10 Cara Menghemat Paket Data Kuota Internet HP Android Terbukti Ampuh


Paket kuota internet Hp Android kamu boros???
Kamu masuk blog yang tepat!!! Karena kamu akan mendapatkan solusinya disini. Tidak perlu panjang lebar dan memusingkan, berikut ini adalah 10 Cara Menghemat Kuota Data Paket Internet HP Android Terbukti Ampuh:

1. Gunakan Jaringan Wi-Fi

Cara ampuh menghemat kuota paket data internet Hp android adalah dengan menggunakan jaringan WiFi. Saat dirumah, oke tidak apa-apa menggunakan kuota paket internet. Namun pada saat berpergian ke tempat seperti, supermarket, minimarket, tempat pemerintahan, sekolah, taman kota, dll, sebaiknya coba hidupkan WiFi kamu. Karena bisa saja di tempat itu kamu akan mendapatkan fasilitas WiFi gratis. Tentunya hal ini akan membuat kuota paket internet Anda awet.

2. Atur Batas Penggunaan Paket Data

Pada ponsel Android versi 4 ke atas, sudah dilengkapi fitur untuk memonitor paket data sekaligus membatasi penggunaannya. Anda bisa mengatur pengingatnya sesuai dengan quota internet, misalnya anda mempunyai quota 2 GB, maka pasanglah pengingat pada level 500 MB lebih dahulu, kemudian setelah ada peringatan lagi anda bisa naikkan menjadi 800 MB, dan seterusnya.

3. Non-aktifkan Sinkronisasi Yang Tidak Diinginkan.
Non-aktifkan akun pada opsi sinkronisasi yang tidak kamu pakai secara berkala. Karena jika akun yang singkron tersebut tidak kamu gunakan, ia akan menyedot kuota Internet kamu. Sehingga kuota paket kamu akan terbuang sia-sia.

Untuk me-nonaktifkannya, caranya dengan masuk ke menu Settings » Accounts » pilih akun yang tidak ingin kamu sinkronisasikan.

4. Indentifikasikan Aplikasi Yang Menyedot Kuota Dengan Skala Besar

Untuk mengetahui aplikasi yang banyak menyedot data, kamu bisa kunjungi menu Settings » Data Usage » scroll ke bawah dan temukan daftar aplikasi yang memakan banyak data kamu. Setelah menemukan aplikasi yang banyak menyedot kuota, uninstall aplikasi tersebut dan ganti dengan aplikasi baru yang lebih hemat kuota data.

5. Matikan Fitur Automatic Download

Untuk menghemat kuota internet kamu, sebaiknya matikan fitur automatic download pada setiap aplikasi yang kamu miliki. Salah satu aplikasi yang memiliki fitur ini adalah Whatsapp.

Jika kamu punya aplikasi Whatsapp, maka matikan fitur ini untuk menghemat kuota yang kamu miliki. Caranya yakni dengan masuk ke menu Settings » Chat Settings » Media auto-download » klik matikan/nonaktifkan.

Baca Juga: Ciri-ciri Orang Terlalu Sering Menggunakan Smartphone

6. Batasi Penggunaan Data di Background (Restrict Background Data).

Hentikan penggunaan data di background. Caranya, masuk ke menu Settings » Data Usage » Tap tiga garis vertikal di kanan atas » Restrict background data » OK.

Dengan melakukan cara ini,maka akan memotong aplikasi yang menggunakan data saat mereka berjalan dibackground, namun hal ini akan membuat notifikasi kamu akan terlambat datang.

7. Matikan/Batasi Auto Update Aplikasi di Google Play

Menggunakan aplikasi dari Google Play Store, maka HP kamu akan meng-update secara otomatis aplikasi yang terinstal di situ. Itu bagus, karena kamu akan memiliki aplikasi versi terbaru. Namun, hal ini tentunya akan membuat boros paket kuota Internet kamu, karena terkadang update yang ditawarkan memakan kuota yang sangat besar.

Nah, supaya lebih hemat kuota, sebaiknya matikan saja auto update aplikasinya. Caranya yaitu, buka menu Settings » Auto Update Apps » Do not auto-update apps. Setelah itu Hp kamu tidak akan melakukan update otomatis aplikasi.

