Karena Ekonomi, Mereka Berdua Lumpuh


Karena Ekonomi, Mereka Berdua Lumpuh - Penyakit bawaan yang dialami Dwi Sugiyanto alias Rebo dan Siti Aisyah (1,5) warga Desa Kedungmulyo, Kemusu, Boyolali. Faktor ekonomi menjadi penyebab tidak terpenuhinya gizi saat sang ibu hamil. "Penyebabnya karena faktor ekonomi, bukan karena faktor kesehatan," ungkap Pj Kepala Dinkes Boyolali, Ratri S Lina, Rabu (27/1).

Untuk itu, sangat perlu adanya perubahan pola hidup dan pola makan guna menekan angka penyakit bawaan. Saat ini konsumsi bahan makanan berpengawet dan bahan pewarna sangat sulit dikendalikan. Seperti misalnya krupuk merah yang hingga saat ini masih dikonsumsi masyarakat, padahal krupuk merah banyak mengandung Rodamin B yang bisa mengakibatkan kanker dan penyakit bawaan."Faktor ekonomi menjadi penyebab masyarakat memakan makanan yang tidak sehat, khusus untuk ibu hamil ini sangat berbahaya bagi janinnya," ujar Ratri.

Lumpuh layu dan hidrosefalus adalah salah satu penyakit atau kelainan bawaan yang diderita bayi akibat masalah gizi yang dialami ibu saat hamil.

Sementara itu, Dinkes Boyolali akan memfasilitasi Siti Aisyah, bayi 1,5 tahun asal Kedungmulyo penderita hidorsefalus, untuk menjadi peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) asal bisa melengkapi syarat administrasiyang diminta."Begitu juga untuk Dwi (lumpuh) akan kita bawa ke Semarang untuk pengobatan lebih lanjut," tandas Ratri.

Related Posts:

1 Response to "Karena Ekonomi, Mereka Berdua Lumpuh"

Hay sobat, jangan lupa tinggalkan komentar ya, karena komentar sobat sangat bermanfaat bagi kelangsungan blog ini.
Berkomentarlah dengan bijak tanpa menyinggung pihak lain, tanpa unsur sata dan pornografi.