Fakta Menarik Tentang Minuman Teh

Fakta Menarik Tentang Minuman Teh - Teh merupakan minuman yang nikmat, menyegarkan, dan memiliki banyak khasiat dalam hal kesehatan. Minuman yang berasal dari Cina dipopulerkan oleh Inggris, yang diciptakan untuk menghidrasi tubuh ketika musim panas, kebanyakan orang Cina meminum teh di antara jam kerja untuk meningkatkan energi mereka yang hilang. Teh yang digunakan adalah pada bagian pucuknya yang masih muda. Di balik semua itu teh memiliki sejuta fakta menarik yang perlu dipelajari dan di ketahui. Apa saja fakta menarik tentang teh? Berikut ini sejuta fakta sudah merangkumnya dalam artikel berjudul Fakta Menarik Tentang Minuman Teh,

1. Kertas pada teh celup mengandung zat "Klorin" atau "chlorine" yang apabila dikonsumsi dalam jumlah besar akan berbahaya. Banyak penelitian mencurigai zat ini ada kaitannya dengan kemandulan pada pria, bayi lahir cacat, mental terbelakang, dan kanker.

2. Kandungan "vitamin K" yang cukup tinggi pada teh berfungsi dalam pembekuan darah sehingga dapat mencegah pendarahan

3. Teh yang bernama Latin "Camellia sinensis" umumnya tumbuh di daerah subtropis yang berasal dari dataran Cina.

4. Di Cina teh sudah dikonsumsi sejak tahun 2700 SM.

5. Diperkirakan hingga sekarang, setelah dilakukan berbagai proses penyilangan tanaman teh, sudah dihasilkan 1500 jenis teh di seluruh pelosok dunia.
Dahulu teh hanya 1 jenis yang dikenal, yaitu teh Cina. Namun kini populer juga teh Jepang, teh Indonesia, teh India dan sekitarnya, juga teh Afrika.

6. Teh digolongkan menjadi dua kategori, yaitu teh hitam yang diolah melalui proses fermentasi serta teh hijau tanpa melalui proses fermentasi.

7. Meskipun berasal dari negara Asia, namun kantong teh diciptakan di Amerika Serikat. Cara ini bertujuan untuk memudahkan dalam menyimpan dan mengonsumsi teh.

8. Ada banyak jenis teh. Namun semua jenis teh ini berasal dari tanaman yang sama yaitu Camellia sinesis atau yang Anda kenal sebagai daun teh. Perbedaan jenis teh ini terletak pada saat teh tersebut diolah.

9. Teh oolong adalah teh yang paling mahal di dunia. Harga 1 pon teh oolong bisa mencapai lebih dari 3000 dolar.

10. Daun teh mampu digunakan untuk meramal atau membaca masa depan. Caranya adalah si peramal membaca arti di balik makna ampas daun teh yang Anda minum yang ada di dasar cangkir.

"Fakta Menarik Tentang Minuman Teh"

11. Teh mengandung setidaknya 450 senyawa organik yang bermanfaat bagi tubuh.

12. Fungsi teh bukanlah untuk mengobati penyakit tapi sekadar mencegah.

13. Hasil penelitian teh mengandung senyawa utama yaitu polifenol, vitamin B kompleks, C, E, dan K, serta unsur mineral seperti fluor, mangan dan potasium.

14. Kandungan vitamin B dalam teh 10 kali lebih besar ketimbang dalam sayuran, dan mengandung vitamin C yang lebih tinggi dibandingkan jeruk, tomat ataupun apel.

15. Nama teh Darjeeling berasal dari tempat di India dengan nama yang sama. Namun ada fakta di baliknya yaitu dari 4000 ton teh yang dipasarkan sebagai teh Darjeeling, hanya 100 ton teh yang benar-benar merupakan teh otentik Darjeeling.

