Hewan Ajaib Mirip Kedelai, Berkaki Zebra, dan Berkepala Jerapah


Hewan Ajaib Mirip Kedelai, Berkaki Zebra, dan Berkepala Jerapah - Okapia Jhonstoni atau Okapi adalah hewan langkayang masih berkerabat dekat dengan jerapah. Okapi merupakan hewan yang sangat unik, yakni memiliki badan seperti kedelai, kaki seperti zebra, dan kepalanya mirip jerapah.

Dikenal sejak 1901, kini populasinya terbatas dan menjadi buruan. Para pemburu mengincar daging dan kulitnya yang unik untuk dijual. Ancaman lainnya adalah penebangan hutan, pertambangan, perambahan pemukiman dan konflik bersenjata di Kongo. Sungguh malang nasib hewan ajaib ini.

Sekarang, Okapi banyak ditangkarkan di berbagai kebun binatang besar di dunia. Salah satunya di Kebun Binatang San Diego, Amerika Serikat. Dari situs resmi San Diego Zoo, mereka pertama kali memiliki koleksi Okapi tahun 1956 dan kini sudah beranakpinak menjadi 58 ekor. Okapi hidup di dalam kandang penangkaran dengan sehat disana, pengunjung pun dapat melihat hewan unik ini.

Nama Okapia Jhonston diambil dari gabungan 2 kata O'api dan nama Gubernur Jenderal Inggris di Uganda yaitu Sir Harry Johnston yang pertama menemukannya di Hutan Ituri.

Habitat asli Okapi adalah hutan hujan tropis di Kongo, antara lain di Taman Nasional Maiko, Hutan Ituri, Sungai Rubi, Danau Tele, Ebola, dan Sungai Ubangi. Wisatawan yang ingin bersafari ke Kongo bisa menjumpai Okapi di daerah-daerah itu. Tapi sayang, sekarang hewan unik ini sudah susah ditemui di habitat aslinya. Status hewan ini terancam punah dan diperkirakan tinggal sekitar 25.000 di alam bebas.

(Baca Juga : Bikin Ngiler, Wanita China Ini Tiba-Tiba Buka Baju di Dalam Bus Umum. Lengkap Foto & Video)

Judul: Hewan Ajaib Mirip Kedelai, Berkaki Zebra, dan Berkepala Jerapah
Sumber: Solopos

Related Posts:

0 Response to "Hewan Ajaib Mirip Kedelai, Berkaki Zebra, dan Berkepala Jerapah"

Post a Comment

Hay sobat, jangan lupa tinggalkan komentar ya, karena komentar sobat sangat bermanfaat bagi kelangsungan blog ini.
Berkomentarlah dengan bijak tanpa menyinggung pihak lain, tanpa unsur sata dan pornografi.