Fakta Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan

Fakta Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan - Daun sirih atau Piper betle adalah daun dari tanaman asli Indonesia yang hidup merambat dan bersandar pada pohon lain, biasanya sirih di tanam pada perdu pohon kedongdong atau pohon randu (pohon kapuk) sehingga ujung tanamannya akan terus menjalar mengikuti pohon tersebut.  Tanaman ini memiliki daun yang berbentuk bulat dan runcing dibagian ujungnya seperti jantung, memiliki panjang 5-8 cm dan lebar 4-5 cm, berwarna hijau kecoklatan, dan beruas-ruas. Pada setiap ruas batang ada akar-akrnya yang keluar dan mengikat pada pohon tumpangannya. Daun sirih tumbuh tunggal pada padang sirih dan berselang seling dengan daun selanjutnya. Tanaman ini mampu merambat di atas pohon hingga ketinggian 15 meter.

Tanaman sirih yang sudah menjadi makanan penting dalam menyambut tamu di daerah rumpun Melayu ini seringkali dijadikan orang tua sebagai obat kunyahan bersama gambir, kapur sirih, dan pinang. Selain itu daun sirih juga dimanfaatkan sebagai obat herbal yang terbukti ampuh menyembuhkan berbagai penyakit. Penyakit apa sajakah itu? Berikut ini adalah Fakta Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan,

1. Menghilangkan Bau Ketiak.
    Bau ketiak yang terlalu menyengat akan membuat kurang nyaman dan selalu merasa tidak percaya diri ketika berada di antara teman-teman. 
Jika Anda salah satu orang yang mengalami masalah bau ketiak ini, sebaiknya Anda memanfaatkan obat herbal alami yaitu daun sirih. Bagaimana caranya? Caranya cukup mudah, gunakan dua metode ini, yaitu sebagai obat luar dan obat dalam.
- Yang pertama obat luar, caranya;
Rebuslah 10 lembar daun sirih sekitar 30 menit, kemudian gunakan air rebusan untuk mandi atau membilas bagian yang sering berkeringat. Agar lebih maksimal gosokkan daun sirih hasil rebusan tadi pada area yang sering berkeringat seperti ketiak.
- Yang kedua sebagai obat dalam, caranya; Rebus 5 lembar daun sirih bersama 2 gelas air minum hingga air berkurang menjadi 1 gelas, setelah itu minumlah air hasil rebusan daun sirih tersebut 2 kali sehari.

2. Mengatasi Batuk.
    Terkena penyakit batuk? Cobalah obati dengan membuat ramuan herbal daun sirih ini, Caranya;
- Sediakan 5 lembar daun sirih, satu gelas air bersih, dan satu buah jeruk nipis.
- Cucilah 5 lembar daun sirih tersebut hingga bersih, kemudian di blender bersama 1 gelas air minum.
- Selanjutnya, saring dan beri air perasan jeruk nipis.
- Setelah selesai minumlah airnya, dan insyaallah batuk Anda akan lekas sembuh.

3. Mengatasi Gatal-Gatal Pada Kulit.
    Daun sirih juga mampu untuk mengatasi gatal-gatal yang terjadi pada kulit baik alergi ataupun karena penyakit. Caranya yaitu dengan menumbuk beberapa lembar daun sirih hingga halus, kemudian hasil tumbukan daun sirih di baluskan pada kulit yang terkena gatal secara merata.

4. Mengobati Bisul.
    Bisul dalam bahsa latin disebut dengan "abscessus", yaitu sekumpulan nanah atau darah busuk yang telah terakumulasi di rongga jaringan setelah terinfeksi sesuatu, baik bakteri, parasit, atau terkena benda asing seperti luka tembakan/tikaman. Jadi, bisul merupakan reaksi ketahanan jaringan tubuh untuk mencegah menyebarnya benda asing kedalam tubuh. Bisul yang sudah pecah atau sudah mengeluarkan nanahnya bisa di obati dengan membuat ramuan obat herbal dari daun sirih, karena daun sirih memiliki Anti biotik yang mampu mematikan bakteri yang ada pada luka dan nanah bisul. Caranya adalah sebagai berikut:
- Ambil beberapa daun sirih dan rebus hingga mendidih
- Kemudian diamkan air hasil rebusan hingga menjadi hangat
- Selanjutnya seka-kan hasil rebusan yang sudah hangat tadi pada bisul yang telah pecah.

5. Mengatasi Sariawan.
    Daun sirih juga mampu untuk mengatasi sariawan. Caranya yaitu dengan mencuci 2 lembar daun sirih hingga bersih, kemudian kunyahlah. Setelah di kunyah jangan lupa buang ampasnya, jangan di telan. Lakukan beberapa kali hingga sariawan anda sembuh.

6. Mengobati Mata Merah Karena Kotor.
    Mata merah karena kotor sangat mengganggu aktifitas penglihatan kita, karena terasa perih, sakit, dan mata terus mengeluarkan air mata. Jika Anda mengalami hal ini, sebaiknya segera obati dengan daun sirih. Berikut ini adalah caranya;
- Siapkan 4-5 lembar daun sirih, kemudian rendamkan dalam 1/2 gelas air panas, tunggu hingga dingin.
- Setelah dingin, remas-remas daun sirih tadi hingga hancur dan saring.
- Gunakan obat ini sebagai obat tetes mata 3 kali sehari dengan ukuran 2-3 tetes

7. Mengobati Bronchitis.
    Bronchitis adalah penyakit yang terjadi akibat dari peradangan pada bronkus atau bronkiolus yang disebabkan oleh virus, bakteri, debu atau karena menghirup zat kimia yang terpolusi. Akibat dari hal-hal ini maka bronkus bisa ter iritasi dan kotoran yang menumpuk pada bronkus bisa mengiritasi rambut halus silia dalam bronkus sehingga tidka berfungsi sebagaimana mestinya. Bronchitis biasanya hanya penyakit yang biasa saja dan bisa disembuhkan dengan sempurna, namun penyakit bronchitis yang terjadi pada penderita jantung, paru-paru dan lansia akan lebih berakibat fatal. Sebaiknya jika Anda terserang penyakit ini segeralah ditangani dengan cepat, karena sudah terbukti bahwa penyakit bronkitis dapat berubah menjadi penyakit TBC yang bisa menularkan ke orang lain. Cobalah ramuan herbal sederhana dari daun sirih dibawah ini,
Siapkan:
- 7 lembar daun sirih.
- 1 potong gula batu.
- 2 gelas air putih.
Cara pembuatan:
- Rajang atau potong-potong daun sirih dan direbus dengan 2 gelas air.
- Masukkan gula batu
- Masak hingga air rebusan tinggal tersisa 1 gelas.
Cara Penggunaan:
- Minumlah ramuan ini secara rutin 3 kali sehari sebanyak 3 sendok makan.

Related Posts:

1 Response to "Fakta Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan"

Hay sobat, jangan lupa tinggalkan komentar ya, karena komentar sobat sangat bermanfaat bagi kelangsungan blog ini.
Berkomentarlah dengan bijak tanpa menyinggung pihak lain, tanpa unsur sata dan pornografi.