Namun, bila kamu ingin medapatkan update aplikasi otomatis, sebaiknya lakukan ini hanya pada saat tersedia jaringan WiFi. Untuk menangani hal ini, kamu bisa aktifkan opsi Wifi Only. Dengan mengaktifkan WiFi Only maka aplikasi akan meng-updatedatanya hanya pada saat HP kamu terkoneksi denganWiFi. Untuk mengaktifkannya, caranya yakni dengan masuk ke Play Store dan pilih menu Settings » Auto-update apps » Auto-update apps over WiFi Only.

8. Gunakan aplikasi Penghemat Paket Internet Android

Untuk menghemat kuota kamu, kamu bisa mendownlaod dan memasang aplikasi pendukung penghemat kuota internet. Salah satu aplikasi itu bernama "Juice Defender", aplikasi ini yang memiliki fitur otomatis mematikan koneksi paket data internet kita saat layar terkunci.

Sehingga aplikasi penghemat kuota intenet ini sangat bagus untuk kita pakai sebagi salah satu cara menghemat kuota internet di android. Untuk mendapatkan aplikasi ini, kamu bisa mendownlaodnya di Google Play store secara gratis.

9. Gunakan Fitur Chrome "Data Saver" Untuk Browsing.

Keuntungan buat kamu yang menggunakan Chrome browser untuk browsing. Hal ini karena pada saat fitur Data Saver aktif, Chrome akan dapat memotong penggunaan kuota data. Untuk mengaktifkan fitur ini kamu bisa pergi ke menu Settings » Data Saver » ON. Dengan fitur ini, Chrome akan mengompres data kamu hingga 50% untuk mengurangi pemakaian data di HP Android kamu.

10. Ubah fitur `Maps` Anda ke Mode Offline

Fitur Maps yang tersedia di smartphone ternyata menguras data internet. Hal ini karena Maps menggunakan layanan GPS, baik dari dua fitur Maps yang tersedia di kedua perangkat iOS dan Android mempunyai mode offline. Untuk mematikan fitur ini, lakukan langkah berikut ini:

Untuk Android, caranya dengan sentuh Search Bar di atas aplikasi Maps, geser terus kebawah sampai bertemu pilihan "Save map to use offline" dan pilih pilihan save untuk berpindah ke mode offline.

Untuk Apple, Anda hanya mengubah mode ke flight mode. Cara lain agar tidak terganggu dengan fitur GPS yang ternyata menyedot data internet Anda adalah dengan menggunakan aplikasi dimana Anda tetap memakai navigasi GPS dan turn-by-turn directions secara offline.Salah satu aplikasi yang paling banyak dipakai adalah CoPilot GPS app seharga US$7.99 atau sekitar Rp 104 ribuan.

Nah itulah 10 Cara Ampuh Menghemat Kuota Data Paket Internet Hp Android Terbukti Ampuh. Dengan cara-cara di atas, saya jamin pasti kuota paket internet kamu akan awet.

Oh iya, selain 10 cara di atas, ada 1 cara lagi nih untuk menghemat kuota kalian. Caranya yaitu dengan mengaktifkan Hotspot WiFi Portable pada Hp Android temanmu dan hidupkan WiFi kamu, maka kamu akan menikmati internet dengan gratis tanpa harus kehilangan kuota. Hehehe, tapi kalau dimarahin temanmu jangan bawa-bawa nama blog ini loh ya, tanggung sendiri resikonya.. :-P

Judul: 10 Cara Menghemat Paket Data Kuota Internet HP Android Terbukti Ampuh
Kata Kunci:

Cara ampuh menghemat paket data kuota internet three 3, xl axiata, axis, smarfren, as, simpati, telkomsel, im3, indosat, flexi, modem, wifi, android, smartphone, irit.

Related Posts:

0 Response to "10 Cara Menghemat Paket Data Kuota Internet HP Android Terbukti Ampuh"

Post a Comment

Hay sobat, jangan lupa tinggalkan komentar ya, karena komentar sobat sangat bermanfaat bagi kelangsungan blog ini.
Berkomentarlah dengan bijak tanpa menyinggung pihak lain, tanpa unsur sata dan pornografi.