Fakta Lengkap Kota/Kabupaten Jombang, Jawa Timur

Kabupaten Jombang merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Timur. Mimiliki luas wilayah 1.159,50 km² dengan jumlah penduduk 1.201.557 jiwa [2010], terdiri dari 597.219 laki-laki, dan 604.338 perempuan. Pusat pemerintahan Kabupaten ini terletak di tengah-tengah wilayah kabupaten,

Kawasan Kabupaten yang terkenal dengan sebutan Kota Santri ini memiliki ketinggian 44 meter di atas permukaan laut, dan berjarak 79 km (1,5 jam perjalanan) dari barat daya Surabaya, ibu kota Provinsi Jawa Timur.

Sebagai warga Indonesia yang baik, terutama kalian yang terlahir di Kabupaten Jombang, wajib tahu apa saja fakta yang dimiliki Kabupaten ini. Makanya kamu perlu baca artikel ini, supaya nambah pengetahuan. Nah, berikut ini adalah Fakta Mengenai Kota/Kabupaten Jombang, Jawa Timur:


Fakta Lengkap Kota/Kabupaten Jombang, Jawa Timur

1. Kata Jombang merupakan akronim dari kata.berbahasa Jawa, yaitu ijo(Indonesia: hijau) dan abang (Indonesia: merah). Ijo (hijau) mewakili kaum santri (agamis), dan abang (merah) mewakili kaum abangan (nasionalis/kejawen).

2. Kabupaten Jombang berada di persimpangan jalur lintas utara dan selatan Pulau Jawa (Surabaya-Madiun-Yogyakarta), jalur Surabaya-Tulungagung, serta jalur Malang-Tuban.

3. Kabupaten Jombang terdiri atas 21 kecamatan, yang mencakup 306 desa dan 4 kelurahan. Kecamatan tersebut adalah Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Perak, Gudo, Diwek, Ngoro, Mojowarno, Bareng, Wonosalam, Mojoagung, Sumobito, Jogoroto, Peterongan, Jombang, Megaluh, Tembelang, Kesamben, Kudu, Ngusikan, Ploso, Kabuh, dan Plandaan.

4. Jombang dikenal dengan sebutan Kota Santri, karena banyaknya pondok pesantren di wilayahnya. Bahkan ada pameo yang mengatakan Jombang adalah pusat pondok pesantren di tanah Jawa, karena hampir seluruh pendiri pesantren di Jawa pasti pernah berguru di Jombang.

5. Pondok pesantren yang paling terkenal adalah Tebuireng, Denanyar,Tambak Beras, Pesantren Attahdzib (PA), dan Darul Ulum (Rejoso).

6. Tokoh terkenal Indonesia yang dilahirkan di Kabupaten Jombang di antaranya adalah KH Abdurrahman Wahid (Presiden RI ke-4), KH Hasyim Asy'aridan (pahlawan nasional), KH Wahid Hasyim (tokoh intelektual Islam Nurcholis Madjid), dan Emha Ainun Najibdan (budayawan/seniman Cucuk Espe).

7. Di Kabupaten Jombang terdapat Pos Yandu untuk remaja. Setiap jum'at minggu ke 2 mereka berkumpul untuk ditimbang, tensi darah dan konsultasi masalah remaja.

8. Bupati Jombang pertama adalah Raden Adipati Arya Soeroadiningrat, pada tahun 1910.

9..Beberapa putera Jombang merupakan tokoh perintis kemerdekaan Indonesia, seperti KH Hasyim Asy'ari (salah satu pendiri NU dan pernah menjabat ketua Masyumi) dan KH Wachid Hasyim (salah satu anggota BPUPKI termuda, serta Menteri Agama RI pertama).

10. Sungai Brantas merupakan sungai terbesar di Jawa Timur, memisahkan Kabupaten Jombang menjadi dua bagian. Bagian utara (24%) dan bagian selatan (76%), panjangnya ±44 km.


Baca Juga: Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan

11. Letak geografi Kabupaten Jombang antara 5.20° - 5.30° BujurTimur, dan antara 7.20' dan 7.45' lintang selatan.

12. luas wilayah Kabupaten Jombang adalah 115.950 Ha atau 2,4 % luas Provinsi Jawa Timur.

13. Kabupaten Jombang yang terletak pada ketinggian 500 meter dari permukaan laut memiliki curah hujan yang relatif rendah, yakni berkisar antara 1750 - 2500 mm pertahun. Sedangkan untuk daerah yang terletak pada ketinggian lebih dari 500 meter dari permukaan air laut, rata-rata curah hujannya mencapai 2500mm pertahunnya.

