulah manfaat buah nangka. Semoga bermanfaat dan semakin menambah ilmu ya..

Related Posts:

0 Response to "Kupas Tuntas Manfaat Buah Nangka, Wajib Baca!!!"

Post a Comment

Hay sobat, jangan lupa tinggalkan komentar ya, karena komentar sobat sangat bermanfaat bagi kelangsungan blog ini.
Berkomentarlah dengan bijak tanpa menyinggung pihak lain, tanpa unsur sata dan pornografi.