14 Fakta Unik Mengenai Bebek


14 Fakta Unik Mengenai Bebek - Bebek adalah burung akuatik yang sebagian besar berukuran lebih kecil dibandingkan kerabatnya,angsa dan angsa berleher pendek. Bebek dapat ditemukan pada perairan air tawar maupun air laut. Bebek memakan makanan yang bervariasi, seperti rumput, tanaman air, ikan, serangga, amfibi kecil, cacing, dan moluska kecil.

Dalam perkembangannya, bebek banyak dibudidayakan. Dalam pembudidayaan itu sendiri bebek dibagi menjadi 3 tipe, yakni bebek petelur, bebek pedaging, dan bebek hias atau ornamental. Dalam pembudidayaan bebek tidak susah, karena bebek bisa hidup diiklim apapun. Namun letak geografis yang cocok untuk habitat bebek sebenarnya adalah sejuk dan beriklim tropis.

Lalu apa saja sih fakta unik yang dimiliki salah satu bahan makan kuliner yang lezat ini?
Langsung saja, berikut ini adalah 14 Fakta Unik Mengenai Bebek:

1. Suara Bebek Tidak Menggema Didalam Goa
Suara bebek tidak menggema didalam goa. Kenapa bisa?
Belum ada peneliti yang dapat menjawab mengapa suara bebek tidak menggema didalam goa. Namun menurut Profesor Trevor Cox dari Pusat Penelitian Akustik, University of Salford, yang melakukan penelitian mengenai hal ini menemukan bahwa: "Suara bebek tidak berakhir dengan tajam (seperti tepukan tangan), namun lebih lirih dan lembut. Suara bebek sirna secara lembut dan bertahap sehingga sulit mengetahui perbedaan antara suara asli dengan gemanya. karena suara bebek itu sangat lembut, gemanya lebih lembut lagi.

(Baca Juga : Fakta Unik Kuda Nil)

2. Bebek Memiliki Aksen
Setiap jenis bebek memiliki aksen yang berbeda, tergantung pada jenis suara yang mereka keluarkan di wilayah mereka. Seperti bebek dari jenis Cockney (London) yang memiliki suara teriakan dan tawa (vokal yang lebih terbuka dan pendek). Sementara suara bebek cornish mengeluarkan suara yang lebih panjang dan lebih nicks, tidak gelisah (vokal yang lebih panjang dan bersuara lebih lambat). [Dr. Victoria de Rijke dari Middlesex University]

3. Penerbang Yang Handal
Bebek adalah salah satu burung yang memiliki kemampuan terbang luar biasa. Bebek dari jenis Red-breasted Merganser atau Bebek Penyelam yang banyak tersebar di Amerika Utara, Greenland, Eropa dan Asia, mampu terbang hingga kecepatan 129 km/jam (80 mph). Bahkan beberapa jenis bebek mampu terbang sejauh 500 km lebih setiap harinya.

4. Bebek Adalah Hewan Yang Rajin
Bebek itu rajin loh, terutama rajin dalam menjaga kebersihan. Ia terus menjaga kebersihan tubuhnya, terutama pada bulu mereka. Jika bulu-bulu yang dimiliki kotor, mereka akan segera membersihkannya dengan cara menjilati bulu menggunakan mulutnya.

5. Ibu Yang Luar Biasa
Saat musim kawin tiba dan siap bertelur, induk bebek akan membuat sarang untuk calon anak-anaknya. Namun jika bahan untuk membuat sarang tidak ada, induk bebek akan mencabuti bulunya sendiri untuk mendirikan sebuah sarang. Sungguh pengorbanan luar biasa ya...

6. Bulu Bebek Anti Air
Bulu bebek memiliki sebuah kelenjar minyak khusus yang membuat bulun tidak bisa basah, meski setelah berenang atau tenggelam. Selain itu, lapisan ini juga berguna untuk membuat suhu tubuhnya terus hangat ketika malam hari.

7. Bebek Tidak Bisa Kedinginan
Bebek kok betah banget ya berada di air?
Hal ini disebabkan karena bebek tidak memiliki sistem saraf dan pembuluh darah pada kakinya. Inilah yang membuat bebek tidak pernah merasa kedinginan bahkan kepanasan.

8. Bebek Berjalan Sambil Bergoyang
Kenapa saat berjalan bebek seperti bergoyang layaknya sedang menikmati alunan musik dangdut, ekornya bergoyang dan kepalanya mengangguk-angguk?
Hal ini karena pengaruh kakinya yang memiliki selaput cukup lebar. Kamu harus tahu, bebek itu tidak bisa berjalan kalau tidak mengangguk-anggukkan kepalanya.

