Penemuan Goa Baru di Pracimantoro, Wonogiri


Penemuan Goa Baru di Pracimantoro, Wonogiri - Seperti namanya, "Wono yang berarti Hutan" dan "Giri yang berarti Batu/Gunung", Wonogiri yang merupakan sebuah kabupaten di provinsi jawa tengah ini yang memiliki kontur tanah berbatu yang berbukit. Karena itu tak heran jika di kabupaten yang sering disebut kota gaplek ini memiliki banyak tempat wisata alam yang bagus dan banyak. Contohnya saja wisata goa, di Kabupaten Wonogiri memiliki banyak tempat wisata goa, seperti Goa Putri Kencana di Kecamatan Eromoko dan Goa Tembus yang masih satu lokasi dengan Museum Karst di Kecamatan Pracimantoro

Wonogiri tidak hanya memiliki dua goa yang disebutkan diatas, tapi memiliki banyak sekali goa. Di awal tahun 2016 ini saja sudah diketemukan lagi sebuah goa yang terletak Desa Glinggang, Kecamatan Pracimantoro. Goa baru yang belum diberi nama ini ditemukan oleh warga setempat.

Awalnya warga yang menemukan goa ini tak mengira kalau goa tersebut adalah luweng (sebuah resapan air), karena lokasinya ditanah datar. Namun setelah dicek ternyata didalamnya ada stalagmit dan atalagtit. Karna penemuan tersebut warga melakukan penggalian.

Inilah foto-foto penemuan goa baru di Desa Glinggang, Kecamatan Pracimantoro :


Jika dilihat dari luar, Goa ini terlihat hanya seperti luweng (lubang resapan air) namun didalamnya lebar dan memiliki setalagmit dan stalagtit.

Dengan penemuan ini tentunya warga berharap pemerintah Dinas Pariwisata Kabupaten Wonogiri dapat mengembangkan goa ini untuk dijadikan tempat wisata yang dimiliki Kota Gaplek. Sehingga akan membantu perekonomian warga sekitar goa ini. Pecinta Alam? Ayo segera datang kesini mumpung masih perawan, kan kalau yang perawan-perawan itu enak. Hehehe...
Goa ini terletak Di desa Glinggang, Kecamatan Pracimantoro. Lebih tepatnya terletak di sebelah barat Museum Karst. Dari Kabupaten Wonogiri ambil jalur Pracimantoro, sampai di perempatan pasar Pracimantoro ambil kanan menuju Museum Karst, sampai di Museum Karst terus ke arah barat menuju Desa Glinggang, sampai di Desa Glinggang tanya warga dimana letak goa baru yang diketemukan. Goanya dekat dengan Tower ya sob.

Terimakasih telah berkunjung ke blog Sejuta Fakta dan membaca Artikel Penemuan Goa Baru di Pracimantoro, Wonogiri.
Jangan lupa like, share, dan berkomentar.

Related Posts:

1 Response to "Penemuan Goa Baru di Pracimantoro, Wonogiri"

  1. ok gan terimakasih infonya ya,,ternyata di Wonogiri di temukan juga goa ya..
    thanks gan..

    ReplyDelete

Hay sobat, jangan lupa tinggalkan komentar ya, karena komentar sobat sangat bermanfaat bagi kelangsungan blog ini.
Berkomentarlah dengan bijak tanpa menyinggung pihak lain, tanpa unsur sata dan pornografi.