16. Teh Mampu Menghambat Pembentukan dan Penumpukan Kolesterol.
Zat "Catechin" dalam teh dinilai mampu mencegah atau mengurangi pembentukkan kolestrol dalam darah dan juga membantu pembuangan kolesterol lewat feses

17. Teh mampu mencegah tekanan darah tinggi. Zat "Epigallocatechin" dan "Epicatechin gallat" dalam teh dianggap mampu menghambat produksi enzim yang dapat memacu tekanan darah, sehingga tekanan darah dapat dicegah.

18. Teh mampu mencegah penyakit jantung. Zat "flavonoid" dan "mangan" yang terkandung dalam teh dapat mencegah serangan radikal bebas yang bisa menyebabkan serangan jantung.

19. Teh mengandung zat sejenis "kafein" yang bila dikonsumsi secara berlebihan dapat mengakibatkan insomnia, kecemasan, dan detak jantung yang tak teratur. Namun, kandungan kafein pada teh masih lebih rendah dibandingkan kopi atau minuman bersoda.

20. Teh dapat memicu penyakit maag. Jika penderita maag kronis sebaiknya jangan minum teh, karena teh dapat memicu sakit. Hal ini disebabkan karena teh dapat "menggerus" dinding usus.

"Fakta Menarik Tentang Minuman Teh"

21. Jangan minum teh setelah makan, karena dapat menghambat penyerapan zat besi dari sari makanan yang akan berbuntut anemia.

22. Teh dapat melangsingkan badan. Jika Anda sedang dalam program diet, sebaiknya gunakan teh sebagai minuman Anda. Karena teh memiliki kandungan "serat" yang dapat membantu sistem pencernaan dalam tubuh berlangsung secara tidak berlarut-larut. Akibatnya, karbohidrat yang berhasil diserap tubuh menjadi lebih sedikit yang akhirnya membantu upaya mengurangi bobot tubuh.

23. Mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin C dan E yang terkandung dalam teh dapat memperkuat daya tahan tubuh. Selain itu, kandungan "teanin"nya menyegarkan tubuh dan pikiran karena merangsang sistem saraf sehingga aliran oksigen lebih lancar. Alhasil, tubuh terasa relaks dan nyaman. Zat alkaloid dapat berperan dalam meringankan migren. Serat di dalamnya juga dapat mengatasi diare.

24. Teh mampu mengendalikan kadar gula dalam darah.
Zat "Mangan" dan "polifenol" yang terkandung dalam juga teh dapat membantu proses pembentukan energi menjadi lancar sehingga dapat menjaga atau mengendalikan kadar gula dalam darah.

25. Teh mampu mencegah kanker.Zat "Catechin", "polifenol", dan "flavonoid" yang terkandung dalam teh mampu menghambat mutasi pada sel tubuh dan menetralkan radikal bebas penyebab kanker lambung, paru-paru, kulit, usus, hati, payudara dan sebagainya.

26. Teh dapat merawat gigi. Zat "Fluor" dan "polifenol" dalam teh dapat membantu mencegah pelubangan pada gigi (karies), memperkuat gigi, menghambat bakteri dalam mulut, dan mencegah plak gigi.

27. Teh dapat membantu menghindari keracunan.
Teh mengandung zat "Catechin", yaitu zat yang bersifat detoksifikasi yang dapat membantu menetralkan racun atau menghentikan pertumbuhan bakteri penyebabkan keracunan.

Itulah beberapa Fakta Menarik Tentang Minuman Teh, semoga bermanfaat.

Terimakasih telah mengunjungi artikel berjudul "Fakta Menarik Tentang Minuman Teh" ini :-)

Related Posts:

1 Response to "Fakta Menarik Tentang Minuman Teh"

  1. Bagus postingannya....
    Kunjungi blog anne di http://26thgeneration.wordpress.com
    http://menungsa21.blogspot.com
    Izin Copas ya....

    ReplyDelete

Hay sobat, jangan lupa tinggalkan komentar ya, karena komentar sobat sangat bermanfaat bagi kelangsungan blog ini.
Berkomentarlah dengan bijak tanpa menyinggung pihak lain, tanpa unsur sata dan pornografi.