Ponsel Kamu Kena Air, Lakukan 3 Langkah Ini


Dalam perkembangan dunia komunikasi, dalam hal ini ponsel, banyak yang dirancang untuk tahan air. Tentunya hal ini membuat kita tidak takut HP/ponsel kita rusak dan mati ketika terkena/kemasukan air. Namun, munculnya inovasi teknologi handphone tahan air tersebut tidak terlalu populer di mata masyarakat, hal ini terlihat dari banyaknya orang yang masih menggunakan ponsel yang tidak tahan air.

Lalu bagaimana jikalau ponsel atau HP kamu yang dirancang tidak tahan air tersebut masuk kedalam air atau terkena air? Tidak usah takut dan bingung, barikut ini ada 3 Langkah Manjur Mengatasi HP/Ponsel Terkena Air:

1. Segera Angkat Ponsel Dari Air dan Matikan

Terlalu lama membiarkan ponsel kamu berendam, akan membuat air masuk ke dalam lapisan dalam perangkat gadget dan membasahi komponen-komponen penting. Akibatnya korsleting listrik pada perangkat akan terjadi.

Maka, agar korsleting tidak terjadi, segera ambil dari dalam air kemudian matikan daya HPnya. Caranya, dengan meLepas casing, baterai, kartu SIM dan memori. Setelah itu, lap HP kamu dan lanjutkan dengan step ke dua di bawah ini.

2. Keringkan Ponsel

Setelah step satu kamu lakukan, kemudian lakukan step ke dua ini. Untuk step ke dua ini adalah mengeringkan Hp. Ada tiga pilihan di step ke ini, kamu bisa memilih satu saja.

2.A. Keringkan Ponsel Dengan Menjemur atau Diangin-anginkan Di Bawah Sinar Matahari

Pastikan bahwa kamu menjemur komponen handphone di tempat yang tidak terlalu menyengat, karena sengatan matahari berlebih malah dapat merusak semua perangkat tersebut. Pilihlah tempat yang aman dari gangguan dan dengan intensitas sinar matahari dan hembusan angin yang cukup untuk mengeringkan ponsel.

2.B Keringkan Ponsel Dengan Menggunakan Penyedot Debu

Selain berfungsi membersihkan debu di rumah, alat kebersihan ini juga dapat membantu mengeringkan Hp yang terkena air. Menggunakan penyedot debu juga sangat aman loh, karena ia menyedot air dari dalam hape, bukan menghembuskannya seperti hair dryer.

2.C Keringkan Ponsel Dengan Merendamnya Ke Dalam Beras.

Beras memiliki kemampuan menyerap air, sehingga hal ini bisa dimanfaatkan untuk mengeringkan Hp yang terkena air. Namun, waktu yang dibutuhkan cukup lama, yakni sekitar 1 hari agar air dalam ponsel bisa benar-benar terserap oleh beras.

3. Pasang Komponen Ponsel dan Nyalakan

Setelah cara di atas sudah dilakukan, kamu tinggal memasang komponen ponsel yang kamu lepas tadi kemudian tinggal menghidupkan. Namun, sebelum memasang semua komponen ponsel, sebaiknya kamu benar-benar sudah memastikan bahwa ponsel sudah kering 100%. Jika sudah benar-benar kering, sekarang saatnya untuk memasang semua komponen dan menyalakannya kembali.

Tapi, bila ponsel kamu tidak menyala juga, kemungkinan kerusakan parah sudah terjadi dan sebaiknya serahkan ponsel kamu kepada tukang servis.

Judul: Ponsel Kamu Kena Air, Lakukan 3 Langkah Ini
Gambar: selular[.]id

Related Posts:

0 Response to "Ponsel Kamu Kena Air, Lakukan 3 Langkah Ini"

Post a Comment

Hay sobat, jangan lupa tinggalkan komentar ya, karena komentar sobat sangat bermanfaat bagi kelangsungan blog ini.
Berkomentarlah dengan bijak tanpa menyinggung pihak lain, tanpa unsur sata dan pornografi.