14. Hari jadi Kabupaten Jombang ada 2, yakni tahun 1910 (berdasarkan fakta) dan tahun 1950 (berdasarkan hukum).

15. Penggunaan tanah di Kabupaten Jombang; persawahan (42%), permukiman (19%),hutan(18%), tegal (12%). [2003]

16. Sebagian besar sawah (82%) merupakan irigasi teknis, dan sebagian (10%) merupakan sawah tadah hujan.

17. Penduduk Jombang pada umumnya adalah etnis Jawa. Namun, terdapat minoritas etnis Tionghoa dan Arab yang cukup signifikan. Etnis Tionghoa, dan Arab umumnya tinggal di kawasan perkotaan yang bergerak di sektor perdagangan dan jasa.

18. Prosentase agama yang dianut penduduk Jombang adalah; Islam (95%), Kristen Protestan (2%), Katolik (1.5%),Buddha (1%), Hindu (0,3%), dan lainnya (0,2%).

19. Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW) Mojowarno adalah gereja terbesar di Jawa Timur. Gereja ini dilengkapi dengan fasilitas rumah sakit Kristen dan sekolah Kristen.

20. Terdapat tiga kelenteng di Kabupaten Jombang, dan yang paling tua dan terkenal di pulau Jawa, yakni "Hok Liong Kiong" di Kecamatan Jombang (±1890), "Hong San Kiong" di Kecamatan Gudo (±1710), dan "Boo Hway Bio" di Kecamatan Mojoagung (±1930).


Mengharukan, Sepasang Angsa Berciuman Sebelum Berpisah Untuk Selamanya

21. Ada banyak perguruan tinggi di Kabupaten Jombang, di antaranya yaitu Universitas Darul Ulum (UNDAR), STKIP PGRI Jombang, STIE PGRI Dewantara, Universitas Bahrul Ulum, Intitut Keislaman Hasyim Asy'ari (Ikaha), Universitas Pesantren Darul Ulum(UNIPDU), STIKES Pemkab Jombang, STIKES ICME, Sekolah Tinggi Agama Islam At-Tahdzib (STAIA), serta sejumlah akademi.

22. Di Kabupaten Jombang terdapat 560 SD negeri dan 22 SD swasta, 46 Sekolah Menengah Pertama (SMP) negeri dan 86 SMP swasta, 12 SMA negeri dan 37 SMA swasta, 7 SMK negeri dan 39 SMK swasta. [2005]

23. Sekolah formal islam di Jombang juga sangat banyak, terdiri dari 5 MI negeri dan 257 MI swasta, 17 MTs negeri dan 102 MTs swasta,serta 10 MA negeri dan 65 MA swasta.

24. Jombang adalah kabupaten yang kode areanya satu alias sama dengan Mojokerto, yakni 0321.

25. Ayam pedaging merupakan komoditas unggulan peternakan Jombang di tingkat provinsi.

26. Jombang merupakan sentra penghasil buah-buahan yang banyak, seperti mangga, pisang,nangka, dan sirsak. Kecamatan Wonosalam sentra buah-buahan Durian Bido, sementara kecamatan Perak penghasil jeruk nipis berkulit tipis.

27. Komoditas andalan perkebunan Kabupaten Jombang di tingkat provinsi adalah tebu.

28. Komoditas andalan perkebunan Kabupaten Jombang di tingkat provinsi adalah tebu.

29. Saat ini Kabupaten Jombang tidak ada aktivitas pertambangan. Namun diduga di bagian barat kabupaten ini terdapat deposit minyak bumi.

30. Wisata Alam di Kabupaten Jombang; Pemandian Sumberbotodi (Mojowarno), Candi Arimbidi (Bareng), Sendang Made (Kudu), Kedung Cinet (Plandaan),Kedung Sewuserta Desa Manduro yang berpenduduk asli Madura (Kabuh), perkebunan teh (Wonosalam), perkebunan cengkeh (Wonosalam), perkebunan durian (Wonosalam), air terjun Tretes (Wonosalam), dan arung jeram/rafting (Desa Panglungan, Wonosalam).

31. Wisata Religi di Kabupaten Jombang; makam Gus Dur (KH. Abdurrahman Wahid),KH. Wahid Hasyimdan, KH. Hasyim Asyaridi Tebuireng, Diwek, serta bangunan gereja tertua di Jawa Timur yaitu GKJW Mojowarno.

32. Wisata buatan di Kabupaten Jombang; Tirta Wisata di wilayah Peterongan.


Nah, itulah Fakta Lengkap Kota/Kabupaten Jombang

Related Posts:

0 Response to "Fakta Lengkap Kota/Kabupaten Jombang, Jawa Timur"

Post a Comment

Hay sobat, jangan lupa tinggalkan komentar ya, karena komentar sobat sangat bermanfaat bagi kelangsungan blog ini.
Berkomentarlah dengan bijak tanpa menyinggung pihak lain, tanpa unsur sata dan pornografi.