16 Fakta Unik Tentang Bersin, Wajib Baca!!!


16 Fakta Unik Tentang Bersin - Bersin merupakan reaksi membersihkan diri rongga hidung. Ia menyingkirkan kotoran seperti ingus yang mengandung partikel atau gangguan asing dalam hidung. Saat bersin, lelangit "palate" lembut dan uvula lendut belakang lidah naik untuk menutup sebagian rute ke mulut, agar udara yang disingkirkan dari paru-paru bisa dikeluarkan melalui hidung. Sejumlah besar udara ini biasanya juga dikeluarkan melalui mulut. Kemudian apa saja fakta unik tentang bersin ini?

Berikut ini adalah 16 fakta unik tentang bersin:

Fakta Unik Tentang Bersin ke-1
Pada masa kita bersin, secara refleks otot-otot yang ada di muka kita menegang, dan jantung kita akan berhenti berdenyut atau berhenti berdegub untuk sementara. Setelah kita selesai bersin, maka jantung kita akan berdegub kembali.

Fakta Unik Tentang Bersin ke-2
Udara yang terhembus ketika kita mengalami bersin mempunyai kecepatan hingga 70 m/detik (250 km/jam 160). Maka dari itu lendir atau benda-benda asing yang ada di mulut dan hidung akan keluar dengan sangat cepat.

Fakta Unik Tentang Bersin ke-3
Jika bersin terlalu kuat akan berisiko dapat meretakkan tulang rusuk.

Fakta Unik Tentang Bersin ke-4
Seseorang yang bersin sanggup melontarkan sekitar 40.000 butir air yang berisi ratusan ribu kuman dalam sekali bersin.

Fakta Unik Tentang Bersin ke-5
Bersin dapat menyebarkan penyakit lewat butir-butir air yang terinfeksi yang diameternya antara 0,5 hingga 5µm. Sehingga saat bersin sebaiknya menggunakan penutup tangan agar virus tidak menyebar ke orang lain.

Fakta Unik Tentang Bersin ke-6
Mencabuti alis mata akan memicu terjadinya bersin. Hal ini karena alis mata masih mempunyai hubungan dengan syaraf di sekitar hidung.

Fakta Unik Tentang Bersin ke-7
Ketika bersin maka tubuh akan mengeluarkan 100.000 kuman atau bakteri ke udara. Menurut John Pan, MD, Ketua Pusat Pengobatan Integratif di George Washington University Medical Center, bersin yang ditahan akan memaksa bakteria kembali masuk ke dalam rongga hidung dan telinga, sehingga boleh menimbulkan infeksi bagi tubuh kita.

Fakta Unik Tentang Bersin ke-8
Di saat tidur tubuh kita dalam kondisi istirahat, begitupun syaraf di sekitar hidung, jadi ketika tidur hampir tidak mungkin kita akan mengalami bersin.

Fakta Unik Tentang Bersin ke-9
Bekerja berat sehari penuh dapat memicu bersin. Karena setelah bekerja berat, mulut dan hidung kita dalam keadaan kering sehingga hidung akan memproduksi lendir berlebih yang bisa menyebabkan bersin pula.

Fakta Unik Tentang Bersin ke-10
Saat bersin, secara refleks mata kita akan menutup. Namun apa yang akan terjadi dikala bersin kita memaksa untuk membuka mata?
Efeknya sangat berbahaya, karena akan membuat stres yang luar biasa pada tubuh. Selain itu akan membuat bola mata Anda mencolot keluar, akibat kencangnya tekanan udara saat bersin.

Fakta Unik Tentang Bersin ke-12
Jangan menahan bersin, karena hal itu akan membuat gendang telinga Anda rusak dan juga berisiko mengalami pecah pembuluh nadi di kepala dan leher.

Fakta Unik Tentang Bersin ke-13
Survey membuktikan, bahwa terkena sengatan sinar matahari langsung membuat satu dari tiga orang mengalami bersin. Menurut ilmuwan, hal ini dipengaruhi oleh Faktor Genetik.

Fakta Unik Tentang Bersin ke-14
Sejumlah pakar meyakini bahwa stimulasi sistem parasimpatik tidak hanya membuat orang begitu menikmati hubungan seksual, namun juga bersin setelahnya.

Fakta Unik Tentang Bersin ke15
Rekor bersin terbanyak dimiliki oleh Donna Griffiths dari Worcesthaire, Inggris. Dia mengalami bersin selama 978 hari dengan sekali bersin tiap menitnya.

Fakta Unik Tentang Bersin ke-16
Bersin biasanya sering dihubungkan dengan penyakit influenza atau pilek. Tetapi sebenarnya ini bukan hanya gejala penyakit influenza saja, ini juga merupakan gejala penyakit pernapasan (misalnya rhinitis, dan selesma).

Nah itulah 16 Fakta Unik Tentang Bersin. Kemudian apa sih kaedah bersin dalam Islam ketika kita sedang bersin atau mendengar orang bersin?
Yang muslim wajib baca, berikut ini kaedah bersin dalam Islam sesuai dengan yang diajarkan oleh Rasulullah sallallahu álaihi wasallam:

1. Rasulullah sallallahu álaihi wasallam bersabda ,"Apabila seseorang di antara kamubersin, hendaklah mengucapkan,
الْحَمْدُ لِلَّهِ
[alhamdulillaah]

2. lantas saudara atau temannya mengucapkan,
يَرْحَمُكَ اللهُ
[Yarhamukallooh]
(Semoga Allah memberi rahmat kepa-daMu).

3. Bila teman atau saudaranya
mengucapkan demikian, bacalah,
يَهْدِيْكُمُ اللهُ وَيُصْلِحُ بَالَكُمْ
[Yahdiikumullooh Wa Yushlihu Baalakum]
[HR. al-Bukhari 7/125]

Demikianlah 16 Fakta Unik Tentang Bersin, semoga bermanfaat ya..
Jangan lupa like, share dan komentar.
Terimakasih

Gambar by: cepetbanget,com

Related Posts:

0 Response to "16 Fakta Unik Tentang Bersin, Wajib Baca!!!"

Post a Comment

Hay sobat, jangan lupa tinggalkan komentar ya, karena komentar sobat sangat bermanfaat bagi kelangsungan blog ini.
Berkomentarlah dengan bijak tanpa menyinggung pihak lain, tanpa unsur sata dan pornografi.