9. Bebek Memiliki Tiga Kelopak Mata
Seperti hewan sejenisnya, bebek juga memiliki 3 kelopak mata. Nictitating Membrane, adalah sebutan untuk kelopak mata ketiga.  Kelopak mata ini berbentuk membran transparan yang berfungsi untuk menyapu mata secara cepat guna melindunginya dari ancaman lingkungan atau untuk membasahi bola mata secara cepat. Kelopak mata pertama dan kedua bergerak ke atas dan ke bawah, sedangkan kelopak mata ketiga ini bergerak mendatar, tegak lurus dari kelopak mata pertama dan kedua. Kelopak mata ketiga inilah yang membantu melihat saat menyelam dan menangkap ikan didalam air.

10. Dulunya Bebek Itu Hewan Liar Yang Besar
Sekitar tahun 18.000 hingga 60.000 tahun yang lalu, bebek adalah salah satu hewan yang memiliki ukuran besar. Bahkan di benua Australia, bebek yang berkeliaran sebesar kuda. Namun kini ukuran bebek hanya sebesar ayam, dan sudah menjadi hewan ternak. Orang-orang Tiongkok lah yang pertama kali  menernakkan bebek.

11. Umur Bebek
Bebek memiliki umur yang panjang, bahkan beberapa jenis bebek mampu hidup hingga usia 14 tahun. Tapi sekarang ini kebanyakan bebek hanya mampu hidup kurang dari 5 tahun.

12. Ketika Telur Bebek Menetas
Ketika telur bebek menetas, siapapun yang anak bebek lihat ketika mereka baru menetas, langsung dianggap sebagai orang tua mereka.

13. Sperma Bebek Pembununuh Bateri
Tahukah Anda, ternyata sperma bebek dapat membunuh bakteri dan kuman. Luar biasa bukan?

14. Penglihatan Bebek Luar Biasa
Penglihatan bebek ternyata sangat luar biasa. Karena bebek memiliki kemampuan melihat jenis warna lebih banyak daripada manusia.

(Baca Juga : Fakta Unik Tentang Burung Hantu)

Nah itulah 14 Fakta Unik Mengenai Bebek. Benar-benar unik bukan? hemm, memang luar biasa ya ciptaan tuhan yang menjadi tokoh kartun donal bebek ini, banyak dan beragam. Nah, kalau diatas tadi sudah membahas Fakta Unik bebek, lalu apa sih ciri-ciri bebek itu?
Bagi yang belum tahu, tak kasih tahu. Lanjutkan membaca ya, jangan bosen, kan buat nambah ilmu.

7 Ciri-ciri Bebek

Ciri-ciri bebek ke-1
Ukuran tubuh bebek pejantan lebih besar dibandingkan betina dan terlihat berlekuk dan membulat.

Ciri-ciri bebek ke-2
Paruhnya lebar dan panjang dan mengandung lamellae yang berfungsi untuk menyaring makanan.

Ciri-ciri bebek ke-3
Suara bebek pejantan tidak keras dan cenderung lembut, sementara suara bebek betina bersuara keras.

Ciri-ciri bebek ke-4
Ujung bulu ekor bebek jantan terlihat menekuk ke atas, sedangkan betina tidak.

Ciri-ciri bebek ke-5
Kedua kakinya yang lebar dan berselaput. Sehingga membuat bebek mampu berenang di air dan letaknya berada jauh dibelakang tubuh, serta berjalan horizontal dan lambat.

Ciri-ciri bebek ke-6
Memiliki warna bulu yang beragam. Pada bebek betina terdapat pola yang berbintik-bintik dan terlihat lebih kusam.

Ciri-ciri bebek ke-7
Satu ekor bebek biasa memiliki bobot sekitar 0,7 samapi 1,5 Kg, sementara panjangannya sekitar 30 -50 cm.

Oke, demikianlah artikel 14 Fakta Unik Mengenai Bebek ini. Ngomongin bebek ane jadi inget bebek goreng, jadi laper deh. Udah dulu ya, ane laper mau beli bebek goreng dulu. Sampai jumpa, semoga bermanfaat ya..
Jangan lupa klik like, share dan berkomentar.
Terimakasih,

(Baca Juga : Amazing +100 Fakta Unik Kucing)


Kata Kunci:
Bebek Petelur
Budidaya Bebek
Bebek Youtube
Bisnis Bebek
Bebek Ternak
Pemeliharaan Bebek
Bebek Kartun
Bebek Pedaging
Letak Geografis Yang Cocok Untuk Habitat Bebek
Ciri-ciri Bebek


Related Posts:

0 Response to "14 Fakta Unik Mengenai Bebek"

Post a Comment

Hay sobat, jangan lupa tinggalkan komentar ya, karena komentar sobat sangat bermanfaat bagi kelangsungan blog ini.
Berkomentarlah dengan bijak tanpa menyinggung pihak lain, tanpa unsur sata dan pornografi.